Semua orang pasti memiliki bekas luka di kulit, baik itu yang sudah pudar ataupun yang membekas dengan jelas hingga kini dan sulit hilang. Bagi sebagian orang, bekas luka di bagian tubuh tertentu dianggap mengganggu penampilan dan membuat percaya diri menjadi menurun.

Bagi kebanyakan orang rela untuk mengeluarkan kocek berapa pun untuk mengatasi bekas luka pada kulit yang sulit hilang. Mulai dari membeli salep penghilang bekas luka yang harganya cukup mahal hingga melakukan operasi. Cara ini memang efektif, tapi tidak efisien dengan effort yang di keluarkan.

Sebagai alternatif untuk menghilangkan luka, kamu bisa mencoba cara yang lebih natural untuk mengatasi masalah kulit ini dan tidak perlu menghamburkan uang yang banyaknya. Yuk, simak cara menghilangkan luka secara alami berikut ini!

Cara Memudarkan & Menghilangkan Bekas Luka

 

1. Lidah Buaya

Lidah buaya sudah terkenal dapat menghilangkan bekas luka pada kulit, di karenakan lidah buaya bersifat anti radang dan antibakteri. Selain itu, lidah buaya juga memiliki kandungan emoliennya yang dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru.

Kamu tinggal menggunakan gel lidah buaya lalu mengoleskannya ke bekas luka. Namun, ingat gel lidah buaya tidak bisa dioleskan ke jenis luka yang terbuka. Gunakan dua kali sehari untuk hasil yang memuaskan.

2. Minyak Zaitun

Kaya akan kandungan vitamin E, minyak zaitun dapat berfungsi untuk melembutkan bekas luka, melembapkan, dan memperbaiki kulit yang rusak. Cara memakai minyak zaitun juga tak susah. Kamu tinggal menghangatkannya lalu menggunakannya sebagai minyak yang di pijatkan pada bagian kulit.

Lakukan gerakan melingkar selama beberapa menit, diamkan 30 menit, lalu bersihkan kulit dengan kain bersih.

Jika tak mau dibilas dengan air tak masalah, kamu bahkan bisa membiarkannya semalaman.

3. Madu

Madu sudah populer dengan kandungannya yang dapat melembabkan kulit serta bisa membuat kulit menjadi lebih cerah. Selain itu, madu juga dapat mencegah timbunan sel kulit mati serta merangsang regenerasi jaringan kulit baru.

Madu memang di percaya sebagai obat alami untuk menghilangkan bekas luka. Pemakaiannya cukup mudah, kamu cukup mengoleskan di bagian bekas luka pada kulit secara merata.

Setelah mengoleskan madu ke area bekas luka, tutup  dengan perban dan diamkan semalaman. Keesokan harinya, bilas kulit dengan air hangat.

4. Lemon

Kandungan lemon kaya akan antioksidan dan vitamin C. Tidak hanya itu, di dalam lemon juga terkandung asam alfa hidroksi yang dapat menangkal radikal bebas yang ada dalam kulit, sehingga bekas luka akan memudar jika pemakaian secara rutin.

Dengan mengoleskan perasan lemon pada kulit, bekas luka akan segera memudar karena lemon bisa berperan sebagai bahan bleaching alami.

5. Putih Telur

Putih telur sering dijadikan sebagai masker wajah karna manfaatnya yang mampu menghilangkan noda-noda hitam dan mengencangkan wajah.

Putih telur juga dipercaya kaya akan protein dan sumber mikronutrien yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bekas luka dengan cepat.

6. Minyak Cendana

Cendana dipercaya memiliki kandungan yang mampu meregenerasi kulit dan menyamarkan bekas luka. Tak sulit untuk menjadikan minyak cendana sebagai obat oles untuk menghilangkan bekas luka.

Cukup dengan oleskan perlahan ke bekas luka, tapi ingat minyak cendana tak bisa dijadikan obat untuk luka yang terbuka.

7. Minyak Kelapa

Minyak kelapa juga cukup termasuk salah satu obat penghilang bekas luka yang ampuh dan alami. Kandungan vitamin E dalam minyak ini dapat mempercepat proses penyembuhan dan mencegah munculnya bekas luka baru.

Selain itu, kandungan di dalamnya seperti asam laurat dan kaprilat yang dapat merangsang produksi kolagen serta memperbaiki kerusakan kulit.

Sebelum menggunakan minyak kelapa, sebaiknya panaskan terlebih dulu agar teksturnya lebih cair.

 

Nah, itu dia tips jitu untuk kalian sahabat JD.ID beberapa cara alami yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bekas luka pada kulitmu. Cara diatas bisa kamu lakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Kamu pun dapat melakukan perawatan kulit secara menyeluruh dengan beberapa produk unggulan dari JD.ID. Sebagai salah satu e-commerce terpercaya JD.ID memberikan aneka pilihan produk perawatan kulit yang terjamin kualitasnya hanya untuk kamu para sahabat JD.ID.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here