Guna Menjaga Kesehatan Kulit, Ketahui Suhu Air yang Tepat Saat Mandi

0
99

Banyak orang senang mandi air panas, terutama ketika cuaca tengah mendung atau hujan. Meski bertujuan untuk menghangatkan tubuh, keseringan mandi dengan air yang terlalu panas bisa merusak rambut dan kulit. Jadi, berapa idealnya suhu air yang digunakan untuk mandi?

Banyak ahli sependapat, air bersuhu sekitar 36-40,5 derajat celsius akan terasa hangat di tubuh. Hindari air dengan suhu terlalu panas untuk mandi, karena air bersuhu tinggi akan berbahaya bagi lapisan pelindung kulit.

Pelindung kulit terdiri dari protein dan minyak kulit yang mencegah air menguap keluar dari kulit. Skin barrier adalah salah satu garis pertahanan pertama kita melawan infeksi dan polusi.

Selain merusak skin barrier, air panas juga akan memicu peradangan. Air panas menyebabkan peradangan yang memicu gangguan pada skin barrier yang normal

Suhu air yang tinggi juga dapat menghilangkan minyak alami kulit yang penting untuk mempertahankan kelembapan.

Cuaca Dingin Memengaruhi Kondisi Kulit

Hot Or Cold Shower - What's Best After Exercise? - Sundried – Sundried  Activewear

Ketika cuaca di luar terasa dingin, kelembapan di permukaan kulit kita akan menguap, dan membuat kulit kita kering.

Mandi air panas lebih disukai ketika kita ingin melawan hawa dingin, tetapi kita sama saja melemahkan skin barrier dua kali lipat sehingga kulit tampak lebih kering dan tidak menarik.

Berhati-Hati Saat Memilih Sabun

How to Choose the Right Soap for Your Skin Needs

Rutinitas pembersihan yang baik dapat menjaga kulit tetap sehat dan lembap, tidak hanya suhu air yang digunakan untuk mandi. Apabila kita membersihkan kulit dengan sabun yang mengandung bahan keras, kulit akan kering, kehilangan minyak alami dan bakteri sehat.

Sabun sejatinya merupakan garam asam lemak. Kandungan pada sabun secara efektif membersihkan sebum dan kotoran, tetapi juga memiliki pH tinggi antara 9-10, jauh lebih tinggi daripada pH alami kulit sekitar 5,4.

Sabun berperan besar dalam membersihkan kulit yang kotor dan terkontaminasi, tetapi untuk penggunaan sehari-hari tidak diperlukan sabun dengan bahan yang keras.

Sabun dengan pH yang terlalu tinggi akan mengganggu fungsi skin barrier. Sebagai gantinya, gunakan sabun yang lembut dengan pH seimbang. Sabun yang lembut memiliki pH sekitar 5,5-7 yang lebih dekat ke kulit, dan jauh lebih bisa ditoleransi kulit saat mandi.

Cegak kerusakan pada kulit dengan menggunakan suhu air terbaik ketika mandi. Tidak hanya itu, gunakan juga produk perawatan kulit yang cocok dengan kulit Sahabat JD.ID. Manfaatkan beragam promosi menarik produk perawatan kulit seperti sabun, dan body lotion di “Senin Dobel HepiJD.ID #DijaminOri.