Hal Yang Harus Diperhatikan Ibu Menyusui Untuk Hindari Virus Corona

0
1067

Penyakit COVID-19 yang disebabkan oleh Virus Corona telah menyebar luas ke sejumlah negara dan bisa menyerang siapa saja, tak terkecuali ibu menyusui dan bayi. Meski ASI tidak memiliki peran signifikan dalam penyebaran Virus Corona, namun tidak ada salahnya jika Bunda juga ikut waspada akan hal tersebut. Yuk, simak panduan bagi ibu menyusui berikut agar Bunda dan buah hati terhindar dari paparan virus ini.

Tingkatkan Imunitas

Perubahan hormonal saat menyusui membuat daya tahan tubuh lebih rendah sehingga Bunda rentan terhadap berbagai penyakit. Untuk itu, sebaiknya Bunda perbanyak mengonsumsi makanan yang memiliki sumber vitamin dan antioksidan. Begitu pula dengan makanan yang kaya akan zinc, seperti daging dan kacang-kacangan. Makanan-makanan tersebut diperlukan guna meningkatkan kemampuan tubuh dalam melawan infeksi virus serta bakteri. Selain itu, hindari cemas berlebih, ya, karena saat stres dan tertekan, sistem kekebalan tubuh justru melemah.

Pastikan Rumah Selalu Bersih

Sebagai langkah pencegahan Virus Corona, kebersihan lingkungan terutama rumah perlu dijaga dan harus diperhatikan. Gunakan sabun dan cairan disinfektan untuk membersihkan setiap sudut dan perabot rumah. Sedangkan peralatan kecil seperti botol susu, serta mainan anak dapat disterilisasi dengan merendamnya dalam air panas selama beberapa menit.

Lindungi Buah Hati Dengan Menjaga Kebersihan

Untuk melindungi buah hati, Bunda harus  biasakan untuk menjaga kebersihan diri. Misalnya, dengan mencuci tangan sebelum beraktifitas dengan menggunakan sabun saat hendak berinteraksi dengan buah hati. Jangan lupa untuk  membersihkan wajah dan tangan bayi, terlebih jika ia hobi memasukkan tangannya ke dalam mulut. Selain itu, pakailah masker saat berada di sekitar anak, terutama ketika Bunda sedang menyusui.

Menggunakan Botol ASI

Jika Bunda sedang dalam kondisi kurang sehat, sebaiknya hindari pemberian ASI secara langsung. Bunda dapat memberikan ASI dengan dipompa terlebih dahulu, lalu diberikan kepada bayi dengan sendok atau botol susu. Hal ini agar tindakan pencegahan dapat dilakukan dan bila diketahui sejak awal, dokter dapat memberikan perawatan terbaik guna mencegah paparan virus lebih jauh.

Sahabat JD.ID, dengan memperhatikan hal tadi, belajar di rumah jadi menyenangkan, mudah, dan tentunya efektif.

Nah, meski kamu dan anak hanya berada di rumah, ingat untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan kamu serta keluarga, ya. Batasi aktivitas berpergian dan lakukan rutinitas harian seperti belanja dari rumah. Kamu bisa mencari beragam keperluan harian di JD.ID #DiRumahSaja dan tunggu sampai barang diantarkan ke depan rumah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here