Untuk menjaga kesehatan tubuh, olahraga merupakan kunci utama agar badan terhindar dari berbagai macam penyakit. Selain itu, mengatur pola makan sehat merupakan kunci utama dalam menjaga kesehatan tubuh Anda terlebih organ jantung. Mengkonsumsi makanan dengan lemak trans, lemak jenuh dan gula yang tinggi sudah pasti harus dihindari demi memiliki jantung yang sehat.

Namun, dari sekian banyak makanan yang menjadi pantangan bagi orang dengan penyakit jantung, banyak pula makanan yang boleh dikonsumsi dan baik untuk kesehatan organ vital satu ini, yaitu buah-buahan.

Banyak kandungan penting dalam buah yang dapat membasmi kolesterol jahat dari dalam tubuh. Menurut penelitian, makan buah setiap hari selama 6 bulan dapat menurunkan kolesterol hingga 25%! Jadi, dengan rajin mengonsumsi buah-buahan berikut ini, kolesterol jahat hilang, jantung pun lebih sehat! Untuk itu, simak daftar buah-buahan berikut ini yang layak di konsumsi sehari-sehari demi menjaga kesehatan jantung.

 

1. Aprikot

Buah yang baik untuk jantung pertama adalah buah aprikot. Aprikot memiliki nutrisi yang dapat memperkuat jantung seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K, selain di penuhi nutrsi yang dibutuhkan oleh jantung, buah ini pun kaya akan serat, kalium, dan karotenoid. Vitamin C dalam buah berperan untuk mencegah kerusakan jantung akibat radikal bebas. Kalium dapat menurunkan tekanan darah dengan melemaskan pembuluh darah dan arteri.

Sementara karotenoid selain memberi warna pada buah aprikot, juga sebagai antioksidan. Karotenoid mempunyai manfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga terhindar dari berbagai risiko penyakit. Baik aprikot segar maupun yang kering, keduanya sama-sama berkhasiat untuk kesehatan jantung. Biasanya aprikot segar seringkali  dijadikan topping pada hidangan sereal ketika sarapan pagi.

 

2. Buah Beri

Buah yang tergabung dalam kelompok buah beri ini antara lain adalah stroberi, bluberi, dan rasberi. Kelompok buah beri ini merupakan buah yang kaya dengan sumber vitamin C dan antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung. Antioksidan pada buah ini mampu mencegah kerusakan sel, melebarkan pembuluh darah, serta menurunkan tekanan darah.

Selain kandungan tersebut, buah-buah beri juga mengandung folat, mangan, serat, dan kalium. Mengkonsumsi tiga porsi buah beri setiap minggu diketahui mampu menurunkan risiko penyakit jantung hingga 32 persen.

 

3. Jeruk

Buah-buahan lain yang kaya dengan vitamin adalah jeruk, jeruk banyak mengandung vitamin A, vitamin B6, dan vitamin C, folat, kalium dan serat, yang semuanya bagus untuk kesehatan jantung. Selain bermanfaat untuk jantung, jeruk juga bisa menunjang sistem imun tubuh kamu.

Serupa dengan jeruk, jeruk bali yang berukuran lebih besar pun mengandung vitamin C, kalium, kalsium, dan flavonoid. Buat kamu yang mengonsumsi obat penurun kolesterol yang mengandung statin, jeruk bali bisa kalian konsumsi untuk menghambat kerja obat tersebut.

 

4. Kiwi

Buah yang mempunyai manfaat baik untuk kesehatan jantung berikutnya adalah kiwi. Buah kiwi mengandung vitamin E yang sangat penting untuk menghambat oksidasi kolesterol jahat (LDL). Tak hanya vitamin E, kiwi juga memiliki vitamin A dan C serta serat dan magnesium yang tak kalah penting bagi jantung.

Jangan salah dalam memilih buah ini sebab kiwi yang sudah agak lembek yang sebenarnya bagus. Kiwi juga sangat mudah didapatkan karena biasanya tersedia sepanjang tahun.

5. Persik

Bertumbuh baik di iklim tropis, buah persik atau yang biasa dikenal dengan nama peach juga masuk dalam daftar buah yang baik untuk kesehatan jantung. Buah persik mengandung serat, kalium, dan vitamin C, vitamin E dan vitamin K.

Dalam buah persik juga terdapat senyawa fenolik yang bisa mengurangi kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Seperti diketahui, kolesterol LDL berdampak buruk bagi kesehatan jantung. Jadi, semakin rutin mengonsumsi buah persik, semakin sehat pula jantungmu.

 

6. Pisang

Pisang memiliki kandungan vitamin B6 dan C, serat, magnesium dan kalium yang menjadikan pisang sebagai buah yang bagus untuk jantung. Menjaga detak jantung tetap normal serta menjaga tekanan darah tetap pada batas normal adalah peran kalium dan natrium yang terkandung pada pisang.

Tekanan darah terkontrol sama dengan terhindar dari hipertensi, artinya pisang mampu mencegah salah satu faktor pemicu serangan jantung. Sangat banyak cara menikmati buah pisang karena rasanya yang manis. Bisa dimakan langsung, dijadikan smoothie, campuran yoghurt dan salad buah, dan masih banyak lainnya yang bisa kamu kreasikan sesukamu.

Pisang juga bagus dikonsumsi sebelum dan setelah olahraga. Olahraga merupakan salah satu langkah mencegah serangan jantung.

Semua kebutuhan buah-buahan untuk dikonsumsi sehar-hari, dapat kamu penuhi dengan berbelanja di JD.ID. Sebagai sebuah perusahaan e-commerce terbesar di Indonesia dan juga terafeliasi JD.com, JD.ID hadir untuk melengkapi seluruh kebutuhan kamu agar lebih mudah. Hanya di JDMart, JD.ID hadirkan buah-buahan yang dijamin kesegarannya untuk kamu konsumsi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here