Jadikan Jalan Kaki Sebagai Olahraga Rutin yang Simpel dan Kaya Manfaat

0
163

Jalan kaki bisa dijadikan rutinitas olahraga yang mudah dilakukan namun tetap kaya manfaat. Kebiasaan baik berolahraga tidak harus dimulai dengan menu-menu latihan yang berat. Berjalan kaki juga bisa menjadi pilihan kardio yang paling gampang untuk dipraktikkan.

Sahabat JD.ID bisa melakukanya setiap pagi di dekat rumah, sebelum memulai aktivitas harian. Waktunya juga bisa disesuaikan dan tidak membutuhkan pendampingan dari personal trainer seperti ketika di gim.

Namun jalan kaki tetap memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kebugaran tubuh termasuk jika berniat menurukan berat badan. Hanya saja, kita harus membedakan antara jalan kaki biasa dengan yang dimaksudkan sebagai olahraga.

Tentukan tujuan kita berjalan kaki dan atur rencana bagaimana menu olahraga ringan itu akan dilakukan. Namun ada beberapa hal yang sebaiknya dipertimbangkan jika kita ingin menjadikan jalan kaki sebagai olahraga, alih-alih gerakan mobilitas biasa.

Gunakan perlengkapan yang tepat Gunakan perlengkapan yang tepat jika ingin berolahraga dengan jalan kaki. Tidak perlu sepatu khusus yang mahal namun pilihlah alas kaki yang nyaman dan tertutup seperti sepatu hiking, sepatu tenis atau sepatu lari.

Untuk wanita, penggunaan bra olahraga juga bisa membantu mengurangi kelembaban dan gesekan di payudara ketika berjalan kaki.

Sebelum jalan kaki, lakukan pemanasan untuk meningkatkan aliran darah dan mengaktifkan otot-otot yang akan digunakan saat berjalan seperti pinggul dan paha depan. Misalnya leg swing, lunge walk, calf raise, toe tap, atau kombinasi apa pun yang membuat tubuh menjadi lebih rileks.

Tips penting untuk menjadikan jalan kaki sebagai olahraga adalah menambah durasinya. Jumlahnya bisa berbeda-beda untuk setiap orang namun pastikan untuk menambah durasinya atau melakukan variasi kecepatan pada prosesnya.

Posisi tubuh kita ketika berjalan bisa mempengaruhi banyak hal termasuk manfaatnya sebagai olahraga dan risiko cedera. Idealnya, jaga agar siku ditekuk sekitar 90 derajat dan ayunkan lengan dari bahu setiap berjalan.

Cobalah untuk tidak membiarkan tangan melewati bagian tengah tubuh dan jaga agar pergelangan tangan tetap kuat namun genggaman tetap rileks.

Tingkatkan kualitas dan kecepatan kita berjalan kaki dengan metode interval. Misalnya dengan jalan santai selama 15 menit, dilanjutkan berjalan cepat selama dua menit dan memperlambat langkah beberapa menit berikutnya. Ulangi pola tersebut sesuai dengan kemampuan tubuh kita agar olahraga jalan kaki yang kita lakukan semakin optimal.

Tingkatkan intensitas olahraga kita dengan membawa beban setiap kali berjalan kaki seperti dumbel ringan atau botol minum. Jalan kaki mengaktifkan otot inti, betis, pahan depan, paha belakangan dan banyak lainnya.

Namun beban yang dibawa akan membuat workout menjadi lebih optimal dan menstimulasi tubuh bagian atas. Pastikan untuk menjaga bobot tetap seimbang—dan kita merasa nyaman dengan gerakan (tanpa bobot) sebelum menambahkan resistensi ekstra itu.

Alternatif lainnya, gunakan resistance band ketika berjalan kaki untuk meningkatkan kekuatan. Cari lokasi yang cocok di sepanjang perjalanan untuk melakukan sejumlah gerakan yang dibantu dengan resistance band misalnya saja monster walk, pull down atau gerakan trisep.

Akhiri sesi olahraga jalan kaki dengan peregangan guna mengurangi ketegangan dan kelelahan yang dirasakan. Hal ini membuat tubuh mendapatkan pola yang lengkap sekaligus mencegah risiko.

Itulah manfaat yang bisa Sahabat JD.ID rasakan ketika rutin jalan kaki sebagai olahraga, untuk aktivitas outdoor lainnya juga bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh kalian. Temukan beragam kebutuhan perlengkapan outdoor di JD.ID dan juga gunakan promosi yang ada agar belanja kamu lebih menyenangkan.