5 Manfaat Konsumsi Tempe Untuk Kesehatan Tubuh

0
3997

Sahabat JD.ID mungkin sudah tidak asing lagi dengan makanan berbahan dasar kedelai yang biasa dikenal dengan nama tempe. Makanan tinggi protein ini sangat mudah diolah menjadi beragam masakan lezat untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian kita. Tempe merupakan makanan yang terbuat dari kacang kedelai yang difermentasi atau diurai oleh organisme.

Tempe bisa menjadi alternatif sumber protein, terutama bagi orang-orang yang tidak memakan daging. Makanan ini tinggi akan protein, vitamin dan mineral, serta rendah sodium dan karbohidrat sehingga menjadi sumber makanan yang menyehatkan.

Sebagai gambaran, 84 gram tempe mengandung sekitar 162 kalori, 15 gram protein, 9 gram karbohidrat, dan 9 gram total lemak. Tempe juga diyakini merupakan sumber kalsium yang baik. Sebanyak 166 gram tempe dapat mengandung sekitar dua pertiga kalsium yang didapatkan dari segelas susu.

Tempe juga merupakan sumber serat yang baik dengan sekitar 9 gram kandungan serat untuk setiap 100 gram tempe. Jumlah ini hampir sepertiga rekomendasi asupan serat harian menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yakni 25 gram. Lima hal berikut menjelaskan lebih lanjut mengapa tempe diyakini sebagai sumber makanan yang menyehatkan:

1. Mengandung Prebiotik Tinggi

Tempe kaya akan prebiotik, yang merupakan jenis serat yang “memberi makan” bakteri yang menguntungkan dalam tubuh. Tempe juga terbukti memiliki efek anti-peradangan dan dapat meningkatkan kognisi serta mendukung kesehatan pencernaan.

2. Tinggi Protein

Sebanyak 166 gram tempe mengandung sekitar 31 gram protein. Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa pola makan tinggi protein bisa merangsang termogenesis, yang memicu peningkatan metabolisme tubuh dan membantu membakar lebih banyak kalori, setiap setelah makan.

3. Dapat Membantu Turunkan Kadar Kolestrol

Tempe terbuat dari kedelai yang mengandung senyawa alami tumbuhan, isoflavon. Isoflavon pada kedelai kerap dikaitkan dengan penurunan kadar kolesterol dalam tubuh. Sebuah ulasan yang mengamati 11 penelitian menemukan bahwa isoflavon kedelai mampu secara signifikan menurunkan koleterol total dan kolesterol jahat (LDL).

4. Bantu Turunkan Stres Oksidatif

Sejumlah penelitian juga menunjukkan bahwa isoflavon kedelai memiliki sifat antioksidan dan dapat mengurangi stres oksidatif. Antioksidan bekerja dengan menetralkan radikal bebas, atom yang sangat tidak stabil dan berkontribusi terhadap perkembangan penyakit kronis. Akumulasi radikal bebas dapat berkaitan dengan sejumlah penyakit, termasuk diabetes, penyakit jantung dan kanker.

5. Dapat Meningkatkan Kesehatan Tulang

Tempe juga merupakan sumber kalsium yang baik. Kalsium merupakan mineral yang bertanggung jawab untuk menjaga tulang tetap padat dan kuat. Asupan kalsium yang cukup dapat mencegah perkembangan osteoporosis atau kondisi yang berkaitan dengan pengeroposan tulang.

Meskipun produk susu adalah sumber kalsium yang paling umum, namun sejumlah penelitian menunjukkan bahwa kalsium dalam tempe juga dapat diserap dengan baik oleh tubuh, seperti halnya kalsium dalam susu. Jadi, tempe bisa menjadi alternatif yang sangat baik untuk meningkatkan asupan kalsium.

Itulah beberapa manfaat mengkonsumsi tempe yang harus kamu ketahui. Sahabat JD.ID bisa penuhi asupan makanan sehari-hari khususnya bahan makanan yang segar di JD.ID. Bahan makanan segar seperti tempe bisa kamu dapatkan dengan mudah dengan berbelanja di JD.ID.