7 Manfaat Jalan Kaki untuk Kesehatan Tubuh Setelah Lebaran

0
275
7 Manfaat Jalan Kaki untuk Kesehatan Tubuh Setelah Lebaran
Foto: lifestyle.kompas.com

Tanpa disadari, ternyata manfaat jalan kaki sangat banyak, lho! Padahal, ini adalah salah satu jenis olahraga ringan yang sangat mudah dilakukan.

Pasalnya, cukup berjalan kaki seperti biasa selama kurang lebih 30 menit, kamu sudah bisa mendapat banyak sekali keuntungan yang menyehatkan tubuh. Walaupun, kamu tetap harus menggunakan sepatu lari yang nyaman untuk menunjang aktivitas.

Lantas, apa saja manfaat jalan kaki yang bisa kamu dapatkan tersebut? Daripada penasaran, pada artikel kali ini akan diulas semua informasinya secara lengkap khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Baca Juga: 5 Daftar Olahraga di Rumah yang Mudah Dilakukan, Apa Saja?

Jumlah Langkah Kaki yang Dianjurkan untuk Kesehatan

Jumlah Langkah Kaki yang Dianjurkan untuk Kesehatan
Foto: depok.pikiran-rakyat.com

Ketika berolahraga, kamu pasti ingin mendapatkan manfaatnya secara optimal, bukan? Kalau begitu, maka kamu juga harus melakukannya secara maksimal.

Nah, untuk jenis olahraga ini meski mudah dan menyenangkan untuk dilakukan, namun kamu dianjurkan untuk berjalan sebanyak 10 ribu langkah per hari menurut beberapa pakar kesehatan. Meskipun, realitanya sebagian besar orang Amerika hanya mampu berjalan sekitar empat sampai lima ribu langkah per hari.

Adapun data tersebut dilansir dari laman hellosehat.com menurut National Institutes of Health, yang mana diketahui juga untuk orang yang kurang aktif bergerak hanya mampu mencapai dua ribu langkah per hari. Bisa dibayangkan kan betapa sedikitnya langkah yang bisa dicapai manusia?

Oleh karena itu untuk memastikan lebih lanjut, studi terbaru pun dilakukan dalam JAMA Internal Medicine (2019), dengan melibatkan hampir 17 ribu wanita berusia 72 tahun yang akan diukur jumlah langkah kaki dan kecepatannya per hari.

Hasil dari penelitian itu didapatkan kalau semakin banyak jumlah langkah kaki, maka risiko kematian juga akan semakin menurun. Jadi, intinya adalah tidak ada rekomendasi pasti mengenai banyaknya langkah yang dibutuhkan per hari untuk bisa mendapatkan manfaat kesehatan secara menyeluruh.

Kamu tinggal menyesuaikannya dengan kondisi kesehatan dan usia saat ini. Namun, jika ingin mengetahui intensitas olahraga yang tepat, maka sebaiknya kamu melakukan konsultasi terlebih dahulu ke dokter terkait.

7 Manfaat Jalan Kaki

7 Manfaat Jalan Kaki
Foto: klikdokter.com

Bicara soal manfaat jalan kaki, seperti yang sudah disinggung sebelumnya kalau manfaat yang bisa kamu dapatkan sangat banyak. Namun, agar kamu bisa mengetahuinya dengan mudah saat ini telah dirangkum beberapa manfaat di antaranya, yaitu:

1. Menurunkan berat badan

Manfaat jalan kaki pertama yang bisa kamu dapatkan, yaitu menurunkan berat badan. Hal itu tak lain karena jalan kaki dapat membantu membakar kelebihan lemak yang ada di bawah kulit.

Maka dari itu, buat kamu yang kelebihan berat badan sangat disarankan melakukan olahraga ini meskipun tergopoh-gopoh. Untuk durasinya sendiri, kamu bisa melakukannya minimal satu jam setiap hari.

2. Manfaat jalan kaki untuk cegah risiko diabetes

Percaya atau tidak, jalan kaki ternyata juga dapat mencegah risiko diabetes tipe dua. Hal itu tentunya bukan tanpa alasan, karena penyakit ini bisa diatasi tanpa harus minum obat. Intinya, selama gula darah bisa terkontrol dengan cara badan bergerak, maka obat tak lagi diperlukan.

3. Menguatkan tulang dan sendi

Selain dua manfaat di atas, kamu juga bisa menguatkan tulang dan sendi dengan cara jalan kaki. Mengapa demikian? Karena berjalan kaki setiap hari secara rutin minimal 30 menit per hari dapat mengurangi sakit, kaku, dan peradangan pada sendi.

4. Melancarkan sistem pencernaan

Kamu tahu tidak sih, kalau dengan berjalan kaki risiko terjadinya kanker usus di masa depan dapat diminimalisir? Pasalnya, saat berjalan tidak hanya kaki yang bergerak, namun badan juga sehingga peristaltik usus semakin lancar dan buang air besar dapat lebih tertib.

5. Mencegah penyakit jantung

Jantung adalah salah satu jenis penyakit yang dapat dicegah dengan cara jalan kaki. Mungkin terkesan mustahil, namun aktivitas ini mampu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol, serta melancarkan sirkulasi darah secara efektif.

6. Meningkatkan kesehatan mata

Jika dibayangkan, keterkaitan antara jalan kaki dan kesehatan mata mungkin tidak ada. Tetapi secara medis sangat ada hubungannya, karena membantu memerangi glaukoma yang merupakan penyakit berkumpulnya cairan di bagian depan mata, dan meningkatkan tekanan atas saraf penglihatan.

7. Manfaat jalan kaki dalam meningkatkan kualitas tidur

Keuntungan jalan kaki lainnya yang bisa kamu dapatkan, yaitu kualitas tidur yang semakin meningkat. Hal itu bisa terjadi karena berjalan kaki dapat meningkatkan hormon tidur, yaitu melatonin. Dengan begitu, tidur akan semakin nyaman dan nyenyak.

Baca Juga: Ini Olahraga Terbaik untuk Usia 20 – 40 Tahun, Yuk Cari Tahu!

Itulah beberapa manfaat jalan kaki yang sudah kamu ketahui informasinya secara lengkap di pembahasan sebelumnya. Bagaimana, semua manfaat itu sangat menggiurkan untuk dimiliki, bukan?

Kalau begitu, kamu bisa mulai berjalan kaki sesegera mungkin, baiknya di pagi atau sore hari dan bulatkan tekad untuk kamu melakukannya secara rutin. Kemudian, untuk menunjang aktivitas agar semakin lancar, maka kamu juga sebaiknya menggunakan sepatu olahraga.

Apalagi, saat ini sepatu untuk olahraga sudah tersedia banyak dipasaran, sehingga kamu bisa membelinya dengan mudah dan cepat, salah satunya melalui e-commerce terbaik dan terpercaya seperti JD.ID.

Pasalnya, di platform belanja online ini tersedia banyak sepatu olahraga dari berbagai merek ternama dan terpercaya yang bisa kamu beli sesuai keinginan, kebutuhan, dan budget yang ada.

Lalu, jika ingin lebih hemat kamu juga bisa menggunakan sejumlah promo yang tersedia, seperti diskon, cashback, gratis ongkir, dan cicilan 0%. Dengan semua promo itu, kegiatan belanja jadi semakin menyenangkan, terlebih produk yang dijual sudah #DijaminORI, dan kamu juga bisa melakukan pembayaran secara fleksibel dengan memilih satu metode yang ingin digunakan.

Bagaimana, sangat menarik kan berbelanja di JD.ID? Jadi, tunggu apalagi? Sebelum kehabisan, yuk beli sekarang!