5 Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh Agar Terhindar Omicron

0
8508
5 Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh Agar Terhindar Omicron- JD.ID
Source: Freepik

Mengetahui cara meningkatkan imunitas tubuh sangat penting untuk dilakukan saat ini. Walaupun kamu mungkin mengira aman karena telah divaksin. Nyatanya beberapa orang masih tertular varian COVID-19 terbaru, yakni virus Omicron.

Oleh karena itu, selagi virus ini belum hilang sebaiknya kamu tetap waspada menjaga kesehatan dan tetap menjaga protokol kesehatan (Prokes). Nah, supaya lebih paham mengenai virus Omicron dan bagaimana seharusnya kita menyikapinya, kamu bisa membaca ulasannya di bawah ini.

Apa Itu Omicron?

Apa itu Omicron - JD.ID

Virus Omicron adalah varian virus terbaru COVID-19 yang pertama kali ditemukan di Afrika Selatan pada bulan November 2021 lalu. Dalam situs resmi WHO (World Health Organization) disebutkan bila varian virus ini lebih menular dibandingkan varian sebelumnya. Namun, dengan upaya vaksinasi, menjaga jarak, menghindari kerumunan, memakai masker dipercaya bisa mencegah penyebaran virus ini.

Adapun tingkat keparahannya memang tidak separah varian sebelumnya. Tetapi dengan penyebaran virus yang begitu cepat tentu tidak bisa disepelekan. Lalu apa saja gejala Omicron yang perlu diwaspadai? Menurut pengendalian penyakit Amerika, menyebutkan bila gejala Omicron mirip dengan gejala COVID-19 pada umumnya seperti batuk, demam, pneumonia dan kelelahan.

Baca Juga: Lepas Masker di Perbolehkan, Transisi Pandemi ke Endemi

Tingkat keparahannya bervariatif bisa dipengaruhi oleh faktor vakinasi. Semisal pada orang yang di vaksin penuh, gejala varian Omicron mungkin tidak terlalu parah. Sebaliknya pada mereka yang tidak di vaksin bisa cukup parah dan menerima perawatan di rumah sakit.

Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh untuk Menangkal Omicron

Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh untuk Menangkal Omicron - JD.ID

Selain terus menaati prokes dan melakukan vaksinasi COVID-19, kamu juga bisa menangkal varian virus Omicron dengan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Beberapa cara di bawah ini bisa kamu coba lakukan untuk melatih imunitas.

1. Memperbanyak makanan bergizi

Makan merupakan salah satu cara yang dilakukan agar tubuh mendapatkan nutrisi. Oleh karena itu, penuhi nutrisi tubuh dengan rutin mengonsumsi makanan sehat dan Anda sukai. Ini bisa membantu meningkatkan kekebalan secara signifikan.

Adapun makanan yang sehat di dalamnya mengandung karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral. Di mana biasanya ini bisa diperoleh dari buah dan sayuran segar.

Contohnya seperti kacang polong, brokoli, bayam, kangkung, selada, sawi hijau dan sebagainya. Sementara itu, untuk buah kamu bisa dapatkan dari apel, pisang, alpukat, melon, jeruk, strawberry, blueberry dan lain-lain.

2. Penuhi kebutuhan cairan tubuh

Rutin minum air putih ternyata tidak hanya bagus untuk ginjal. Tetapi juga berguna untuk daya tahan tubuh. Karena dalam sistem peredaran darah ada yang dinamakan kelenjar getah bening. Ini sangat berguna dalam membangun kekebalan tubuh karena getah bening membawa sel darah putih untuk melawan virus, bakteri dan kuman yang masuk ke tubuh.

Sebagian besar material kelenjar getah bening ini adalah air. Oleh karena itu, kamu dapat membayangkan jika tubuh kekurangan cairan maka akan membuat kelenjar ini lamban bergerak menyebabkan infeksi virus semakin cepat terjadi.

3. Berolahraga yang rutin

Cara meningkatkan imunitas tubuh selanjutnya bisa kamu lakukan dengan rutin berolaharaga. Olahraga membuat kita lebih aktif bergerak.

Hal ini juga bisa membuat tubuh mendapatkan sirkulasi sel darah putih yang baik secara menyeluruh. Sehingga sel darah putih bisa bergerak lebih cepat dan mendeteksi keberadaan patogen dari bakteri, virus atau kuman.

Tidak hanya itu, dengan berolahraga juga bisa membantu membersihkan organ paru-paru dan pernapasan, dengan begitu ini dapat mengurangi penyakit pernapasan yang biasanya disebabkan oleh virus seperti flu atau pilek.

Baca Juga: Madu Hijau Jaga Imun Tubuh Hindari Virus Covid 19

4. Mengurangi stres

Percaya atau tidak seseorang yang mudah stres biasanya juga akan mudah terserang penyakit. Sebab, stress membuat daya tahan tubuh seseorang melemah, di saat itulah virus, kuman dan bakteri lebih mudah masuk ke tubuh.

Rasa stres memang tidak bisa dihindari. Tetapi setidaknya kamu bisa mengurangi stres dengan melakukan meditasi atau yoga untuk menenangkan diri.

5. Mengonsumsi Multivitamin daya tahan tubuh

Beberapa orang mungkin sudah berpikir bahwa dengan mengonsumsi makanan bergizi saja sudah cukup. Tetapi tidak semua orang menyukai buah dan sayuran.

Bila dibiarkan maka ini bisa mengakibatkan defisiensi vitamin atau kekurangan vitamin. Untuk mengatasinya, maka kamu bisa mengonsumsi vitamin dan suplemen tambahan agar tidak mengalami defisiensi vitamin.

Kamu bisa mengonsumsi suplemen vitamin C, E, A dan D yang bisa didapatkan melalui beberapa produk kesehatan seperti Blackmores , Redoxon, Holisticare, Vitamin C1000, CDR dan sebagainya. Jadi, ketika tubuh mulai drop segera konsumsi vitamin dan suplemen ini untuk meningkatkan kembali daya tahan tubuhmu.

Itulah beberapa cara meningkatkan imunitas tubuh yang bisa kamu lakukan. Di samping itu, jangan kendor untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak, membersihkan tangan dan mengurangi mobilitas. Diharapkan setelah upaya-upaya di atas dilakukan kamu bisa terhindar dari paparan varian Omicron.

Semoga sehat selalu!