Pagi hari merupakan waktu paling sibuk di rumah. Apalagi jika kamu sudah berkeluarga. Berbagai persiapan dilakukan untuk menyambut aktivitas sepanjang hari.  Kamu pasti rutin melakukan mandi, berganti baju, menyiapkan berbagai peralatan, hingga dokumen-dokumen penting yang harus dibawa ketika akan menuju ke kantor. Tetapi, ada aktivitas penting lain yang kerap terlupakan. Menyantap sarapan.

Rupanya sarapan pagi amat penting untuk menjaga organ pencernaan. Menurut Academy of Nutrition and Dietetics, sarapan merupakan sumber energi pertama untuk memulai aktivitas seharian yang membutuhkan banyak energi.

Manfaat Sarapan Pagi Secara Teratur

1. Metabolisme Lebih Baik

Pada pagi hari, tubuh dalam keadaan tidak optimal setelah bekerja semalaman. Dengan sarapan yang kamu makan, kamu memberikan sinyal kepada tubuh bahwa pagi kamu siap untuk dimulai. Dengan begitu, otomatis tubuh akan dalam keadaan siap untuk melakukan aktivitas sehari-hari dengan lebih baik. Selain itu metabolisme tubuh juga terjaga karena ada asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh.

2. Mencegah Makan Berlebihan

Salah besar bila kamu tidak sarapan pagi karena sedang diet. Sebab manfaat sarapan pagi secara teratur adalah mencegah kamu makan berlebihan. Umumnya jika kamu tidak sarapan, justru nantinya hasrat untuk mengkonsumsi banyak makanan lebih tinggi pada siang hari.

Karena rasa lapar yang berlebih, kamu mungkin akan memesan dan mengkonsumsi makanan yang lebih dari ukuran normal pada saat makan siang. Selain itu, bisa jadi malah kamu lampiaskan rasa lapar dengan ngemil yang amat sangat mungkin menambah berat badan kamu.

3. Memberikan Nutrisi Dasar Untuk Tubuh

Sarapan pagi juga berarti memenuhi jumlah vitamin serta mineral yang dibutuhkan oleh tubuh dalam satu hari. Jika kamu melewatkan satu kali sarapan, berarti tubuh akan kehilangan sebagian nutrisi penting yang seharusnya dipenuhi pada saat sarapan. Ini akan berdampak buruk bagi kesehatan kamu, meskipun pada awal tidak terlihat namun berpengaruh pada kesehatan Kamu di masa yang akan datang.

4. Semangat Dalam Menjalani Aktifitas

Seperti dijelaskan sebelumnya, dengan sarapan pagi konsentrasi kamu akan lebih baik. Tentu saja hal itu juga berdampak pada semangat yang tinggi pada diri kamu. Karena fokus yang tinggi, kamu juga akan dapat melakukan berbagai pekerjaan dengan baik dan bersemangat. Pekerjaan yang dilakukan semangat tentu akan memberikan suatu hasil yang memuaskan pula, bukan?

5. Meminimalisir Masalah Kesehatan

Beberapa studi menunjukkan bahwa melewatkan waktu sarapan dalam jangka panjang menyebabkan masalah – masalah kesehatan seperti penyakit jantung dan diabetes. Selain itu juga ditemukan bahwa orang yang tidak sarapan dengan teratur memiliki masalah dengan kolesterol darah dan insulin. Oleh karena itu, dengan sarapan secara teratus kamu juga dapat menjaga kesehatan tubuh.

6. Mengatur Kadar Gula Dalam Darah

Seperti yang kita telah bahas sebelumnya bahwa manfaat sarapan pagi secara teratur membantu tubuh memulai aktivitas dengan lebih baik. Dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, khususnya makanan mengandung karbohidrat, vitamin serta protein akan membantu tubuh dalam menjaga keseimbangan kadar gula dalam darah.

Seseorang yang makan cukup karbohidrat saat sarapan, tidak akan merasa lapar serta kadar gula dalam darahnya akan seimbang sehingga tidak mudah emosi. Selain itu, dengan kadar gula yang seimbang juga menghindarkan tubuh dari resiko terkena diabetes.

Itulah beberapa manfaat sarapan pagi secara teratur sebelum beraktifitas di pagi hari. Jangan lupa untuk pilih konsumsi makanan yang sehat saat sarapan pagi kamu. Di JD.ID, kamu dapat penuhi kebutuhan nutirsimu dengan berbagai pilihan sarapan sehat yang bisa kamu konsumsi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here