Benarkah Mengkonsumsi Jamur Enoki Berbahaya Untuk Tubuh ?

0
186

Belum lama ini beredar kabar bahwa jamur enoki berbahaya bila dikonsumsi. Jamur ini disebut sudah memakan banyak korban baik sakit hingga meninggal dunia. Kementerian Pertanian melalui Badan Ketahanan Pangan langsung mengambil tindakan terkait temuan produk jamur enoki dari Green Co Ltd asal Korea Selatan yang mengandung bakteri berbahaya Listeria monocytogenes.

Badan Ketahanan Pangan Kementan pun telah memerintahkan pada importir untuk melakukan penarikan dan pemusnahan produk jamur enoki tersebut. Lantas apa bahaya yang ditimbulkan jika mengkonsumsi jamur enoki yang mengandung Listeria monocytogenes?

Harus sahabat JD.id ketahui, Listeria monocytogenes merupakan salah satu bakteri yang tersebar luas di lingkungan pertanian seperti tanah, tanaman, silase, fekal, limbah, dan air. Banteri ini mempunyai karakter tahan terhadap suhu dingin, sehingga mempunyai potensi kontaminasi silang terhadap pangan lain yang siap dikonsumsi dalam penyimpanan

Sedangkan mengkonsumsi jamur enoki yang mengandung Listeria monocytogenes dapat menyebabkan penyakit listeriosis yang mempunyai konsekuensi sakit hingga meninggal dunia, utamanya pada golongan rentan, balita, ibu hamil dan manula.

Bakteri ini juga telah menyebabkan Kejadian Luar Biasa (KLB) L. monocytogenes di Amerika Serikat pada 2014 dan 2020 serta Afrika Selatan pada 2018. Mereka yang mengonsumsi akan menunjukkan gejala seperti sakit kepala, leher kaku, kebingungan, kehilangan keseimbangan, dan kejang-kejang. Tidak hanya itu demam dan nyeri otot juga bisa terjadi.

Gejala keracunan listeriosis invasif biasanya dimulai 1-4 minggu setelah mengonsumsi makanan yang terkontaminasi. Dari laporan beberapa orang, disebut bahwa gejala mulai paling lambat 70 hari setelah paparan atau paling cepat pada hari yang sama setelah terkena paparan.

Sampai dengan hari ini di Indonesia belum ditemukan adanya kasus KLB karena kontaminasi bakteri dari jamur enoki tersebut. Oleh karena itu Kementerian Pertanian segera melakukan langkah pencegahan dengan memusnahkan dan menarik produk jamur enoki yang berasal dari Korea Selatan.

Untuk sahabat JD.id tidak perlu khawatir, jamur enoki yang di jual JD Fresh Mart merupakan hasil dari petani lokal dan sudah melewati tahapan kurasi yang terbaik. Sehingga produk yang di jual JD Fresh Mart sudah teruji higienis dan steril dari bakteri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here