Flu Tomat Lebih Parah dari Covid 19, Kenali Gejalanya di Sini!

0
791
Foto: Freepik

Belum usai Covid-19 melanda Indonesia, kini muncul virus baru yang cukup meresahkan masyarakat yaitu flu tomat. Dikabarkan lebih parah dari Covid, penyakit ini lebih banyak menyerang anak-anak berusia satu hingga 10 tahun.

Meski demikian, orang dewasa yang memiliki gangguan kekebalan tubuh juga berisiko terkena virus ini. Namun, flu tomat dikabarkan hanya terjadi di wilayah endemik dan tidak mengancam nyawa. Pasalnya, diketahui kalau belum ditemukan obat khusus untuk mengobati infeksi ini.

Baca Juga: Jaga Imun Tubuh Agar Terhindar Covid-19 dengan Konsumsi ini

Apa itu Flu Tomat?

apa itu flu tomat
Foto: Freepik

Menjadi salah satu virus yang mengancam kesehatan anak. Yuk, kenali gejala flu tomat agar dapat segera dilakukan penanganan. Tapi sebelum itu sebaiknya ketahui dulu apa itu flu tomat melalui penjelasan di bawah ini.

Dikutip dari The Lancet, flu tomat merupakan sebuah penyakit yang dapat membuat penderita mengalami ruam merah dan lepuh. Walaupun tidak mengancam jiwa dan dapat sembuh sendiri tanpa pengobatan, namun ruam yang dihasilkan dapat menyebabkan iritasi kulit.

Pertama kali ditemukan di India, tepatnya di daerah Kerala dan Odisha, flu tomat menyebar melalui kontak fisik seperti penyebaran virus Covid-19.

Hingga saat ini, diketahui kalau sudah lebih dari 80 anak di bawah lima tahun mengalami infeksi ini. Gejala yang timbulnya biasanya adanya ruam atau bisul di sekitar mulut, kaki dan tangan.

Awalnya benjolan atau ruam merah tersebut memiliki ukuran yang kecil, namun secara bertahap akan membesar hingga seukuran tomat. Itulah kenapa penyakit ini dinamakan flu tomat.

Tak hanya itu, penderita juga akan mengalami perubahan warna pada sejumlah anggota badan akibat terinfeksi virus ini. Sama halnya dengan Covid, pasien yang teridentifikasi diharuskan untuk melakukan isolasi selama lima hingga tujuh hari sejak timbulnya gejala.

Pengobatan tersebut dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh dengan istirahat yang cukup, mencuci tangan serta menjaga tubuh agar tetap fit.

Gejala Flu Tomat

gejala flu tomat
Foto: Freepik

Selain timbul ruam atau benjolan di sejumlah anggota tubuh, terdapat beberapa gejala lainnya yang umumnya dialami oleh penderita flu tomat. Apa saja? Berikut di antaranya:

  • Ruam merah yang terus membesar hingga menyerupai tomat
  • Kram pada perut
  • Nyeri sendi
  • Diare
  • Kelelahan
  • Bersin
  • Pilek dan batuk
  • Demam
  • Mual dan Muntah
  • Anggota badan mengalami perubahan warna
  • Iritasi kulit
  • Sakit di sejumlah badan.

Baca Juga: Pahami Pentingnya Konsumsi Multivitamin Pada Anak

Pengobatan Terbaik Jika Anak Sudah Terinfeksi

Pengobatan Terbaik Jika Anak Sudah Terinfeksi
Foto: Freepik

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, jenis virus ini menyebabkan ruam yang cukup gatal. Kondisi tersebut tentu membuat si kecil tergoda untuk menggaruknya.

Namun, menggaruk bagian tubuh yang gatal dapat menyebabkan jaringan parut yang berkepanjangan. Oleh karena itu, orangtua perlu melakukan sejumlah perawatan berikut untuk membantu anak agar kesehatannya pulih dengan cepat. Yaitu:

  • Mencegah si kecil menggaruk untuk mencegah penyebaran infeksi kulit lebih jauh.
  • Pastikan anak terpenuhi kebutuhan nutrisinya dengan memberikan makanan sehat.
  • Menjaga kebersihan dan sanitasi lingkungan sekitar anak dengan baik.
  • Memberikan tambahan asupan vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak.

Kamu bisa mendapatkan berbagai jenis vitamin anak keluaran merek-merek ternama yang sudah terjamin kualitas dan harganya dengan belanja secara online di JD.ID. Selain lengkap, produk yang tersedia juga #DijaminORI sehingga kamu tak perlu takut mendapatkan barang KW berkualitas buruk.

Tak hanya itu, kamu juga dapat membeli vitamin anak yang dibutuhkan dengan harga terjangkau dengan menggunakan berbagai promo yang ada seperti diskon potongan harga, cashback, gratis ongkir ke seluruh Indonesia hingga cicilan 0%. Tunggu apalagi? Yuk, jaga kesehatan si kecil dengan membeli vitamin di JD.ID sekarang.