Ketahui Jenis Pensil Berdasarkan Ketebalan Serta Fungsinya

0
83512
Jenis Pensil
Foto: Freepik

Jenis pensil memang sangat beragam, ada yang berfungsi untuk menulis maupun menggambar. Untuk mengetahuinya, bisa dilihat dari segi ketebalan yang menjadi karakteristik dari masing-masing alat tulis yang satu ini.

Sudah digunakan sejak kecil untuk kebutuhan belajar, umumnya tak sedikit orang yang hanya mengetahui beberapa tipe pensil, seperti 2B dan HB. Padahal, banyak sekali jenisnya yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. 

Sekadar informasi, dari segi karakteristik warna, pensil 2B memiliki ketebalan seperti aspal, sedangkan HB mirip warna abu-abu. Sementara, kekuatan kedua jenis pensil ini sangat kuat dan tidak mudah patah.

Menawarkan banyak kelebihan, pensil 2B juga dijadikan sebagai standar alat tulis untuk mengerjakan Ujian Nasional (UN). Sedangkan untuk menggambar atau membuat sketsa, pensil HB sering dijadikan pilihan utama.

Baca Juga: Jenis Pensil Warna untuk Pemula dan Profesional

Jenis Pensil Berdasarkan Tingkat Ketebalan dan Fungsinya

Jenis Pensil Berdasarkan Tingkat Ketebalan dan Fungsinya
Foto: Freepik

Tahukah kamu kalau kode huruf yang ada di bagian ujung pensil setelah angka menggambarkan karakteristik dari warna dan kekuatan yang dimiliki, seperti:

  • B (Blackness), kehitaman pensil
  • H (Hard), kekerasan pensil
  • HB (Hard Black), kekuatan dan kepekatan warna
  • F (Firm), kelunakkan pensil.

Selain itu, kode angka juga memengaruhi tingkat kehitaman dan ketebalan pensil. Misal, 2B memiliki warna yang lebih terang dibanding 3B. Begitu seterusnya, hingga 8B yang warnanya jauh lebih pekat dibanding tipe pensil B lainnya. 

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa mengetahui informasi lebih jelas terkait jenis pensil yang umum digunakan oleh masyarakat Indonesia:

1. Jenis Pensil 2B

jenis-pensil
Source: Pinterest

Jenis pensil yang pertama adalah 2B, alat tulis satu ini termasuk jenis yang paling sering kita gunakan dan paling mudah ditemukan. Dengan tingkat warna yang cukup tebal, tak heran alat tulis ini sering digunakan untuk menulis ataupun ujian sekolah.

2. 3B

Pensil 3B
Foto: Tempo

Pensil 3B memiliki ukuran dan bentuk yang sama dengan tipe 2B, yang jadi pembeda hanya dari tingkat ketebalannya saja. Dengan kemampuan yang dimiliki, pensil ini sangat cocok digunakan untuk membuat garis outline hingga membuat shading pada gambar.

3. 4B

4B
Foto: Hipwee

Memiliki tingkat guratan yang lebih pekat dibandingkan 3B, pensil ini bisa digunakan untuk mempertegas garis sketsa ataupun membuat garis luar pada gambar yang sedang dibuat.

Tak hanya itu, jenis pensil ini juga sering diandalkan untuk membuat gambar jadi lebih hidup seperti membuat tekstur rambut hingga membuat warna kulit yang gelap dan menghasilkan gambar yang lebih hidup.

4. 5B

jenis-pensil-tulis
Source: Pixabay

Pensil 5B memiliki tingkat ketebalan dan juga kerapatan yang lebih tinggi dibandingkan tipe sebelumnya. Dengan tingkat kelunakan tersebut pensil ini sangat cocok digunakan untuk membuat highlight, sketsa hingga membuat arsiran.

Baca Juga: Apa Saja yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Memasuki Hari Pertama Sekolah?

5. Jenis Pensil 6B

Jenis Pensil 6B
Foto: Quora

Menjadi salah satu pensil yang paling diandalkan oleh para seniman gambar, pensil ini memiliki tingkat kelunakan yang pas serta warna hitam yang pekat dan mampu memberi goresan garis yang tegas.

Memiliki tekstur yang lunak, pensil yang satu ini sangat mudah mengalami ketumpulan, sehingga kurang nyaman untuk digunakan membuat sketsa awal. Meski begitu, alat tulis ini tetap bisa diandalkan untuk membuat efek pencahayaan yang realistis.

6. 7B dan 8B

Pensil 7B dan 8B
Foto: Premiumstationer

Tipe 7B dan 8B menjadi pensil yang memiliki tingkat kepekatan paling tinggi. Namun, untuk penggunaannya pensil ini sangat bisa diandalkan untuk membuat efek shading yang lebih gelap.

7. Pensil F

Pensil dengan kode F memiliki campuran dari tanah liat dan grafit yang seimbang sehingga memiliki tekstur yang keras dan warna yang pekat. Dengan kemampuan tersebut, alat tulis yang satu ini sangat cocok digunakan untuk menulis.

8. Jenis Pensil HB

jenis-pensil-hb
Source: Inovasiguru.com

Pensil HB (Hard Black) memiliki tekstur yang keras dan juga mampu menghasilkan warna hitam yang cukup tebal untuk menulis ataupun menggambar. Namun, ketika menggunakan pensil ini kamu harus berhati-hati karena mudah luntur ketika diusap atau mengalami gesekan.

9. Pensil 2H – 8H

Alat Tulis 2H-6H
Foto: NXP

 

Kode H pada pensil menandakan tingkat kekerasan yang dimiliki oleh alat tulis tersebut. Meskipun terbilang kuat, goresan yang dihasilkan oleh pensil ini juga cenderung lebih halus dan lebih mengarah ke arah abu-abu dibandingkan warna hitam.

Oleh karena itu, semakin besar angka yang berada di depan kode H maka tekstur pensil tersebut juga akan semakin keras. Contohnya, tekstur pensil 6H akan lebih keras jika dibandingkan dengan tipe 2H.

Meskipun begitu tidak mengeluarkan warna yang pekat, pensil ini tetap bisa diandalkan untuk keperluan menggambar, salah satunya untuk membuat highlight ataupun shading yang lebih halus.

10. Pensil Mekanik

Pensil Mekanik
Foto: Ceklist

Pensil mekanik merupakan versi tercanggih karena memiliki mekanisme isi ulang sehingga kamu tidak perlu repot untuk meraut ataupun meruncingkan alat tulis sebelum digunakan untuk menulis.

Tak hanya itu, pensil mekanik juga memiliki beragam pilihan ukuran diameter mulai dari 0,3 hingga 0,9 millimeter. Nantinya, ukuran tersebut akan menentukan seberapa tipis atau tebal garis yang ingin dibuat saat menulis ataupun menggambar.

Itu dia beberapa pilihan jenis pensil yang bisa digunakan untuk memenuhi semua kebutuhan dan keperluan yang kamu miliki. Nah, bagi kamu yang sedang mencari berbagai macam alat tulis atau kebutuhan kantor, kamu bisa menemukannya secara online di JD.ID.

Selain lengkap dan barangnya #DijaminORI, kamu juga bisa berbelanja lebih hemat dengan menggunakan beberapa promo seperti voucher belanja, potongan harga, cashback hingga gratis ongkir ke seluruh Indonesia. Jadi tunggu apa lagi? Yuk, belanja di JD.ID sekarang!