Pentingnya Konsumsi Suplemen Vitamin D untuk Hadapi Pandemi Covid-19

0
413

Gelombang pandemi Covid-19 fase kedua mengancam Indonesia dengan peningkatan jumlah kasus yang terjadi di berbagai daerah. Masyarakat dianjurkan untuk memperketat protokol kesehatan, termasuk dengan adanya larangan mudik menjelang perayaan Idul Fitri.

Hal yang tak kalah pentingnya adalah asupan makanan dan vitamin untuk meningkatkan imunitas tubuh. Vitamin D amat diperlukan tubuh untuk melawan virus corona sehingga kerap dijadikan terapi bagi para pasien Covid. Selain itu, angka mortalitas pada orang yang terinfeksi Covid-19 lebih tinggi pada orang yang kekurangan vitamin D.

Sayangnya, masih banyak masyarakat Indonesia yang mengalami defisiensi vitamin D. Data dari South East Asian Nutrition Surveys (SEANUTS) 2011-2012 menyatakan, hal ini terjadi pada anak Indonesia usia 2 sampai 12 tahun sebanyak 38,76 persen dan ibu hamil sebanyak 61,25 persen.

Selain itu, kondisi ini dialami pula oleh 63 persen perempuan dewasa yang berusia 18-40 tahun dan 78,2 persen masyarakat pada usia lanjut. Hal ini tentu saja menjadi sesuatu yang mencengangkan dengan status Indonesia sebagai negara tropis. Kita bisa mendapatkan sebanyak mungkin vitamin D dengan gratis dan mudah hanya dari paparan sinar matahari.

Cara mudahnya adalah dengan mengoptimalkan kadar vitamin D dalam tubuh. Caranya dengan rutin berjemur di bawah panas matahari dan konsumsi makanan bergizi. Sebagai pelengkap dan pencegahan menghadapi kondisi pandemi yang memburuk, ia menyarankan untuk mengonsumsi suplemen guna memenuhi kebutuhan vitamin harian.

Mengantisipasi kekurangan vitamin D, tubuh kita butuh sekitar 600 sampai 1000 IU per hari. Defisiensi vitamin D yang terjadi pada sebagian besar masyarakat Indonesia terjadi karena berbagai hal. Misalnya saja kekhawatiran kulit akan menggelap karena terpapar sinar matahari dan kebiasaan menggunakan pakaian tertutup. Oleh karena itu, pembentukan vitamin D alami tidak berjalan optimal meski sinar mentari berlimpah.

Suplemen yang tersedia di pasaran saat ini kebanyakan mengandung 400 IU. Karena itu, produk kesehatan tersebut kurang optimal untuk mendongkrak kadar vitamin D khususnya untuk menjaga imunitas di masa pandemi. Mengkonsumsi vitamin D sangat esensial untuk menghadapi virus Corona sehingga menjadi salah satu terapi yang saat ini diberikan kepada pasien Covid-19.

Untuk menjaga keadan tubuh agar tetap prima menjelang hari raya, Sahabat JD.ID disarankan untuk mengkonsumsi vitamin d secara rutin. Temukan berbagai kebutuhan vitamin dengan harga yang ramah di kantong dengan berbelanja di JD.ID. Dapatkan kupon hingga Rp 40,000 dan Sahabat JD.ID bisa menghemat 60% setiap berbelanja multivitamin di JD.ID.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here