Ketahui Cara Menghilangkan Ketombe Pada Rambut

0
360

Menghilangkan ketombe dapat dilakukan dengan berbagai cara, termasuk dengan menggunakan produk anti-ketombe dan perawatan di salon atau klinik. Namun, sebagian orang yang mengalami masalah ketombe mungkin mencari cara menghilangkan ketombe secara alami yang dapat dilakukan di rumah.

Adapun gejala ketombe yang umum terjadi seperti kulit kepala yang gatal dan terdapat serpihan putih. Menurut Journal of Clinical and Investigative Dermatology seperti dikutip Today, masalah ketombe biasanya dimulai sejak masa pubertas dan mulai berkurang ketika memasuki usia 50 tahun.

Masalah ketombe bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kulit kepala yang teriritasi dan berminyak, kulit kepala kering, jamur yang memakan minyak di kulit kepala, kepekaan terhadap produk perawatan rambut, dan kondisi kulit yang mendasari, seperti psoriasis dan eksim. Kulit akan terus-menerus berganti dan sel-sel tua akan didorong keluar karena mati dan mulai mengelupas.

Biasanya, serpihan sel-sel tua tersebut berukuran kecil dan tidak mencolok. Namun, pada orang-orang yang memiliki masalah ketombe, sel-sel kulit berganti lebih cepat daripada siklus normal.

Oleh karena itu, kulit sering kali mengelupas dalam gumpalan yang lebih besar dan berminyak sehingga lebih terlihat. Meski tidak menular atau merupakan masalah serius, namun ketombe bisa membuat seseorang merasa malu dan memengaruhi kepercayaan diri, serta bisa sulit diatasi.

Tingkat keparahan ketombe berbeda pada setiap kasus. Cara menghilangkan ketombe ringan bisa dilakukan dengan sampo anti-ketombe. Namun, pada kasus yang lebih berat, seseorang mungkin memerlukan sampo pengobatan.

Sahabat JD.ID bisa temukan beragam produk perawatan rambut yang kalian butuhkan dengan berbelanja di JD.ID, serta manfaatkan promosi yang bisa Sahabat JD.ID gunakan untuk membeli beragam produk perawatan rambut di JD.ID #DijaminOri.