Stres Selama Pandemi Sulit Tidur ? Ini Cara Mengatasinya

0
371

Sahabat JD.ID diawal tahun ini mungkin banyak dari kalian yang masih bekerja dari rumah (WFH). Tuntutan pekerjaan terkadang membuat kamu menjadi stres dan juga membuat kamu menjadi sulit tidur dan efeknya waktu istirahat menjadi berkurang karena kurang istirahat.

Kurang tidur atau tidak mendapat tidur yang berkualitas bisa berdampak buruk pada kesehatan. Hanya saja masalah jadi makin dilematis bila kita mengalami sulit tidur atau insomnia.

Bila masalah insomnia berlangsung dalam waktu yang lama, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Masalah sulit tidur yang terjadi dalam kurun waktu lama mungkin disebabkan oleh sesuatu yang lebih serius.

Bagi yang baru-baru ini mengalami masalah sulit tidur atau beberapa kali mengalami kesulitan untuk tidur malam, ada cara yang bisa dicoba.

Istirahat Tidur saat Merasa Sudah Letih

Penderita sulit tidur untuk berangkat tidur hanya ketika mereka sudah letih. Jika tak kunjung terlelap, mereka diminta duduk di ruangan berbeda sampai mengantuk. Sejalan dengan waktu, subjek-subjek penelitian mulai menghubungkan konteks tempat tidur mereka dengan aksi tidur, jadi mereka lebih mudah terlelap ketika naik ke tempat tidur.

Misalnya, ketika kita baru berbaring di tempat tidur tapi sulit untuk terlelap, coba bangkit dan pindah ke ruang tamu. Lakukan sesuatu yang membuat tubuh dan pikiran lebih rileks, seperti membaca buku atau melakukan gerakan yoga sederhana.

Setelah rasa kantuk mulai terasa, baru pindah kembali ke kamar tidur dan berbaring. Cara ini menghadirkan kemungkinan lebih besar untuk cepat terlelap dan tidak lagi kesulitan untuk tidur.

Kondisikan kamar tidur sebagai tempat yang diperuntukkan untuk istirahat. Jadi, ketika sudah masuk ke kamar dan naik ke tempat tidur, aksi satu-satunya yang berlangsung adalah tidur. Jauhkan ponsel dan gawai dari tempat tidur. Matikan televisi dan lampu.

Cara ini bisa melatih diri untuk menghubungkan kebiasaan tertentu dengan konteks tertentu. Kalau ingin bisa cepat tidur, maka kondisikan tubuh untuk siap beristirahat setiap kali naik ke tempat tidur.

Selain itu, Sahabat JD.ID bisa mencoba konsumsi Herbana Balance Madia Good Night. Ini adalah sebuah perpaduan alami yang mengandung ekstrak Valerian (Tapak Liman), Jahe, Pala dan Passion Flower untuk membantu mengurangi gejala susah tidur dan meningkatkan kualitas tidur.

Sahabat JD.ID bisa minum 1-2 kaplet sebelum tidur. Dapatkan Herbana Balance Madia Good Night di JD.ID #DijaminOri, semoga tips singkat ini bermanfaat, ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here