Ini Cara Menurunkan Berat Badan, Sehat dan Menyenangkan!

0
1010
Ini Cara Menurunkan Berat Badan, Sehat dan Menyenangkan!
Foto: klikdokter.com

Dari sekian banyak cara menurunkan berat badan yang ada, sepertinya cukup sulit untuk menemukan yang sehat dan menyenangkan. Mengingat, sebagian besar orang justru berakhir sakit setelah melakukan diet.

Padahal, itu tidak akan terjadi apabila diet dilakukan dengan benar dan tidak “memaksa” tubuh untuk merubah waktu dan pola makan secara drastis. Maka dari itu, banyak orang yang menilai diet bukan solusi terbaik, karena berujung trauma untuk melakukannya lagi.

Lantas, jika ingin menurunkan berat badan ke angka ideal, seperti apa cara yang tepat, sehat, dan tentunya menyenangkan untuk dilakukan? Daripada penasaran, pada artikel kali ini akan diulas semua informasinya secara lengkap khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Baca Juga: 7 Manfaat Jalan Kaki untuk Kesehatan Tubuh, Yuk Intip!

Mengenal Diet, Cara Efektif Turunkan Berat Badan

Mengenal Diet, Cara Efektif Turunkan Berat Badan
Foto: klikdokter.com

Menjadi salah satu cara efektif untuk menurunkan berat badan, diet ternyata tidak selamanya indah. Terlebih, jika kamu melakukannya tanpa dasar dan aturan yang jelas, maka sakit menjadi ujung penantian.

Tetapi, jika dilihat dari dasarnya diet berkaitan dengan upaya seseorang untuk mengurangi porsi makan. Oleh karena itu, ini bisa dikatakan sebagai cara atau metode membatasi porsi makan, dan memilih sumber makanan lain yang lebih sehat untuk mencapai suatu tujuan.

Adapun tujuan yang dimaksud umumnya adalah menurunkan berat badan. Namun, tak jarang juga orang-orang diet untuk mengembalikan pola makan yang sehat agar hidup lebih berkualitas.

Mengingat, diet sehat merupakan kebiasaan makan makanan bergizi seimbang. Sehingga, hal itu tidak dilakukan semata-mata untuk mengurangi bobot tubuh, karena kamu akan merencanakan pola makan termasuk rekomendasi dan pantangannya untuk mengelola kondisi tertentu.

Dengan begitu, diet bisa dilakukan oleh semua gender dan rentang usia, baik itu bayi, anak-anak, remaja, dewasa, lansia, laki-laki, maupun perempuan.

Cara Menurunkan Berat Badan dari Bangun hingga Menjelang Tidur

Cara Menurunkan Berat Badan dari Bangun hingga Tidur
Foto: abbylangernutrition.com

Kamu mencari cara menurunkan berat badan yang sehat dan menyenangkan? Tenang, di bawah ini akan diberikan beberapa tips dan langkah yang tepat berdasarkan pengalaman pribadi Dewi Puri, narasumber yang berhasil melakukan diet sehat selama kurang lebih tiga bulan.

Tips ini akan diberikan secara rinci mulai dari bangun tidur hingga waktu sebelum tidur. Apa saja? Yuk, langsung simak bersama-sama!

1. Minum Air Putih di Pagi Hari

Pertama, hal yang wajib dilakukan setelah bangun tidur yaitu minum air putih. Di sini Dewi melakukannya secara rutin setiap hari, karena selain menjadi rutinitas yang dianjurkan, minum air putih di pagi hari juga baik untuk kesehatan.

Jadi, menurut wanita berusia 33 tahun ini, “Tips diet yang dilakukan, pertama saat pagi sudah pasti setelah bangun tidur langsung minum air putih”. Tetapi, konsumsi air putih ini tidak hanya di pagi hari saja, namun sepanjang hari minimal sebanyak dua liter.

2. Cara Menurunkan Berat Badan dengan Olahraga

Selain minum air putih, Dewi juga mengatakan rutin berolahraga setiap pagi. Tentunya bukan jenis olahraga berat, melainkan hanya berjalan kaki selama 60 menit nonstop seperti yang disampaikan dalam kutipan berikut ini.

“Tips yang kedua, itu saya langsung jalan pagi 60 menit setiap hari nonstop. Saya nggak lari, saya nggak jalan cepat, saya jalan biasa santai aja gitu,” ujar Dewi.

Untuk waktunya sendiri, biasanya wanita yang tinggal di daerah Jakarta Selatan ini melakukannya sekitar jam 7.00 WIB. Namun, jika di hari itu masih merasa kuat untuk olahraga kardio lagi, maka ia melakukan treadmill di sore hari dengan durasi sekitar 10 – 15 menit sesuai kemampuan.

3. Sarapan

Setelah olahraga, jangan lupa sarapan karena ini adalah hal penting untuk dilakukan. Tanpa sarapan, kamu tidak bisa mengisi tenaga untuk beraktivitas secara optimal.

Hal itu juga dilakukan oleh Dewi Puri, yang langsung mengisi perut setelah selesai berolahraga atau sekitar pukul 8.00 WIB. Untuk menunya sendiri, wanita ini biasanya mengonsumsi roti gandum dan selai kacang organik, karena mengandung banyak kalori dan dianjurkan untuk orang diet.

Lalu agar tidak mudah bosan, kamu bisa mengkreasikan menu sarapan dengan granola dan susu kedelai sebagai pengganti susu full cream, atau membuat smoothies buah-buahan.

