Lakukan Kebiasaan Ini Setiap Pagi untuk Bantu Menurunkan Berat Badan

0
204

Selama beraktifitas di rumah saja, mungkin kamu terlihat lebih gemuk saat ini. Karena lebih sering makan dan juga tidak melakukan aktifitas olahraga. Oleh karena itu, untuk menurunkan berat badan, ada yang mengikuti program diet tertentu.

Ada juga yang olahraga habis-habisan demi membakar lebih banyak kalori tubuh. Tapi bila program menurunkan berat badan disertai stres, maka sulit untuk mencapai berat badan yang diinginkan.

Bagi yang ingin menurunkan berat badan tapi tak mau terlalu stres dengan berbagai program diet yang rumit, bisa coba mulai dari melakukan sejumlah kebiasaan sehat pada pagi hari.

1. Sarapan Tinggi Protein

Makan sarapan dengan tinggi protein dapat membantu kamu mengendalikan nafsu makan. Protein dapat bantu menurunkan berat badan dengan menurunkan kadar ghrelin atau hormon lapar yang berfungsi meningkatkan nafsu makan.

Dalam sebuah penelitian yang melibatkan 20 perempuan dewasa, mengonsumsi sarapan tinggi protein dapat lebih efektif menurunkan nafsu makan setelah makan daripada mengonsumsi sarapan dengan protein normal.

Dengan makan sarapan tinggi protein, kita bisa kenyang lebih lama dan lebih mudah mengendalikan nafsu makan.

2. Minum Air Putih

Awali harimu dengan minum satu atau dua gelas air. Dalam sebuah penelitian kecil, minum 500 ml air dapat meningkatkan laju metabolisme sebanyak kurang lebih 30%. Dalam sebuah penelitian lain yang melibatkan 24 orang dewasa, ditemukan bahwa minum 500 ml air dapat mengurangi kalri yang dikonsumsi saat sarapan sebanyak 13%.

Mengawali pagi dengan minum air putih dan mencukupi kebutuhan cairan sepanjang hari adalah salah satu cara terbaik untuk menurunkan berat badan dengan upaya minimal.

3. Dapatkan Paparan Sinar Matahari Pagi

Mendapatkan paparan sinar matahari bisa bantu meningkatkan kadar vitamin D dalam tubuh. Sejumlah penelitian menemukan bahwa memenuhi kebutuhan vitamin D dapat bantu menurunkan berat badan dan mencegah kenaikan berat badan. B

Banyaknya paparan sinar matahari yang dibutuhkan bisa berbeda tergantung dari jenis kulit, musim, dan lokasi kita. Namun, mendapatkan paparan sinar matahari selama 10-15 menit setiap pagi bisa memberi dampak positif terhadap usaha menurunkan berat badan.

4. Olahraga Pagi

olahraga pagi

Berolahraga pada pagi hari dapat membantu menjaga kestabilan gula darah sepanjang hari. Karena bila gula darah rendah, efeknya bisa negatif seperti nafsu makan yang berlebihan. Sebuah penelitian yang melibatkan 35 orang dengan diabetes tipe 1 menunjukkan bahwa berolahraga pada pagi hari berkaitan dengan kontrol gula darah yang lebih baik.

Meski memang penelitian lebih lanjut tentang efek olahraga pagi masih diperlukan lagi pada populasi yang lebih luas dan umum.

Empat kebiasaan tersebut bisa menjadi kebiasaan awal yang bisa kamu dalam usaha menurunkan berat badan. Setidaknya ambil langkah pertama yang baik untuk melakukan perubahan positif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here