Konsumsi Kurma Saat Buka Puasa, Amankah Untuk Dikonsumsi Penderita Diabetas

0
247

Sahabat JD.ID, mungkin diantara kamu sudah mengetahui manfaat kurma untuk kesehatan, terutama untuk menjadi menu berbuka puasa. Namun, tak sedikit orang dengan diabetes yang khawatir mengonsumsi kurma karena takut kondisi kesehatannya terganggu. Bagaimana faktanya, amankah penderita diabetes makan kurma saat buka puasa?

Kurma sebetulnya aman dikonsumsi selama diabetes seseorang terkontrol. Sebenarnya orang diabetes sepanjang diabetesnya terkontrol aman saja makan kurma, tapi memang tidak berlebihan. Bagi penderita diabetes yang ingin mengonsumsi kurma sebagai menu buka puasa,  di anjurkan untuk mengonsumsinya dalam jumlah moderat, yakni tiga hingga lima butir.

Banyak penelitian sebetulnya menemukan bahwa ada sifat anti-diabetes dalam sebutir kurma. Misalnya, disebutkan dalam penelitian-penelitian tersebut kurma mengandung senyawa-senyawa polifenol yang bersifat antioksidan, mampu menghambat enzim-enzim seperti alfa amilase dan alfa glukosidase, hingga dapat menstimulasi sel beta di dalam pankreas sehingga dapat meningkatkan sekresi insulin dan memperbaiki kondisi komplikasi akibat diabetes.

Itulah informasi singkat yang harus Sahabat JD.ID ketahui saat ingin mengkonsumsi kurma saat berbuka puasa. Sahabat JD.ID bisa temukan berbagai kebutuhan puasa seperti sayuran fresh, sayuran maupun kebutuhan lainnya di JD.ID. Temukan promo menarik selama bulan Ramadhan hanya di JD.ID #DijaminOri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here