Pilih Jus atau Smoothie, Mana yang Lebih Sehat ?

0
168

Konsumsi jus sayur atau buah seringkali menjadi solusi bagi sebagian orang yang tidak memiliki cukup waktu untuk makan sayur dan buah dalam bentuk utuh. Selain jus, opsi lainnya adalah smoothie.

Apa perbedaannya dengan jus? Smoothie tak hanya terdiri dari sayur atau buah yang dicampur dengan cairan (air atau susu), tetapi juga seringkali digabungkan dengan kacang-kacangan, biji-bijian, suplemen seperti bubuk protein, bubuk matcha, dan dihiasi oleh topping.

Topping smoothie pada umumnya adalah bahan makanan seperti granola atau potongan cokelat hitam. Jus dan smoothie sama-sama terdiri dari sayur dan buah. Mana di antara keduanya yang menjadi opsi lebih sehat?

Ahli Gizi Winda Ekayanti, MND, APD menjelaskan, dalam hal kalori, buah-buahan dan sayur-sayuran cenderung rendah kalori jika dibandingkan dengan jenis makanan lainnya. Oleh karena itu, keduanya aman dikonsumsi. Namun, menurutnya smoothie cenderung lebih baik daripada jus.

Sedangkan jus, kata Winda, pada umumnya hanya diambil sari-sari buah dan sayurnya serta biasanya juga mengandung fruktosa (pemanis), terutama jika jus terdiri dari buah-buahan.

Apalagi, beberapa buah mengandung fruktosa atau gula, sehingga hanya direkomendasikan mengonsumsinya maksimal dua porsi sehari.

Sementara untuk smoothie, meskipun sehat, namun disarankan mengkonsumsinya tetap dikombinasikan dengan pola makan sehat dan seimbang.

Misalnya, kita mengonsumsi smoothie di pagi hari, maka di waktu makan lainnya kita harus memenuhi kebutuhan kalori dengan sumber makanan sehat lainnya, termasuk sayur-sayuran dalam bentuk utuh.

Nah, Jangan lupa juga akses laman dan applikasi JD.ID untuk belanja keperluan kamu selama #Dirumahaja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here