Simak! Ini Cara Meredakan Nyeri Haid yang Mudah dan Aman

0
1385
Cara Meredakan Nyeri Haid
Foto: Freepik

Cara meredakan nyeri haid memang tidak boleh sembarangan. Pasalnya, salah penanganan justru hanya akan membuat rasa sakitnya kian menjadi. Lalu, apa yang harus dilakukan?

Perlu diketahui, tingkat nyeri yang dialami oleh setiap wanita ketika datang bulan terbilang berbeda-beda. Ada yang ringan, cukup berat hingga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Tidak hanya merasakan sakit di area bawah perut hingga punggung, menstruasi juga menyebabkan beberapa perubahan pada wanita, seperti tubuh lemas, sakit kepala, dan perubahan suasana hati.

Baca Juga: Jangan Ngasal! Begini Cara Mengatasi Vagina Gatal yang Benar

Apa Saja Penyebab Nyeri Haid?

Apa Saja Penyebab Nyeri Haid?
Foto: Freepik

Selama menstruasi rahim akan mengalami kontraksi untuk meluruhkan lapisan yang telah menebal karena tidak adanya pembuahan. Proses peluruhan yang terlalu kuat dapat membuat pembuluh darah di dekatnya menjadi tertekan hingga suplai oksigen ke rahim menjadi sedikit.

Bersamaan dengan itu, tubuh juga akan melepaskan hormon prostaglandin, yakni senyawa yang memicu rasa sakit dan peradangan. Kondisi itulah yang menyebabkan kram, sakit, dan nyeri saat haid.

Tak hanya itu, zat tersebut juga dapat menimbulkan keluhan lainnya, seperti mual, lemas, sakit kepala, dan mulas. Namun, setelah menstruasi berakhir, hormon prostaglandin akan berkurang sehingga nyeri yang dirasakan akan hilang dengan sendirinya.

Bagaimana Cara Meredakan Nyeri Haid?

Bagaimana Cara Meredakan Nyeri Haid
Foto: Freepik

Sakit perut saat haid sering juga disebut dengan istilah dismenore, yaitu kondisi di mana perut bagian bawah mengalami sensasi kram yang mengakibatkan beberapa bagian tubuh terasa tidak nyaman.

Bahkan, beberapa wanita dengan gejala cukup berat hanya dapat berbaring di tempat tidur tanpa bisa melakukan aktivitas. Lalu, apa yang harus dilakukan untuk mengatasi kram perut saat menstruasi?

1. Kompres Perut dengan Air Hangat

Cara meredakan nyeri haid yang sangat mudah dilakukan yaitu dengan mengompres area perut yang sakit dan punggung dengan air hangat. Agar kram dapat berkurang dengan maksimal, lakukanlah sebanyak tiga kali sehari selama 15-20 menit.

Kamu juga bisa melakukan pijatan lembut dengan gerakan melingkar sekitar lima menit. Jangan lupa untuk menggunakan campuran jojoba oil dan minyak esensial yang memiliki sifat antiradang dan antinyeri, seperti kayu manis, lavender, maupun cengkeh.

2. Cara Meredakan Nyeri Haid dengan Banyak Minum Air Putih

Dilansir dari Healthline, ada sejumlah makanan dan minuman yang dapat kamu konsumsi untuk meredakan nyeri, seperti perbanyak air putih, minum teh yang dicampur dengan daun mint, dan mengonsumsi makanan bergizi, mulai dari buah, sayuran, telur, susu, yoghurt hingga kacang-kacangan.

Sebaliknya, kamu disarankan untuk menghindari asupan yang bisa membuat perut menjadi kembung dan tubuh kelebihan cairan. Misalnya, makanan berlemak dan asin serta minuman beralkohol dan soda karena dapat menyebabkan rasa nyeri menjadi lebih parah.

Baca Juga: Apa Sih Penyebab Keputihan dan Bagaimana Mengatasinya?

3. Konsumsi Obat Haid

Apabila cara di atas sudah dilakukan tapi sakit belum mereda, kamu bisa mengonsumsi obat pereda nyeri, seperti ibuprofen atau paracetamol. Agar tidak salah pilih, ini beberapa pilihan obat haid yang aman untuk dikonsumsi, seperti:

Obat Haid Feminax

Obat Haid Feminax
Obat Haid Feminax
Obat Haid Feminax
Obat Haid Feminax
Obat Haid Feminax-1
Obat Haid Feminax-2
previous arrow
next arrow

Lihat Produk

Para wanita tentu sudah familiar dengan Feminax yang memang sangat diandalkan untuk meredakan nyeri karena menstruasi. Pasalnya, obat tersebut mengandung bahan-bahan alami, seperti kencur, kunyit, dan asam jawa, yang terbukti dapat membuat haid jadi lebih lancar.

Tak hanya itu, obat haid Feminax juga memiliki kandungan paracetamol dan ekstrak hiosiami yang bekerja agar otot rahim menjadi lebih rileks. Berikut dosis dan aturan pakainya:

  • Dewasa: 1–2 tablet, 3 kali sehari.
  • Anak atau remaja usia 10–16 tahun: 1 tablet, 3 kali sehari.

Kiranti Minuman Datang Bulan

Kiranti Minuman Datang Bulan
Kiranti Minuman Datang Bulan
Kiranti Minuman Datang Bulan
Kiranti Minuman Datang Bulan
Kiranti Minuman Datang Bulan-1
Kiranti Minuman Datang Bulan-2
previous arrow
next arrow

Lihat Produk

Agar rasa nyeri haid dapat berkurang, kamu juga bisa mengonsumsi minuman herbal dari perusahaan Orang Tua, yaitu Kiranti. Tidak perlu khawatir soal kualitas karena produk ini sudah teruji secara klinis oleh badan BPOM RI.

Sebab, Kiranti juga kaya akan kunyit yang tak hanya dapat membuat haid lancar tapi juga bisa membuat tubuh lebih segar. Kamu bisa minum secara rutin sebanyak 1-2 botol per hari, yakni tiga hari sebelum, selama, dan tiga hari sesudah datang bulan.

Kunyit Asam Sido Muncul

Kunyit Asam Sido Muncul
Kunyit Asam Sido Muncul-2
Kunyit Asam Sido Muncul-1
Kunyit Asam Sido Muncul
Kunyit Asam Sido Muncul-2
Kunyit Asam Sido Muncul-1
previous arrow
next arrow

Lihat Produk

Sejak dulu, kunyit asam memang sudah dikenal sangat ampuh untuk mengatasi kram perut saat datang bulan. Bukan tanpa alasan, soalnya kandungan curcumin pada kunyit dapat mengurangi hormon yang menciptakan rasa sakit dan peradangan, yaitu prostaglandin.

Oleh karena itu, kamu bisa memilih untuk minum Sido Muncul Kunyit Asam setiap hari. Soalnya, produk ini memiliki kandungan kunyit, asam, kencur, jahe, delima serta guarana yang dapat mengurangi keluhan nyeri haid.

Gimana, sekarang sudah tahu kan bagaimana cara menghilangkan nyeri saat haid yang mudah dan aman? Nah, kamu bisa membeli berbagai obat penghilang sakit menstruasi dengan secara online di JD.ID.

Tidak hanya lengkap, seluruh produk yang tersedia juga #DijaminORI. Jadi kamu tidak perlu takut mendapatkan barang berkualitas buruk. Nikmati juga diskon potongan harga, cashback, hingga gratis ongkir agar transaksi belanja kamu semakin menguntungkan. Happy Shopping!