Tetapi ingat, banyaknya menu tersebut harus disesuaikan dengan kalori yang dibutuhkan tubuh. Terkait hal ini, Dewi Puri menghitungnya menggunakan aplikasi penghitung kalori yang biasanya membutuhkan data usia, jenis kelamin, berat badan, dan tinggi badan.

Setelah mengetahui jumlah kalori yang dibutuhkan, kamu bisa membaginya menjadi beberapa waktu makan, baik itu waktu makan utama maupun konsumsi makanan pendamping.

4. Makan Siang

Cara menurunkan berat badan selanjutnya, yaitu makan siang. Meski sudah sarapan pagi, namun makan siang tetap harus dilakukan agar dapat beraktivitas secara optimal.

Mengingat, energi paling banyak digunakan saat siang hari karena kamu akan melakukan banyak aktivitas seperti bekerja, belajar, dan lain sebagainya. Maka dari itu, makan siang tetap harus dilakukan meskipun kamu belum lapar.

Untuk porsinya sendiri, kamu bisa menyesuaikan dengan sisa jumlah kalori yang sudah digunakan untuk sarapan pagi. Tepatnya, kamu bisa mengurangi takaran nasinya secara perlahan seperti Dewi yang memulainya dengan 10 sdm, lalu semakin berkurang menjadi 5 sdm setelah terbiasa.

Aturan jumlah nasi itu pun sesuai dengan anjuran ahli gizi yang menangani Dewi Puri selama menjalani program diet. Selain itu, dokter juga menyarankan untuk memperbanyak konsumsi serat, seperti sayur dan buah.

Kemudian apabila di tengah waktu makan siang kamu merasa lapar, maka kamu bisa mengonsumsi makanan ringan yang sehat dan tentunya rendah kalori seperti yang dikonsumsi Dewi Puri, yaitu Fitbar atau Slim & Fit.

“Saya ngestop semua camilan yang tinggi kalorinya, ciki, biskuit saya stop. Saya ganti sama camilan-camilan yang memang buat diet kayak misalkan Fitbar, Slim & Fit itu camilan favorit saya. Terus kayak granola, yoghurt karena jangan pas diet langsung di stop semua camilannya,” sebut Dewi.

5. Cara Menurunkan Berat Badan Saat Makan Sore

Cara terakhir yang dianjurkan untuk kamu menurunkan berat badan, yaitu dengan mengonsumsi makanan ringan bergizi saat sore, tepatnya pukul 18.00 WIB. Untuk contoh menunya sendiri seperti menu sarapan pagi, atau kamu bisa mengonsumsi buah-buahan jika ingin menahan lapar yang lama saat malam.

Bahkan, kamu juga bisa mengonsumsi makanan sehat dan rendah kalori lainnya sesuai keinginan, karena intinya kamu hanya perlu menyesuaikan dengan jumlah kalori yang dibutuhkan. Usahakan dalam satu hari kamu bisa mencukupi kebutuhannya, jangan sampai kurang atau lebih.

Pasalnya, Dewi mengatakan kalau kebutuhan kalori kurang maka tubuh akan lemas. Sementara kalau kelebihan bobot tubuh akan bertambah.

Baca Juga: 3 Cara Memasak Beras Shirataki untuk Diet, Gampang Banget!

Itulah beberapa cara menurunkan berat badan, menurut pengalaman Dewi Puri yang telah berhasil diet selama kurang lebih tiga bulan. Cara tersebut bisa kamu jadikan motivasi dan referensi untuk diet.

Hal itu tak lain karena Dewi berhasil menurunkan bobot tubuhnya sekitar 8,8 kg, dari yang sebelumnya 74,8 kg menjadi 66 kg. Angka tersebut didapatkan setelah ia melakukan diet sehat secara disiplin, sehingga setiap bulannya dapat menurunkan berat sekitar tiga sampai empat kg.

Diet itu pun dilakukannya tanpa menyiksa diri, karena tetap bisa mengonsumsi makanan yang disukai hanya dengan mengurangi porsinya. Jadi, bisa dibilang kamu akan tetap memiliki cheating day yang waktunya disesuaikan dengan target yang dituju.

Menariknya, dari diet yang dilakukan pun ternyata berpengaruh terhadap pola tidur yang semakin teratur, serta pola hidup yang semakin sehat. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mencoba cara menurunkan bobot tubuh ala Dewi Puri?

Jika iya, maka kamu bisa langsung melakukan konsultasi kepada ahli gizi, lalu membeli sejumlah peralatan yang dibutuhkan untuk diet, seperti sepatu olahraga untuk jalan pagi.

Nah, untuk mempermudah proses pembelian kamu bisa melakukannya secara online melalui e-commerce terbaik dan terpercaya seperti JD.ID. Hal itu tak lain karena platform belanja ini menjual lengkap peralatan olahraga, yang bisa kamu beli sesuai keinginan, kebutuhan, dan budget yang ada.

Lalu, jika ingin lebih hemat kamu bisa menggunakan sejumlah promo yang tersedia, seperti diskon, cashback, gratis ongkir, atau cicilan 0%. Dengan begitu, kegiatan belanja jadi makin menyenangkan, terlebih produk yang dijual sudah #DijaminORI, dan kamu juga bisa melakukan pembayaran secara fleksibel, lho!

Jadi, bagaimana? Sangat menyenangkan kan berbelanja di JD.ID? Kalau begitu, tunggu apalagi? Sebelum kehabisan, yuk beli sekarang!