Kasus virus corona, atau yang dikenal dengan nama novel Coronavirus 2019 (nCoV) di pelbagai negara kian hari kian bertambah. Virus yang merebak sejak 31 Desember 2019 yang berawal di Kota Wuhan, China ini telah mencatatkan lebih 4.500 kasus.

Penyebaran virus corona telah menjangkiti beberapa negara di antaranya Australia, Thailand, Malaysia, Singapura dan terbaru adalah Jerman. Namun untuk status Indonesia sendiri hingga kini masih negatif kasus virus corona.

Kendati begitu, bukan berarti tak perlu bersiap-siap. Kewaspadaan dan antisipasi harus tetap dilakukan. Selain oleh pemerintah, pencegahan juga bisa kamu lakukan di kantor kamu tidak hanya di rumah.

Berikut lima hal yang bisa kamu lakukan untuk pencegahaan virus corona di kantor:

 

1. Cegah Penyebaran Virus

Virus Corona ini dapat menyebar melalui kontak langsung dan tidak langsung. Penyebaran secara langsung terjadi lewat kontak fisik dengan pasien terjangkit antara , di mana adanya cairan oral yang keluar dari penderita melalui aktivitas bersin atau batuk.

Sedangkan untuk penyebaran tidak langsung, terjadi bila cairan oral dari bersin dan batuk dari orang yang terjangkit menempel ke permukaan benda yang ada di sekitarnya seperti smartphone, meja, baju, keyboard, dan gagang pintu.

Bila orang yang tidak terjangkit menyentuh permukaan benda itu, lalu mengusapkan tangannya ke bagian mulut, hidung, hingga mata, maka hal inilah yang bisa menimbulkan terjadinya penularan.

Pastikan meja kerjamu dilengkapi dengan antispetic ataupun cairan pembersih tangan / hand sanitizer yang mengandung alkohol. Kamu pun di anjurkan mencuci tangan dengan sabun untuk menghindari penyebaran tersebut.

 

2. Menggunakan Masker

Jika ada di kantormu ada rekan pekerja yang sering kali melakukan perjalanan luar negri, ada baiknya kamu menggunakan masker ketika berada di kantor. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya penyebaran virus melalui udara. Selain itu, kamu pun harus tutupi mulut saat batuk dan bersin dengan tisu, lalu buang tisu tersebut ke tempat sampah agar tetap menjaga kebersihan udara di kantor.

 

3. Jaga Kesehatan Tubuh

Sibuknya aktifitas membuat kamu terkadang mudah lelah dan tidak menutup kemungkinan daya tahan tubuhmu pun menurun. Di sela-sela kesibukan aktifitas sehari-hari kamu bekerja, ada baiknya jika kamu tambahkan asupan tubuh seperti vitamin atapun mengkonsumsi buah-buahan sehat agar menjaga imun tubuhmu tetap dalam kondisi prima. Selain itu kamu juga di haruskan menjaga kesehatan dengan rajin berolaraga.

 

4. Sanitasi di Kantor

Di kantor ada baiknya kamu memberi saran perihal desinfeksi pada lantai, dinding bangunan, karpet dan pegangan pintu juga jendela, serta alat yang disentuh secara umum. Bila perlu, kamu lakukan pula penyemprotan ruangan dengan spray fast-acting alcoholic spray disinfectant. Jangan lupa, sediakan sabun cuci tangan dan wastafel serta, tempatkan cairan pembersih tangan yang mengandung alkohol 70-80 persen di titik yang mudah diakses saat berada di kantor.

 

5. Update Informasi Kesehatan 

Jika kamu merasa kondisi tubuh dalam keadaan tidak fit, ada baiknya kamu mengajukan cuti sementara untuk melakukan pemulihan di kala keadaan tubuh sedang menurun. Hal ini dianjurkan agar kondisi tubuhmu bisa pulih lebih cepat.

Permasalahan akan timbul jika kondisi tubuhmu dalam keadaan tidak sehat dan kamu memaksakan pergi ke kantor, yang di takutkan adalah virus yang kamu hidap bisa menyebar ke rekan kerjamu yang lain.

Untuk mengantisipasi penyebaran virus kepada rekan kantor ada baiknya kamu segera cek kesehatan ke rumah sakit jika di rasa perlu untuk kesembuhan yang labih signifikan.

 

Itu adalah tips-tips yang dapat kamu lakukan untuk mencegah penyebaran virus corona di kantor.  JD.ID sebagai perusahaan e-commerce terpercaya di Indonesia,  memberikan produk pilihan untuk kamu memproteksi diri dari penyebaran virus corona. JD.ID pun memberikan penawaran menarik dengan potongan 10ribu khusus untuk kamu sahabat setia JD.ID

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here