Inilah 6 Makanan Tinggi Serat Bagus Untuk Kesehatan Usus dan Cegah Diabetes

0
2464

Sahabat JD.ID, menjaga kesehatan usus memang penting. Berbagai studi ilmiah menyebutkan bahwa kadar mikrobioma seimbang dalam usus dapat berkontribusi dalam menjaga kesehatan tubuh kita secara keseluruhan.

Bahkan, mikrobioma usus yang sehat juga diyakini dapat membantu kita melawan diabetes. Ada penelitian yang menyoroti pentingnya mikrobioma usus dalam mencegah diabetes.

Mengkonsumsi makanan kaya serat sangat baik untuk kesehatan usus karena dapat memperlambat penyerapan gula yang menghasilkan lonjakan gula darah setelah makan  lebih rendah. Serat juga bisa menjadi makanan bagi Akkermansia muciniphilia, strain mikrobioma usus.

Karena itu, sangat direkomendasikan untuk kita mengkonsumis makanan berserat tinggi agar menjaga kesehatan usus dan mencegah diabetes. Nah, berikut makanan yang ia rekomendasikan.

1. Apel

Apel menempati urutan pertama dalam daftar makanan berserat tinggi dan ramah usus dari ahli biokimia ini. Tidak mengherankan, sebab satu buah apel memiliki kandungan serat sekitar 4.4 gram. Selain itu, apel memiliki pektin yang bisa mengurangi kolesterol dalam tubuh.

2. Barley

Makanan yang sering dimasukkan ke dalam sup ini mengandung cukup banyak serat. Karena itu, barley sangat cocok untuk dikonsumsi kamu yang sedang berusaha untuk menurunkan berat badan.

3. Wortel

Makanan lain yang mengandung serat dan mencegah diabetes lainnya adalah wortel. Sayuran satu ini mengandung serat makanan yang bisa memperbaiki kondisi saluran pencernaan yang terganggu seperti diare atau konstipasi.

4. Oat

Oat juga direkomendasikan sebagai makanan kaya serat yang baik untuk usus kita. Selain itu, kandungan serat beta-glucan (serat larut) yang tinggi di dalamnya dapat meningkatkan produksi hormon kenyang kita, sehingga dapat menahan lapar lebih lama, menurunkan berat badan, sekaligus menurunkan risiko obesitas.

5. Kacang Polong

Kacang polong tidak hanya dapat membuat hidangan lebih berasa dan beraroma khas, namun, menurut ahli gizi, satu cangkir kacang polong mengandung tujuh gram serat, membuat sistem pencernaan kita akan lebih lancar. Seratnya juga akan membantu gula darah kita sehingga tidak mudah hancur karena serat dapat membantu memperlambat penyerapan gula. Tak hanya itu, kacang polong juga dapat menurunkan kolesterol jahat loh.

6. Psyllium

Jika psyllium terdengar asing, sebenarnya ini adalah bahan yang ditemukan di beberapa suplemen serat yang bisa kita dapatkan di toko atau apotek. Biasanya, psyllium digunakan untuk mengatasi sembelit atau konstipasi. Selain itu, psyllium juga bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan serat harian.

Itulah 6 jenis makanan yang dipercaya menurut riset dan hasil studi memiliki tinggi serat untuk menjaga kesehatan usus serta mecegah diabetes. Sahabat JD.ID bisa konsumsi makanan tersebut untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, kamu juga bisa mengkonsumsi buah-buahan setiap harinya untuk menyeimbangkan asupan vitamin dalam tubuh.

Manfaatkan beragam promosi buah-buah dan sayuran segar di JD.ID. Melalui JD Fresh Mart, Sahabat JD.ID bisa berbelanja kebutuhan buah dan sayuran lebih nyaman cukup di rumah saja.