Lepas Masker di Perbolehkan, Transisi Pandemi ke Endemi

0
253
Jokowi Lepas masker
Source: Youtube - Sekretariat Presiden

Presiden RI, Joko Widodo telah mencetuskan bahwa kini adanya pelonggaran aturan mengenai penggunaan masker. Dengan adanya aturan baru lepas masker di area terbuka, maka dapat dinyatakan bahwa Indonesia kini mulai mengalami transisi dari pandemi ke endemi.

“Pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker. Jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang, maka diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker. Namun untuk kegiatan di ruangan tertutup dan transportasi publik tetap harus menggunakan masker,” ujar Jokowi dalam siaran pers di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (17/5/2022).

Akan tetapi tentunya ada pula syarat dan ketentuan dalam lepas masker yang dikatakan Jokowi. Bagi yang memiliki penyakit komorbid, rentan, ataupun lansia sangat disarankan tetap menggunakan masker di luar area terbuka sekalipun. Tentu saja ini sebagai pencegahan tertularnya Covid-19.

Baca Juga: 5 Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh Agar Terhindar Omicron

“Bagi masyarakat yang masuk kategori rentan, lansia, atau memiliki penyakit komorbid,  maka saya tetap menyarankan untuk menggunakan masker saat beraktivitas. Demikian juga bagi masyarakat yang mengalami gejala batu dan pilek, maka tetap harus menggunakan masker ketika melakukan aktivitas,” lanjut Jokowi.

Penjelasan Menkes dan Satgas Covid-19 mengenai Pelonggaran Prokes dan Pengaturan Perjalanan
Source: Youtube – Sekretariat Presiden

Tak hanya itu saja, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin juga menambahkan bahwa transisi ini dilakukan karena masyarakat pun sudah mulai menyadari bagaimana caranya melakukan protokol kesehatan yang sehat pada diri dan keluarga. Dan itu semua pastinya memerlukan penerapan secara bertahap.

Pelonggaran lepas masker ini juga bukan semata-mata dilakukan tanpa sebab. Hal tersebut mempertimbangkan situasi Covid-19 di Indonesia dan dunia. Menurut Budi, masyarakat Indonesia kini telah memiliki imun tubuh yang cukup baik terhadap varian baru Covid-19, dimana terdapat bukti melalui data bahwa kasus Covid-19 terus menurun dan relatif kecil.

Pernyataan Jokowi mengenai lepas masker tersebut pun rupanya segera ditindaklanjuti oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dengan menerbitkan Surat Edaran (SE) dengan  kebijakan SE No.54/2022 untuk transportasi darat, SE No.55/2022 untuk transportasi laut, SE 56/2022 untuk transportasi udara, dan SE 57/2022 untuk transportasi perkeretaapian yang diberlakukan mulai 18 Mei 2022.

Selain melonggarkan kebijakan menggunakan masker, pemerintah juga memberikan pelonggaran dalam test PCR dan antigen bagi pelaku perjalanan. Aturan ini berlaku bagi masyarakat yang sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis lengkap.

Baca Juga: Madu Hijau Jaga Imun Tubuh Hindari Virus Covid 19

Meski diberlakukan ketetapan dari Jokowi mengenai lepas masker, akan tetapi tak sedikit dari masyarakat yang tetap menggunakan masker. Alasannya dikarenakan masih takut dan juga ingin tetap waspada terhadap Covid-19.

Namun, sesuai dengan kebijakan pemerintah, masyarakat diharuskan menggunakan masker medis tiga lapis, dan mengganti masker setiap empat jam sekali. Hal tersebut bertujuan untuk mencegah penularan virus Covid-19 yang masih menghantui masyarakat Indonesia.

Nah, buat kamu yang sedang mencari berbagai jenis masker keluaran merek ternama dengan kualitas terbaik dan #DijaminORI, tak perlu ragu untuk membelinya secara online di JD.ID.

Selain lengkap, kamu juga bisa membeli beragam masker medis yang kamu butuhkan dengan harga terjangkau melalui promo diskon, cashback, layanan pengiriman cepat, aman, dan gratis ongkir ke seluruh Indonesia. Sebelum kehabisan, yuk borong masker medis yang kamu butuhkan dengan belanja di JD.ID sekarang.