Mitos Atau Fakta ? Konsumsi Red Wine Bisa Turunkan Berat Badan

0
742

Sahabat JD.ID, tahukah kamu bahwa red wine banyak dipercaya sebagai minuman yang dapat membantu menurunkan berat badan. Namun banyak pula anggapan jika kandungan kalori dan gulanya tinggi sehingga berdampak buruk pada bobot tubuh.

Alkohol identik dengan minuman yang dapat memicu kenaikan badan. Namun, banyak yang beranggapan jika minuman fermentasi anggur merah ini malah dapat membantu diet yang sedang dijalani. Ada banyak aspek yang bisa menentukan klaim tersebut. Misalnya saja, sebotol red wine mengandung kalori yang sebagian besar datang dari alkohol.

Selain itu, minuman ini juga mengandung kadar gula hasil dari proses pembuatannya. Biasanya jumlahnya bisa berbeda tergantung merk minuman yang kerap dinikmati saat fine dining ini. Namun, sebotol wine ini juga memiliki beberapa kandungan positif yang baik. Misalnya saja seperti senyawa resveratrol dan antioksidan lainnya yang dapat mengontrol gula darah, kesehatan jantung dan peradangan. Senyawa flavonoid yang juga ada di dalamnya membuat minuman ini jadi menu diet yang kerap diaplikasikan di kawasan Mediterania.

Banyak yang mengklaim jika hasil diet dengan red wine lebih signifikan dibandingkan diet ala Amerika. Oleh sebab itu, konsumsi anggur merah dalam kadar sedang dinilai dapat mengurangi kenaikan berat badan. Sayangnya, banyak pula penelitian yang tidak mendukung klaim ini atau sebaliknya.

Riset pada 29 orang obesitas misalnya tidak menunjukkan adanya pengaruh antioksidan red wine pada kadar gula darah. Namun penelitian lain juga menunjukkan jika minuman beralkohol ini dalam jumlah sedang dapat meningkatkan kontrol gula dalam darah. Hal yang mempermudah seseorang mengatur berat badannya.

Terlepas dari perdebatan red wine dapat menurunkan berat badan, akan lebih baik jika membatasi diri dalam menikmati red wine. Perhatikan porsi yang sesuai untuk kebutuhan dan kemampuan tubuh kita. Hal terpenting yang juga perlu dilakukan yakni menghitung jumlah asupan kalori harian. Minum red wine setiap hari tak akan mengganggu diet jika disertai dengan defisit kalori yang memadai.

Penuhi kebutuhan kesehatan dan juga olahraga hanya di JD.ID, Sahabat JD.ID bisa belanjakan kebutuhan buah-buahan fresh kalian di JD.ID.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here