Proteksi Diri dan Keluarga dari Virus Corona

0
5574

Jumlah kematian akibat virus corona telah mencapai angka lebih dari 1.000 orang di seluruh dunia. Sementara itu, secara global, total 1.013 orang meninggal dunia, termasuk satu kasus kematian di Hong Kong dan satu kasus kematian di Filipina. Namun yang menariknya, pemerintah Indonesia menyatakan belum ada kasus positif terkait Virus Corona di Indonesia.

Perwakilan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun angkat suara menanggapi hal tersebut. WHO menilai menilai Indonesia harus melakukan persiapan lebih matang lagi demi menghadapi risiko penyebaran virus corona. WHO khawatir Indonesia tidak bisa mendeteksi virus tersebut. Padahal negara-negara tetangga sudah melaporkan beberapa orang terjangkit. WHO juga khawatir bahwa sampai saat ini belum ada kasus virus corona yang terdeteksi di Indonesia. Sementara sampai saat ini total jumlah epidemik itu telah mencapai lebih dari 40 ribu di seluruh dunia, terutama China.

WHO menginginkan pemerintah Indonesia meningkatkan sistem pengawasan, pemantauan, sistem deteksi, dan persiapan lainnya di setiap fasilitas kesehatan yang ditunjuk untuk menangani virus corona. Oleh karena itu, kita sebagai masyarakat Indonesia ada baiknya lebih mawas diri dan meningkatkan pencegahan terhadap virus Corona dengan beberapa hal berikut ini.

1. Menjaga Kebersihan Tubuh

 

Untuk mengantisipasi virus Corona, hal terpenting dan mudah untuk kita lakukan adalah cuci tangan yang benar memakai sabun dan air. Lakukan cuci tangan setidaknya selama 20 detik. Selan itu, hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut menggunakan tangan yang belum dicuci dan yang terpenting adalah hindari kontak dengan orang yang sakit. Jika tidak tampak kotor, bersihkan tangan dengan antiseptic cair/gel/spray.

Cuci tangan memang sangatlah penting agar kita selalu higienis dan mencegah risiko penularan kuman maupun bakteri penyebab penyakit. Selain melindungi diri sendiri, kebiasaan baik ini juga melindungi orang lain ketika bersalaman atau berpegangan tangan.

 

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

 

Sebuah studi juga melaporkan, virus tidak dapat dilawan dengan antibiotik. Maka dari itu penderita flu tidak pernah diresepkan antibiotik, melainkan diberi vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Ada beberapa vitamin yang mampu meningkatkan sistem imun tubuh, yaitu vitamin C, D, B6, dan E.

Vitamin D

Selain memperkuat tulang, vitamin D rupanya dapat mempengaruhi hormon yang bisa meningkatkan sistem imun. Vitamin D dipercaya oleh beberapa ahli kesehatan dapat membantu sistem imun dengan cara seperti menaik-turunkan kerja sel sistem imun. Kamu dapat menambah asupan vitamin D untuk mengurangi risiko terinfeksi virus.

Vitamin C

Vitamin C dibutuhkan untuk produksi dan fungsi antibodi pada tubuh. Jika kebutuhan vitamin C tidak tercukupi, sistem imun bisa menjadi agak lesu dan lamban merespon untuk mencegah patogen. Selain membantu sistem imun, vitamin C membantu sistem imun melawan infeksi dan yang terpenting, dengan mengkonsumsi vitamin C akan benar-benar membantu kamu dari segala aspek fungsi imun dalam tubuh.

 

3. Lindungi Diri Dari Penularan Virus

 

 

Ketika kamu merasa tidak enak badan, dalam kondisi batuk atau flu sebaiknya tutupi mulut dan hidung dengan siku tangan atau tisu. Kamu pun dapat menggunakan masker untuk memberikan proteksi ketika kondisi tubuh sedang tidak fit. Selain itu, segera buang ke tempat sampah setelah menggunakan masker maupun tisu yang telah kamu pakai dan yang terpenting selalu mencuci tangan.

Hindari kontak terlalu dekat dengan orang sekitar. Jangan meludah di tempat umum. Jika muncul gejala demam, batuk dan kesulitan bernapas, segera periksakan ke dokter.

 

4. Pastikan Sanitasi Lingkungan

 

Ada baiknya kamu melakukan desinfeksi pada lantai rumah, dinding bangunan, karpet dan pegangan pintu juga jendela, serta alat yang disentuh di rumah kamu. Bila perlu, lakukan pula penyemprotan ruangan dengan spray fast-acting alcoholic spray disinfectant. Jangan lupa juga sediakan sabun cuci tangan dan wastafel serta, tempatkan cairan pembersih tangan yang mengandung alkohol 70-80 persen di titik yang mudah diakses oleh keluargamu di rumah.

Penggunaan antiseptik pun dapat membantu mencegah penyebaran virus di lingkungan rumah. Selain itu, jika rumah kamu menggunakan pendingin ruangan atau A/C ada baiknya kamu pun menggunakan Air Purifier untuk menjaga sirkulasi udara di rumah kamu.

Itu adalah tips-tips yang dapat kamu lakukan untuk mencegah penyebaran virus corona.  JD.ID sebagai perusahaan e-commerce terpercaya di Indonesia,  memberikan produk pilihan untuk kamu memproteksi diri dan keluarga dari penyebaran virus corona. JD.ID pun memberikan penawaran menarik dengan potongan 10ribu khusus untuk kamu sahabat setia JD.ID

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here