Cara Mencukur Bulu Kemaluan yang Aman, Bye-Bye Gatal!

0
1413
Cara Mencukur Bulu Kemaluan yang Aman, Bye-Bye Gatal!
Foto: life.laseraway.com

“Cara mencukur bulu kemaluan biar gak iritasi gimana, ya?”

Pertanyaan tersebut memang kerap dilontarkan oleh banyak orang untuk merawat kebersihan dan kesehatan organ intim. Soalnya, Miss V maupun Mr. P merupakan alat vital yang sangat sensitif.

Oleh karena itu, kamu disarankan untuk mencukur bulu kemaluan secara rutin, setidaknya kurang dari 40 hari. Mengingat, bakteri-bakteri yang menumpuk dapat memicu aroma tidak sedap hingga kutu yang bersarang di rambut halus.

Bahkan, bulu kemaluan yang tidak dirawat juga bisa menurunkan rasa percaya diri terutama bagi pasangan suami istri. Akan tetapi, pastikan kamu melakukannya dengan benar agar tetap aman dan selalu sehat.

Baca Juga: Cara Mengatasi Vagina Gatal Mudah, Lakukan Hal Ini!

Cara Mencukur Bulu Kemaluan

Kesannya sih rumit, tapi cara mencukur bulu kemaluan tuh sebenarnya mudah, lho! Kamu bisa menggunakan alat cukur elektronik untuk memudahkan pekerjaan. Tapi, jika belum terbiasa, kamu bisa tetap memakai alat cukur manual.

Lalu, bagaimana langkah-langkahnya? Tenang, di bawah ini merupakan cara mencukur bulu kemaluan untuk pria dan wanita yang bisa kamu lakukan.

Cara Mencukur Bulu Kemaluan Pria

Dapat memberikan kenyamanan serta mencegah timbulnya penyakit dan gatal yang mengganggu. Pentingnya, pria juga aware dengan kesehatan organ intim, salah satunya dengan mengikuti tahapan cara mencukur bulu kemaluan yang tepat. Yaitu:

  • Pangkas rambut kemaluan dengan gunting kecil sekitar 1-2 sentimeter.
  • Kompres area bulu pakai waslap yang sudah direndam air hangat.
  • Oleskan sedikit krim atau gel cukur ke area bulu kemaluan menggunakan kuas.
  • Ambil alat cukur dengan mata pisau tajam.
  • Berdiri di depan kaca dan tarik lembut kulit kelamin yang bulunya ingin dicukur.
  • Cukur bulu kemaluan secara perlahan searah pertumbuhan rambut dengan gerakan seperti mengusap.
  • Bersihkan alat cukur setiap satu kali mencukur sebelum memulainya kembali.
  • Jika sudah bersih, bilas area kemaluan dengan air mengalir dan lap hingga kering.
  • Oleskan pelembap yang mengandung lidah buaya.

Cara Mencukur Bulu Kemaluan Wanita

Merujuk Sekretaris Jenderal Himpunan Onkologi Ginekologi Indonesia (HOGI) –  Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI), Dr dr Tofan Widya Utami, Sp.OG (K)-Onk, mencukur bulu kemaluan pada wanita tidak boleh sampai habis karena bisa membuat bakteri lebih mudah masuk ke dalam vagina.

Hal tersebut justru dapat berisiko menimbulkan iritasi hingga penyakit lantaran tidak adanya pelindung. Lalu, bagaimana cara mencukur bulu kemaluan yang aman untuk wanita? Berikut ulasannya:

  • Potong rambut kemaluan menggunakan gunting khusus terlebih dahulu sekitar 0,6 sentimeter
  • Kompres area bulu pakai waslap yang sudah direndam air hangat.
  • Ambil alat cukur dengan mata pisau tajam.
  • Pegang bibir vagina yang bulunya ingin dicukur agar terbuka lebar.
  • Cukur bulu kemaluan dengan lembut dari atas ke bawah.
  • Jika sudah bersih, bilas area kemaluan dengan air hangat untuk menghilangkan rasa gatal.
  • Keringkan miss V dengan cara ditepuk-tepuk menggunakan handuk lembut.
  • Oleskan lotion yang aman dan tidak memicu iritasi seperti parfum.

Rekomendasi Produk untuk Mencukur Bulu Kemaluan

Untuk mencukur bulu kemaluan dengan aman dan nyaman, kini kamu bisa mencoba berbagai alat yang lebih modern, simpel, dan tak kalah aman untuk kulit di area kemaluan. Apa saja? Yuk, intip rekomendasinya di bawah ini.

Shaver

Alat pertama yang bisa kamu coba untuk mencukur bulu kemaluan, yaitu shaver. Ini adalah produk yang mampu memangkas rambut dengan lebih cepat, karena menjangkau area yang lebih luas.

Apalagi, permukaannya yang lebih gentle juga aman terhadap kulit, karena tidak menimbulkan iritasi. Dengan begitu, risiko kulit ketika hitam dapat diminimalisir karena silet cukuran dapat diganti.

Heater

Selain shaver, kamu juga bisa menggunakan heater untuk mencukur bulu kemaluan. Pasalnya, alat ini bekerja dengan cara memanaskan sehingga tidak meninggalkan sisa rambut sedikit pun yang menyebabkan kulit gatal.

Tak hanya itu, kamu juga tak perlu khawatir dengan “chicken skin” atau luka yang dapat menyebabkan kulit hitam, karena hasil cukuran akan lebih halus dan natural.

Baca Juga: Anti Iritasi, Ini Cara Memutihkan Ketiak Paling Efektif!

Waxing

Tidak puas jika hanya menghilangkan rambut di atas permukaan kulit dan ingin menghabiskannya hingga ke akar rambut? Kalau begitu, kamu wajib mencoba waxing.

Metode ini mampu mengangkat akar rambut dari bawah kulit, yang membuat hasilnya jadi lebih halus. Hanya saja, risiko yang ditimbulkan cukup besar, salah satunya infeksi bakteri karena folikel rambut terbuka.

Tapi, tenang saja, semua akan aman jika kamu melakukannya dengan baik dan menggunakan produk yang terbukti berkualitas. Lalu, bagaimana cara mendapatkannya?

Eits, jangan khawatir, karena saat ini kamu bisa menemukan sekaligus membelinya dengan mudah melalui e-commerce terbaik dan terpercaya seperti JD.ID. Yap, di sini tersedia banyak pilihan alat cukur yang bisa dibeli sesuai keinginan, kebutuhan, dan bujet yang ada.

Lalu, agar lebih hemat kamu juga bisa lho menggunakan sejumlah promo yang tersedia seperti diskon, cashback, gratis ongkir, dan cicilan 0%. Dengan begitu, kegiatan belanja jadi semakin menyenangkan, terlebih produk yang dijual terjamin original.

Jadi, tunggu apalagi? Sebelum kehabisan, yuk beli sekarang!