Meskipun dalam menjalankan ibadah puasa Ramadan, kita dilarang untuk mengonsumsi makanan dan minuman sepanjang hari, bukan berarti kita tak bisa menjalaninya tanpa lesu dan lemas.

Lemas dan lesu saat puasa merupakan hal yang wajar terjadi. Namun, jangan biarkan hal itu mematahkan niat kamu untuk berpuasa seharian penuh. Yuk, lebih semangat menjalani ibadah puasa dengan tips atasi lesu dan lemas saat berpuasa berikut!

Perhatikan Asupan Makanan Saat Sahur dan Berbuka Puasa

Saat tengah lapar, kamu mungkin tak begitu memperhatikan makanan apa saja yang sebenarnya baik ataupun tak baik untuk tubuh. Namun, salah memilih makanan saat sahur atau berbuka bisa membuatmu jadi lebih lemas dan lesu dalam menjalani ibadah puasa.

Hindarilah makanan berbahan dasar tepung karena kandungan glukosa yang ada di dalamnya akan membuatmu lebih cepat lesu. Makanan yang digoreng dan asin juga sebisa mungkin dibatasi.

Selama berpuasa, perbanyaknlah konsumsi buah-buahan dan sayuran segar. Telur rebus dan Cokelat Hitam juga bisa jadi pilihan makanan berbuka atau sahur yang baik.

 

Pastikan Kebutuhan Cairan di Dalam Tubuh Terpenuhi

Meskipun tidak bisa minum sepanjang hari, bukan berarti kebutuhan cairan tubuh tak bisa terpenuhi. Konsumsilah 8 hingga 10 gelas air setiap hari selama bulan puasa.

Agar terhindar dari lesu dan lemas, akali pola minum dengan pola 2,4,2 yaitu dua gelas saat sahur, empat gelas saat berbuka puasa, dan dua gelas lagi di malam hari sebelum beristirahat tidur.

 

Tetap Berolahraga

Puasa bukanlah alasan untuk tidak berolahraga. Selain baik untuk kesehatan tubuh, olahraga saat berpuasa juga akan menjaga tubuh untuk tetap fit dan tidak mudah lesu dan lemas saat menjalankan puasa.

Pilihlah olahraga-olahraga ringan dan berada di dalam ruangan untuk menghindari tubuh kekurangan terlalu banyak cairan saat berolahraga.

 

Tidur Lebih Awal, Istirahat yang Cukup

Terkadang, yang membuat lesu dan lemas saat bulan puasa tak hanya perkara makan dan minum, tetapi tidur yang tak cukup. Apalagi, sahabat JD.ID mungkin harus bangun lebih pagi dari biasanya untuk menyiapkan sahur.

Untuk itu, tidurlah lebih awal selama bukan Puasa agar kebutuhan istirahat tercukupi sehingga terbebas dari lesu dan lemas selama menjalankan ibadah puasa keesokkan harinya.

 

Konsumsi Vitamin dan Suplemen Tambahan

Saat berpuasa, tingkatkan daya tahan tubuhmu dengan mengonsumsi vitamin ataupun suplemen kesehatan tambahan. Dengan menjaga daya tahan tubuh, tentu tubuhmu juga nggak akan mudah lesu dan lemas selama menjalani bulan puasa.

Itulah beberapa hal yang bisa Toppers lakukan untuk atasi lesu dan lemas saat berpuasa. Salah satu hal terpenting yang nggak boleh dilupakan adalah “niat” dari puasa itu sendiri. Dengan niat dan tekad yang kuat, tentu lesu dan lemas jadi enggan untuk menghampirimu.

Selama pemberlakuan bekerja dan belajar di rumah, kamu kini tidak usah repot membeli kebutuhan yang kamu inginkan. Kamu cukup membuka web JD.ID di PC atau akses melalui aplikasi JD.ID dari handphone kamu. Penuhi kebutuhan sehar-hari kamu mulai dari, kebutuhan pangansayur-sayurandaging segarbuah-buahanelektronikperelengkapan rumah tanggafashionibu dan anak, dan katagori lainnya hanya di JD.ID

Selamat menjalankan ibadah puasa di Bulan Ramadan untuk kamu semua yang menjalankan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here