8 Tips Untuk Tetap Sehat Selama Wabah Coronavirus

0
3870

Kondisi cuaca yang tidak menentu seperti saat ini, membuat tubuh manusia lebih mudah terpapar penyakit. Salah satunya adalah virus corona yang sedang mewabah hingga pelosok wilayah di dunia. Virus corona atau coronavirus perlu diwaspadai karena bisa menular dari manusia ke manusia.

Center for Disease Control and Prevention (CDC) menyebut, coronavirus atau virus corona adalah keluarga dari virus yang bisa menyebabkan flu seperti MERS, dan SARS.

CDC juga menyarankan beberapa langkah untuk mencegah penularan coronavirus. Jika kamu ingin mengantisipas gejala coronavirus.

 

1. Tetap di Rumah Kecuali Untuk Mendapatkan Perawatan Medis

Jika kondisi tubuh kamu sedang menurun atau mengalami gejala flu, ada baiknya kamu harus membatasi aktivitas di luar rumah, kecuali untuk mendapatkan perawatan medis.

Ketika mengunjungi pasar di daerah yang saat ini mengalami kasus virus Corona novel, hindari kontak langsung tanpa perlindungan dengan hewan yang hidup dan permukaan yang bersentuhan dengan hewan.

Ketika sedang merasakan tidak enak badan, ada baiknya jangan pergi bekerja, sekolah, atau tempat umum, dan jangan menggunakan transportasi umum atau taksi.

 

2. Isolasi Diri dari Orang Lain di Rumah

Sebisa mungkin, kamu harus tinggal di ruangan yang berbeda dari orang lain di rumah jika di lingkungan rumahmu ada yang terindikasi terkana virus tersebut.

Selain itu, kamu harus menggunakan kamar mandi terpisah, jika tersedia.

3. Buat Janji Sebelum Mengunjungi Dokter

Sebelum menemui dokter, ada baiknya kamu hubungi penyedia layanan kesehatan dan beri tahu mereka kalau kamu memiliki, atau sedang dievaluasi terkait coronavirus.

Ini akan membantu penyedia layanan kesehatan mengambil langkah-langkah untuk mencegah orang lain agar tidak terinfeksi.

 

4. Kenakan Masker

Kamu harus mengenakan masker ketika berada di ruangan yang sama dengan orang lain dan ketika kamu mengunjungi penyedia layanan kesehatan.

Jika kamu tidak bisa memakai masker, orang-orang yang tinggal bersama kamu harus memakainya saat mereka berada di ruangan yang sama dengan kamu.

 

5. Tutup Mulut dan Hidung Saat Batuk atau Bersin

Tutupi mulut dan hidung dengan tisu ketika batuk atau bersin. Buang tisu bekas di tempat sampah dan segera cuci tangan dengan sabun dan air setidaknya selama 20 detik.

 

6. Cuci Tangan

Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik. Gunakan pembersih tangan berbahan dasar alkohol jika sabun dan air tidak tersedia.

Kamu pun bisa menggunakan hand sanitizer agar terhindar dari bakteri jahat.

 

7. Hindari Berbagi Peralatan Makan

Kamu tidak boleh berbagi piring, gelas, peralatan makan, handuk, tempat tidur, atau barang-barang lainnya dengan orang lain dicurigai terpapar virus corona.

Setelah menggunakan barang-barang ini, kamu harus mencucinya sabun khusus yang mengandung anti-bakteri.

 

8. Jaga Asupan Makan

Hindari konsumsi produk hewani mentah atau setengah matang. Olah makanan seperti daging mentah, susu, atau organ hewani dengan baik untuk menghindari kontaminasi silang dengan makanan mentah.

Pantau Gejalanya

 

Cari pertolongan medis segera jika penyakit yang kamu derita semakin memburuk, misalnya hingga menyebabkan sesak napas. Jika kamu pernah mengunjungi Cina baru-baru ini, atau melakukan kontak dengan orang-orang yang terinfeksi coronavirus, maka ada beberapa hal yang perlu dilakukan, yaitu pantau kesehatan dari hari pertama kamu melakukan kontak dengan orang yang terinfeksi dan lanjutkan hingga 14 hari setelah melakukan kontak.

Tetapi, ada cara yang bisa dilakukan untuk meredakan gejalanya:

  • Minum obat sakit dan demam (jangan berikan Aspirin kepada anak-anak)
  • Gunakan pelembap ruangan (humidifier) atau mandi air panas untuk membantu meredakan sakit tenggorokan dan batuk

Jika sakitnya berada pada tingkat ringan:

  • Minum banyak cairan
  • Tinggal di rumah dan istirahat

Perhatikan tanda dan gejala ini jika kondisi tubuh kamu orang sekitarmu menurun:

  • Demam
  • Cek suhu tubuh kamu dua kali sehari
  • Batuk
  • Napas pendek atau sulit bernapas

Gejala awal lain yang harus diperhatikan adalah:

  • Menggigil
  • Sakit di seluruh tubuh
  • Sakit tenggorokan
  • Sakit kepala
  • Diare
  • Mual/muntah, dan pilek

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here