Ketahui Manfaat Berlatih Yoga Guna Bantu Tingkatkan Imun Tubuh

0
218

Pandemi Covid-19 yang berkepanjangan mengharuskan kita memiliki sistem imun yang baik. Sayangnya, pola makan yang buruk dan kurang tidur bisa membuat kemampuan tubuh untuk mempertahankan diri dari bakteri maupun virus menurun. Kondisi tersebut dapat diperburuk dengan stres jangka panjang.

Ada banyak cara untuk meningkatkan sistem imun, salah satunya dengan melakukan latihan yoga. Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa yoga adalah salah satu penguat kekebalan alami dan paling efektif untuk menghasilkan tubuh yang sehat.

Yoga juga diketahui dapat menurunkan hormon stres dan memperkuat sistem saraf sekaligus menstimulasi sistem limfatik yang bertugas mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Di samping itu, yoga mampu menenangkan pikiran dan berkontribusi pada pengaturan tidur yang lebih nyenyak. Sebab, tidur sangat penting untuk penyembuhan dan pemeliharaan sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Selain menimbulkan efek fisik secara nyata, Covid-19 juga berimplikasi pada kesehatan mental yang menyebabkan depresi. Depresi adalah penyakit yang bisa memengaruhi otak kita, ini pada dasarnya adalah reaksi terhadap sesuatu yang menyedihkan dan jika memburuk dapat mengarah pada apa yang kita sebut sebagai depresi klinis

Maka dari itu, latihan yoga bisa menjadi pilihan terbaik yang tidak memiliki efek samping apa pun untuk depresi dibandingkan dengan obat-obatan. Manfaat yoga atau meditasi bisa dirasakan dalam waktu singkat melalui teknik pernapasan secara mendalam yang membuat otot-otot lebih rileks. Berlatih yoga untuk jangka panjang juga membantu kita membangun hubungan pikiran dan tubuh, yang memperkuat seberapa besar kendali kita sebenarnya atas keduanya.

Bagi orang-orang yang sudah menderita gangguan kesehatan mental seperti OCD, kecemasan, dan stres, latihan yoga dapat membantu pikiran, serta tubuh menjadi lebih rileks. Luangkan waktu di awal dan akhir sesi yoga atau cukup sekali dalam sehari bernapas dalam-dalam selama setidaknya 2-3 menit dan kita dapat melihat perbedaannya tanpa menggerakkan otot,

Untuk Sahabat JD.ID, jangan sampai tidak beraktivitas olahraga di tengah pandemic covid-19 seperti saat ini. Menjaga kesehatan tubuh dan mental memang menjadi prioritas utama saat ini. Berlatih yoga bisa menjadi alternative beraktifitas di tengah sibuknya aktifitas kamu sehari-hari.

Pandemi Covid-19 yang berkepanjangan mengharuskan kita memiliki sistem imun yang baik. Sayangnya, pola makan yang buruk dan kurang tidur bisa membuat kemampuan tubuh untuk mempertahankan diri dari bakteri maupun virus menurun. Kondisi tersebut dapat diperburuk dengan stres jangka panjang.

Ada banyak cara untuk meningkatkan sistem imun, salah satunya dengan melakukan latihan yoga. Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa yoga adalah salah satu penguat kekebalan alami dan paling efektif untuk menghasilkan tubuh yang sehat.

Yoga juga diketahui dapat menurunkan hormon stres dan memperkuat sistem saraf sekaligus menstimulasi sistem limfatik yang bertugas mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Di samping itu, yoga mampu menenangkan pikiran dan berkontribusi pada pengaturan tidur yang lebih nyenyak. Sebab, tidur sangat penting untuk penyembuhan dan pemeliharaan sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Selain menimbulkan efek fisik secara nyata, Covid-19 juga berimplikasi pada kesehatan mental yang menyebabkan depresi. Depresi adalah penyakit yang bisa memengaruhi otak kita, ini pada dasarnya adalah reaksi terhadap sesuatu yang menyedihkan dan jika memburuk dapat mengarah pada apa yang kita sebut sebagai depresi klinis

Maka dari itu, latihan yoga bisa menjadi pilihan terbaik yang tidak memiliki efek samping apa pun untuk depresi dibandingkan dengan obat-obatan. Manfaat yoga atau meditasi bisa dirasakan dalam waktu singkat melalui teknik pernapasan secara mendalam yang membuat otot-otot lebih rileks. Berlatih yoga untuk jangka panjang juga membantu kita membangun hubungan pikiran dan tubuh, yang memperkuat seberapa besar kendali kita sebenarnya atas keduanya.

Bagi orang-orang yang sudah menderita gangguan kesehatan mental seperti OCD, kecemasan, dan stres, latihan yoga dapat membantu pikiran, serta tubuh menjadi lebih rileks. Luangkan waktu di awal dan akhir sesi yoga atau cukup sekali dalam sehari bernapas dalam-dalam selama setidaknya 2-3 menit dan kita dapat melihat perbedaannya tanpa menggerakkan otot,

Untuk Sahabat JD.ID, jangan sampai tidak beraktivitas olahraga di tengah pandemic covid-19 seperti saat ini. Menjaga kesehatan tubuh dan mental memang menjadi prioritas utama saat ini. Berlatih yoga bisa menjadi alternative beraktifitas di tengah sibuknya aktifitas kamu sehari-hari.

Dapatkan segala kebutuhan olahraga dan juga yoga Sahabat JD.ID hanya di mobile apps dan laman resmi JD.ID. Serta dapatkan penawaran harga khusus di periode bulan Mei ini secara khusus hanya di JD.ID #DijaminOri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here