Ketahui, Alasan Kenapa Pentingnya Olahraga di Masa Tua

0
19

Demi menjaga kesehatan fisik dan mental di hari tua, ada satu cara yang dapat Sahabat JD.ID lakukan adalah berolahraga. Berbagai penelitian mengungkap manfaat dari berolahraga bagi orang berusia lanjut, seperti penurunan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah, diabetes, beberapa jenis kanker, depresi dan demensia.

Namun penelitian menunjukkan hanya satu dari empat orang berusia lanjut yang rajin berolahraga. Sedangkan, hampir setengahnya sama sekali tidak aktif berolahraga. Aktivitas kardio, entah itu berjalan, berlari, bersepeda, atau berenang, memberikan efek yang bermanfaat baik secara fisik maupun mental.

Kardio membantu menurunkan tekanan darah, mengendalikan gula darah dan kolesterol dengan lebih baik, membantu meningkatkan respons tubuh terhadap stres dan membangun daya tahan kita.

Dengan olahraga Sahabat JD.ID dapat memacu pelepasan protein yang disebut neurotropik atau faktor pertumbuhan. Singkatnya, olahraga menyebabkan sel-sel saraf tumbuh dan membuat koneksi baru.

Peningkatan fungsi otak membuat kita merasa lebih baik. Para peneliti menemukan, olahraga aerobik atau kardio dapat meningkatkan ukuran bagian otak yang disebut hippocampus. Bagian otak ini akan mengecil seiring bertambahnya usia seseorang, sehingga orang berusia lanjut berisiko mengalami demensia lebih tinggi.

Orang yang berusia di atas 65 tahun harus melakukan latihan intensitas sedang selama 150 menit per minggu, atau latihan intensitas tinggi sekitar 75 menit per minggu. Latihan intensitas sedang termasuk mendaki, berjalan kaki, atau bersepeda.

Sedangkan latihan intensitas tinggi meliputi berenang cepat, jogging, atau bermain tenis. Factora menyarankan untuk mempraktikkan latihan kekuatan (strength training) dua hari dalam seminggu untuk menjaga kekencangan otot. Sahabat JD.ID membutuhkan otot-otot dalam kondisi yang baik untuk menjaga postur, keseimbangan, membantu mengurangi risiko jatuh.

Latihan kardiovaskular sebaiknya dimulai secara perlahan-lahan. Jika kita ingin berjalan kaki dan kita mudah lelah, mulailah dari waktu lima menit. Tambahkan jumlah waktu olahraga sebelum beristirahat dan tambah sampai 30 menit. Agar olahraga jadi gaya hidup, kuncinya adalah memilih sesuatu yang kita nikmati. Pilih sesuatu yang kita suka lakukan dan berkomitmen dengan hal

Agar olahraga jadi gaya hidup, kuncinya adalah memilih sesuatu yang kita nikmati. Pilih sesuatu yang kita suka lakukan dan berkomitmen dengan hal itu. Atau, jika Sahabat JD.ID lebih menyesukai olahraga lain kamu bisa lakukan olahraga sesuai dengan apa yang kamu suka. Badminton bisa menjadi olahraga yang bisa kamu lakukan.

Temukan beragam perlengkapan olahraga dan juga olahraga badminton hanya di JD.ID #DijaminOri.