Atasi Masalah Ketombe di Rambut Cukup Dengan Menggunakan Shampo

0
149

Adanya ketombe di kulit kepala sangat merusak penampilan kita. Apalagi, jika serpihan ketombe itu jatuh ke atas pakaian kita yang berwarna gelap.

Meski ada anggapan jika ketombe disebabkan oleh gaya hidup seperti jarang keramas, ternyata penyebab ketombe bermacam-macam.

Misalnya saja, keringnya kulit kepala karena terpapar udara, atau pemilihan produk sampo yang tidak sesuai dengan jenis kulit kepala kita.

Berikut ini ada langkah-langkah untuk membasmi ketombe yang membandel:

1. Menggunakan Shampo Anti Ketombe Sesuai Petunjuk

Setiap sampo anti ketombe memiliki perbedaan, termasuk bahan aktif yang terkandung untuk mengendalikan ketombe. Demi memeroleh hasil terbaik, ikuti petunjuk yang tercantum pada botol shampoo Sahabat JD.ID gunakan.

Beberapa sampo anti ketombe menganjurkan kita untuk mengoleskan shampo ke rambut dan kulit kepala, setelah itu shampo dibiarkan sekitar lima menit sebelum dibilas. Ada juga shampo yang tidak boleh dibiarkan di kulit kepala.

2. Keramas Dengan Shampo Anti Ketombe 2x Seminggu

Khusus bagi orang Kaukasia dan Asia, disarankan keramas menggunakan sampo anti ketombe dua kali dalam seminggu.

Apabila satu sampo anti ketombe tidak dapat mengatasi masalah, cobalah bergantian menggunakan dua sampo anti ketombe dengan bahan aktif berbeda.

3. Keramas Satu Kali Seminggu

Keramas seminggu sekali dengan shampo anti ketombe sangat dianjurkan bagi Sahabat JD.ID. Namun, kunjungi dokter kulit untuk mencari tahu produk shampo yang cocok dengan jenis rambut kita.

4. Perhatikan Shampo yang Mengandung Coal Tar

Shampo anti ketombe dengan kandungan coal tar atau tar batubara dapat menghitamkan rambut berwarna pirang, abu-abu atau putih. Nah, pemilik rambut berwarna cerah sebaiknya memilih shampo anti ketombe lain.

Kandungan coal tar juga berpotensi membuat kulit kepala lebih sensitif terhadap sinar matahari. Perlu diingat, mereka yang menggunakan sampo coal tar wajib melindungi kulit kepala dari paparan sinar matahari saat berada di luar ruangan.

Masalah ketombe pada dasarnya tidaklah memerlukan perhatian medis. Tetapi sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter kulit jika masalah ketombe tak kunjung hilang. Dokter kulit akan mendiagnosis kondisi dan menganjurkan rencana perawatan yang sesuai kebutuhan Sahabat JD.ID.

Temukan beragam kebutuhan perawatan rambut dari beragam merek kenamaan di JD.ID. Sahabat JD.ID bisa manfaatkan beragam promo yang tersedia di JD.ID #DijaminOri.