Simak Tips Berikut Ini, Agar Dapat Mencegah Panas Dalam Saat Berpuasa

0
137

Tidak bisa dipungkiri jika panas dalam pada tubuh kerap mengganggu ibadah puasa kamu di bulan Ramadhan. Seperti yang kita tau, gejala penyakit ini meliputi nyeri tenggorokan, sariawan hingga bibir pecah-pecah.

Biar panas dalam tidak mengganggu ibabah puasa, kamu harus hindari beberapa makanan yang bisa menimbulkan penyakit ini. Simak tips berikut ini agar kamu terhindar dari panas dalam yang bisa menyerang kamu saat berpuasa.

1. Makanan Yang Digoreng Dan Berminyak

Buat kamu pecinta gorengan, sudah saatnya menjauhi makanan ini saat berbuka puasa. Pasalnya, makanan yang digoreng bisa menyebabkan iritasi pada tenggorokan. Bukan hanya itu, tekstur makanan yang digoreng dan berminyak ini bisa bikin tenggorokanmu semakin susah menelan, lho.

Setelah seharian berpuasa tenggorokan butuh akan kering, sebaiknya kamu menghindari makanan gorengan atau yang berminyak, hal ini agar tenggorokan kamu tidak menjadi iritasi saat menerima makanan saat seharian berpuasa.

2. Makanan Pedas

Sudah menjadi rahasia umum kalau masyarakat Indonesia suka menyantap makanan pedas. Sayangnya, kamu harus berhenti sejenak untuk konsumsi makanan pedas saat berpuka puasa.

Kebayangkan, gimana rasanya kalau kamu sedang mengalami luka dan diberi cabai di bagian lukamu? Sama halnya seperti infeksi pada tenggorokan yang akan semakin parah jika diberi makanan pedas.

3. Buah Yang Asam

Kalau kamu ingin terhindari dari panas dalam saat berpuasa, jangan konsumsi makanan dan minuman asam seperti lemon atau jeruk. Walaupun lemon dan jeruk banyak mengandung vitamin C, kandungan asam nitrat pada buah ini bisa bikin iritasi pada permukaan tenggorokan.

Jadi, untuk sementara waktu, hindari konsumsi buah-buahan asam saat berbuka puasa agar kamu terhindar dari penyakit panas dalam.

4. Susu

Mungkin banyak dari kamu yang baru tau kalau susu bisa memperparah panas dalam. Susu bisa meninggalkan lendir yang dapat memperparah nyeri dan iritasi pada tenggorokan. Pastikan kamu gak mengkonsumsi susu atau makanan yang berbahan susu saat penyakit ini menyerang, ya!

Selain menghindari makanan-makanan di atas, kamu dapat mengatasinya dengan konsumsi minuman yang bisa meredakan panas dalam. Yuk, basmi panas dalam saat berpuasa dengan mengkonsumsi multivitamin dan jaga kesehatan tubuh kamu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here