Fungsi Kondom dan Cara Pakainya yang Benar, Dijamin Aman!

0
3285
Foto: Freepik

Fungsi kondom penting diketahui karena memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan, salah satunya untuk mencegah risiko penularan penyakit menular. Sayangnya, tak sedikit pasangan yang enggan menggunakannya karena dianggap mengurangi kenikmatan seksual.

Padahal, alat kontrasepsi yang satu ini sudah dirancang khusus untuk memberikan keamanan dan kenyamanan suami istri selama berhubungan intim. Selain itu, kondom sangat mudah ditemukan dan harganya juga terbilang cukup terjangkau.

Baca Juga: Pecah Perawan Apakah Selalu Berdarah Saat Malam Pertama?

Fungsi Kondom yang Wajib Diketahui

fungsi kondom
Foto: Freepik

Tidak sedikit pasangan menikah yang memutuskan untuk menunda kehamilan dengan berbagai alasan. Itulah kenapa, penggunaan kondom memiliki peranan besar dalam mencegah terjadinya pembuahan setelah melakukan hubungan seks.

Sejumlah penelitian juga menunjukkan kalau kondom yang dipasang dengan baik dapat mengurangi risiko hamil hingga 98 persen. Tidak hanya itu, terdapat juga fungsi kondom lainnya yang sangat wajib kamu ketahui, seperti:

  • Alat kontrasepsi tanpa efek samping. Digunakan langsung pada penis, kondom tidak memiliki pengaruh terhadap hormonal perempuan dan laki-laki. Berbeda dengan pil KB, suntik KB, maupun cincin vagina yang bisa mengakibatkan terjadinya perubahan hormon.
  • Durasi seks jadi lebih lama. Kondom terbukti dapat membantu menahan ereksi, sehingga aktivitas seksual dapat berlangsung lebih lama dan mencegah terjadinya ejakulasi dini.
  • Meminimalisir cedera. Fungsi kondom lainnya yaitu dapat mencegah terjadinya cedera saat berhubungan intim karena memiliki banyak pelumas.
  • Mencegah penularan penyakit menular. Berfungsi sebagai pengaman ganda, kondom juga dapat melindungi diri kamu dari risiko penularan penyakit infeksi menular seksual, seperti HIV, gonore, klamidia, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Cara Merapatkan Kembali Miss V, Emangnya Bisa?

Cara Memakai Kondom yang Benar

cara memakai kondom yang benar
Foto: Freepik

Kondom adalah alat kontrasepsi yang terbuat dari bahan sejenis karet dan dipasangkan pada alat kelamin sebelum melakukan hubungan seksual. Oleh karena itu, pentingnya kamu mengetahui cara memakai kondom yang benar dengan mengikuti langkah berikut:

  • Buka kemasan kondom dengan hati-hati
  • Hindari menggunakan gigi atau gunting agar tidak robek
  • Jepit ujung kondom bagian tengah lingkaran dengan jari supaya tidak ada udara masuk
  • Letakkan kondom di atas kepala penis sembari memegang bagian ujungnya
  • Pastikan penis sudah ereksi sempurna saat memakai kondom
  • Buka gulungannya dengan lembut ke arah pangkal penis. Apabila tidak bisa diturunkan, berarti pemakaiannya terbalik atau kurang tepat.

Jika sudah selesai berhubungan dan ejakulasi, tahan ujung kondom pada pangkal penis ketika akan mengeluarkannya dari vagina. Tujuannya, agar tidak terlepas dan mencegah sperma tertinggal di dalam vagina.

Nah, itu dia fungsi kondom dan cara pakainya yang bisa lakukan sebelum melakukan seks dengan pasangan. Untuk mendapatkan sensasi berhubungan yang lebih menyenangkan, kamu bisa menggunakan kondom dengan varian rasa yang diinginkan.

Beragam jenis kondom bisa kamu temukan dengan mudah di situs belanja online terpercaya di Indonesia, yaitu JD.ID. Tak hanya lengkap, kamu juga dapat memilih berbagai alat kontrasepsi keluaran merek-merek terkenal yang produknya sudah pasti #DijaminORI.

Nikmati juga diskon potongan harga, cashback, gratis ongkir ke seluruh Indonesia hingga pengiriman cepat dan aman. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, belanja di website maupun aplikasi JD.ID sekarang!