Ini Penyebab dan Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa!

0
432
Ini Penyebab dan Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa!
Ilustrasi: Freepik

Rukun islami ketiga yang dilaksanakan oleh umat muslim yakni puasa. Ada berbagai jenis puasa, akan tetapi puasa Ramadan inilah yang paling sering dilaksanakan karena merupakan ibadah yang wajib. Sayangnya saat berpuasa kita sering mengalami beberapa kendala, salah satunya yakni bau mulut. Lalu bagaimana cara menghilangkan bau mulut?

Penyebab bau mulut saat berpuasa dikarenakan kurangnya produksi air liur. Air liur ini memiliki peranan sebagai cairan pembersih dengan kandungan enzim guna mencerna serat serta glikoprotein yang dapat melindungi mukosa mulut. Selain itu air liur juga berperan sebagai sistem imun yang dapat menghadang bakteri dan virus dalam mulut.

Oleh sebab itu ketika mulut kering maka bakteri akan mudah berkembang dalam mulut, dan bakteri itulah yang dapat menyebabkan bau mulut saat berpuasa. Akan tetapi itu hanya salah satu faktonya saja. Beberapa faktor lainnya pun dapat terjadu misalnya ada masalah pada pencernaan atau kesehatan gigi kamu.

Baca Juga: Ingin Imun Tubuh Tetap Terjaga Saat Puasa? Konsumsi Madu Hijau

7 Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa

Bau mulut sering jadi gangguan saat kamu hendak berbincang dengan kerabatmu. Untuk menghindari masalah tersebut, diperlukan mulut dan gigi yang sehat. Lalu bagaimana caranya?

1. Makan Makanan Sehat Selama Bulan Puasa

makanan sehat salah satu cara menghilangkan bau mulut
Ilustrasi: Freepik

Buah dan sayuran sangat berperan penting dalam mengatasi bau mulut. Dengan mengonsumsi makanan yang sehat saat bulan puasa ini, tentunya akan membuat sistem pencernaan serta mulut dan gigi yang sehat pula.

Namun kamu harus ingat hindari buah dan sayur yang memiliki bau tidak sedap. Misalnya jengkol, pete, mengkudu, bawang putih, bawang bombai terlalu banyak. Lebih baik konsumsi mentimun, kemangi, jeruk, apel, semangka, tomat, dll.

2. Sikat Gigi dan Bersihkan Lidah Usai Makan

Sikat Gigi dan Bersihkan Lidah Usai Makan

Usai makan jangan langsung sikat gigi. Hal ini tidak baik, setidaknya kamu bisa tunggu 15 sampai 30 menit terlebih dahulu. Sikat gigi terpenting yakni saat hendak ingin tidur di malam hari dan saat selesai sahur. Tidak lupa bersihkan lidah pula ya. Dengan begitu gigi dan mulutmu akan sehat selama puasa seharian.

3. Jangan Lupa Gunakan Obat Kumur

Jangan Lupa Gunakan Obat Kumur

Usai sikat gigi tidak lupa gunakan obat kumur agar mulut lebih fresh dan wangi. Selain itu obat kumur juga mampu membersihkan mulut dari bakteri yang ada dalam mulut secara merata dan sisa-sisa makanan yang tak dapat digapai oleh sikat gigi.

4. Konsumsi Air yang Cukup Saat Berbuka dan Sahur

Konsumsi Air yang Cukup Saat Berbuka dan Sahur

Ingat agar kamu dapat puasa dengan kuat, haruslah mengonsumsi air yang cukup. Dengan mengonsumsi air yang cukup, kamu tidak akan dehidrasi meski tidak minumm dan makan seharian.

Selain itu kulit dan bibir kamu juga tidak kering akibat kurangnya cairan dalam tubuh. Kamu juga bisa mengonsumsi minuman isotonik untuk mengganti cairan tubuh dan elektrolit yang hilang. Segingga tubuh dapat terhidrasi dengan baik.

5. Selama Puasa Coba untuk Hindari Merokok 

Selama Puasa Coba untuk Hindari Merokok

Tahukah kamu dengan kebiasaan merokok atau mengunyah berbagai produk dengan bahan dasar tembakau dapat menimbulkan bau mulut. Selain meyebabkan bau mulut, merokok juga tidak baik untuk kesehatan organ tubuh lainnya.

Merokok merupakan suatu habit yang dapat dibilang sangat sulit diberhentikan, Oleh sebab itu cobalah untuk tidak merokok saat bulan puasa ini. Siapa tahu kamu akan terbiasa untuk tidak merokok lagi meski bulan puasa sudah usai.

6. Kurangi Kafein Selama Bulan Puasa

Kurangi Kafein Selama Bulan Puasa

Hal berikutnya penyebab bau mulut yakni terlalu sering konsumsi produk yang mengandung kafein. Beberapa contoh diantaranya yakni kopi, teh, dan soda. Untuk itu kamu bisa meminum air putih yang banyak, dan kurangi berbagai minuman tersebut agar mulut lebih segar.

Baca Juga: Bingung Pilih Menu Sahur Saat Bulan Puasa? Yuk Coba Menu Simple ini!

7. Sedia Permen Karet 

Sedia Permen Karet sebagai cara menghilangkan bau mulut

Terakhir yakni kamu wajib sedia permen karet di kantung atau tas kamu. Kamu ada acara bukber bersama client, kerabat, atau keluarga tapi malu karena bau mulut? Nah permen karet bisa jadi solusi yang amat jitu untuk keadaan darurat.

Itu dia 7 cara menghilangkan bau mulut saat bulan puasa ini. Dijamin jitu dan mujarab lho! Buat kamu yang masih bingung atau malas mendapatkan beberapa produk penghilang bau mulut tersebut, kamu bisa dapatkan dengan mudah di JD.ID.

promo JD ID harga heboh Jd Berkah

Selain ada promo JD Berkah dengan sale super besar, tentunya kamu akan mendapatkan keuntungan lainnya seperti pengiriman yang aman, cepat, dan gratis ke seluruh Indonesia, serta ada banyak pilihan untuk metode pembayaran yang ingin kamu gunakan.

promo kaget unilever JD ID

Kamu juga bisa melakukan COD atau cicilan dengan ringan lho! Pokoknya belanja di JD.ID pasti amannya, pasti originalnya, dan pasti murahnya! Jadi tunggu apalagi yuk kunjungi JD Mart pada aplikasi JD.ID sekarang juga!