Ketahui Cara Efektif Berikut Untuk Mengajarkan Anak Menabung

0
247

Mengajarkan anak Anda untuk bisa melakukan berbagai hal di dalam kehidupan mereka adalah salah satu kewajiban yang mesti dilakukan oleh setiap orang tua. Berbagai hal yang telah bisa anak lakukan nantinya dapat membuat mereka mampu untuk mengatur diri sendiri dan menjadi mandiri sejak awal. Beberapa kegiatan akan sangat baik dilakukan oleh anak-anak sejak mereka masih kecil, termasuk perihal mengatur keuangan dan memperkenalkan berbagai hal di dalamnya kepada mereka.

Memperkenalkan uang kepada anak serta mengajarkannya bagaimana cara menggunakan dan mengelolanya dengan baik adalah salah satu upaya orang tua dalam mendidik anak. Dengan cara ini, anak akan mengerti apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam mengelola keuangan. Anak akan lebih bijak dalam mengambil berbagai keputusan di dalam pengelolaan keuangan sehingga mereka dapat mengelolanya dengan baik dan benar.

 Baca Juga : Ketahui Perbedaan Antara CVV Dengan Nomor Kartu Kredit

Salah satu hal yang wajib diajarkan orang tua kepada anak-anaknya adalah kegiatan menabung. Pengenalan menabung bertujuan agar anak-anak mengenal dan mengerti perihal kegiatan ini sejak awal. Agar anak mudah memahami kegiatan menabung ini, berikut ini adalah cara efektif yang bisa orang tua ajarkan kepada anak.

1. Memperkenalkan Anak Dengan Uang Sejak Dini

Menghitung adalah salah satu tahap penting yang akan dilakukan anak-anak pada usia mereka yang masih terbilang kecil. Hal ini akan sangat menarik minat anak pada berbagai hal di sekitar mereka, termasuk pada hal mengenai uang. Saat-saat seperti itulah yang menjadi waktu yang tepat untuk mengajarkan mereka mengenai uang. Misalnya, mengajarkan anak mengenai nilai uang, bentuk uang, dan juga memberitahu mengenai fungsinya secara sederhana.

2. Kenalkan Fungsi Uang Kepada Anak

Hal ini bisa dilakukan seiring dengan bertambahnya usia anak. Pada masa tersebut, minat anak pada berbagai hal di sekitar juga akan semakin bertambah besar. Mulailah mengenalkan anak pada berbagai fungsi dan juga hal lainnya yang sederhana tentang uang kepada mereka. Berikan gambaran dan contoh yang mudah saat melakukan hal ini. Selain itu, Anda pun dapat memeberikan beberapa permainan yang relevan dengan fungsi uang seperti board game monopoly ataupun game serupa.

3. Kenalkan Anak Pada Tujuan Keuangan

Pada awalnya, ini adalah upaya yang sangat sederhana Anda sebagai orang tua mencoba untuk memberi pengertian kepada anak mengenai hal-hal yang bisa mereka dapatkan dengan sedikit kerja keras dalam menabung. Dengan tabungan tersebut, anak bisa mendapatkan berbagai barang yang diinginkan. Di samping itu, dengan memperkenalkan dan mengajarkan pentingnya tujuan keuangan tersebut, anak akan memiliki kemampuan dalam mengatur dan membelanjakan uangnya.

4. Ajarkan Kebiasaan Mencatat Keuangan

Mencatat keuangan sangat penting untuk di ajarkan kepada anak agar mereka memahami cara mengelola keuangan dengan rapi dan teratur. Salah satunya dengan membuat catatan rutin mengenai uang yang keluar dan uang yang masuk. Ajarkan anak untuk biasa melakukan ini dengan disiplin sehingga mereka tahu ke mana saja dan untuk apa saja uang mereka belanjakan.

5. Bawa Anak Ke Bank Untuk Mereka Membuka Rekening Sendiri

Hal ini bisa dilakukan apabila usia anak Anda telah cukup, atau setidaknya mereka sudah masuk sekolah. Ajak dan kenalkan anak pada tabungan sejak dini sehingga mereka memiliki minat untuk menabung dan membuka rekening sendiri di sana. Jika memungkinkan, kenalkan juga pada anak berbagai produk perbankan lainnya agar mereka lebih paham dan kenal berbagai fasilitas perbankan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here