Lakukan Olahraga yang Aman Selama di Rumah Saja, Seperti Ini Caranya

0
509

Berolahraga menjadi salah satu aktivitas yang banyak dilakukan orang selama pandemi Covid-19. Selain mengisi waktu, olahraga juga bisa membuat tubuh selalu bugar. Tren berolahraga di rumah semakin meningkat akibat ditutupnya gym dan pusat olahraga.

Karena tidak ada pilihan, akhirnya banyak orang memilih untuk menggerakkan tubuhnya sembari menonton video panduan di internet. Walau aktivitas ini punya segudang manfaat, tak sedikit orang yang justru mengalami cedera karena tidak berolahraga dengan benar.

Mereka mengeluhkan nyeri di punggung bawah, keseleo pergelangan kaki, hamstring, dan masih banyak lagi. Agar kamu tidak mengalami kejadian itu, sebaiknya olahraga di rumah dilakukan dengan langkah yang benar. Supaya lebih paham, simak tipsnya yang berikut ini.

1. Gunakan Ruangan yang Sesuai

Indoor Workouts | Cheapism.com

Tidak semua rumah memiliki gym atau cukup ruang yang dapat dijadikan sebagai tempat berolahraga. Meski begitu, tidak ada salahnya untuk tetap berolahraga di rumah dengan peralatan dan ruang yang ada.

Pastikan ada ruang cukup luas sehingga Sahabat JD.ID tidak menabrak apa pun saat bergerak. Sahabat JD.ID juga bisa menempatkan cermin di ruang olahraga di rumah saat melakukan latihan ketahanan seperti angkat besi.

Alasannya, bentuk tubuh yang kurang tepat adalah penyebab utama cedera saat melakukan latihan ini. Dan, jika kamu hendak berolahraga di permukaan yang keras, siapkan juga handuk untuk mengelap keringat yang menetes di lantai supaya tidak terpeleset.

2. Menggunakan Pakaian Olahraga

The Best Workout Clothes, According to Fitness Trainers

Sebaiknya saat seseorang berolahraga di rumah, mereka mengenakan pakaian yang memungkinkan tubuh bisa bergerak secara nyaman dan bebas. Terutama saat melakukan latihan yang membutuhkan banyak pergerakan, seperti high-intensity interval training atau HIIT.

Selain itu, ada baiknya juga kamu memakai sepatu kets supaya tidak mudah terpeleset atau tersandung saat bergerak. Apabila kamu ingin mencoba sesuatu yang berbeda, kamu bisa bertelanjang kaki.

Para ahli mengatakan ada manfaat berjalan tanpa alas kaki, seperti untuk meningkatkan kekuatan kaki, stabilitas, dan keseimbangan. Dalam hal ini, telanjang kaki juga bisa membantumu saat melakukan suatu gerakan, seperti jongkok.

Namun, kamu harus memposisikan kaki dengan benar dan memastikan lantai harus bebas dari barang-barang yang dapat melukai atau menggores kaki. Sebagai tambahan, bila kamu ingin melakukan latihan angkat beban atau benda lain yang berpotensi menjatuhi jari kaki, sebaiknya pakai saja sepatu selama latihan.

3. Lakukan Pemanasan dan Pendinginan

The Best 5-Minute Warm-Up to Do Before a Strength Workout | SELF

Sedari kecil kita sudah diajari bahwa melakukan pemanasan sebelum berolahraga bisa membuat tubuh terhindar dari risiko cedera. Sebabnya, otot dan sendi menjadi tidak kaku dan memudahkan tubuh saat melakukan gerakan.

Tidak hanya itu, melakukan pendinginan setelah berolahraga juga penting untuk mengembalikan kondis tubuh ke posisi semula. Untuk olahraga berintensitas tinggi, seperti HIIT, Sahabat JD.ID baiknya melakukan peregangan dinamis.

Caranya, dengan mengayunkan kaki sebagai pemanasan dan peregangan statis dengan menyentuh jari kaki. Sementara itu, untuk mengawali latihan kekuatan, mulailah dengan beberapa pengulangan ringan dari latihan yang akan dilakukan.

Tapi, jika kamu baru memulai suatu latihan, ingatlah untuk melakukannya secara perlahan. Mulailah dari intensitas rendah dan mulai tingkatkan dalam beberapa minggu kemudian. Ini akan jauh lebih baik daripada langsung memaksakan tubuh melakukan latihan secara intens di tahap awal.

Itulah 3 tips singkat yang bisa Sahabat JD.ID lakukan saat berolahraga di rumah, gunakan promosi yang tersedia di JD.ID saat kamu ingin berbelanja baju olahraga dan juga perlengkapan olahraga lainnya hanya di JD.ID #DijaminOri.