Simak Tips Berikut Agar Belanja Online Tetap Aman

0
308

Belanja online saat ini sudah bukan merupakan hal yang asing lagi saat inii, hampir semua produk dapat dicari dan dibeli secara online terutama produk kebutuhan sehari-hari.  Metode pembayarannya pun bermacam-macam, ada yang menggunakan sistem transfer bank, ada pula yang menggunakan kartu kredit, dan juga aplikasi cicilan tanpa kartu kredit.

Meskipun bank dan fintech yang sudah cukup terkenal dengan tingkat keamanan transaksi yang terjamin, tidak ada salahnya menyimak tips-tips tambahan berikut ini  agar transaksi di e-commerce dengan menggunakan kartu kredit tetap aman dan lancar.

1. Pilih Situs dan Link Promo E-Commerce yang Terpercaya

Bila kamu ingin berbelanja menggunakan metode kartu kredit secara online, pastikan kamu memilih situs yang dipercaya dan aman.  Selain itu, carilah situs yang mempunyai kredibilitas baik.  Jika kamu kerap kali menerima promo melalui e-mail, hindari melakukan klik langsung lewat e-mail, terutama e-mail dari merchant yang tidak jelas.

Karena jika kamu klik promo tersebut, bisa jadi kamu akan dibawa ke situs palsu yang memanfaatkan kartu kredit Kamu secara tidak benar.  Jadi sebaiknya jika ingin membeli produk secara online, kunjungi URL-nya lewat browser kamu secara langsung.

2. Teliti Saat Mengetik URL

Pastikan kamu mengetik situs online shop dengan benar, karena hanya dengan salah satu huruf kamu dapat dihubungkan ke situs yang berbeda.  Perlu diketahui bahwa situs yang sudah di bookmark di browser kamu bisa sesekali berubah.  Jadi lebih baik jika kamu mengetik kembali URL yang ingin Kamu kunjungi secara normal tanpa melakukan klik lewat bookmark Kamu.

3. Tes Tingkat Keamanan Situs

Saat kamu melakukan pembelian di sebuah situs jual beli dan mengharuskan kamu memasukkan nomor kartu kredit kamu, pastikan situs tersebut aman.  Salah satu cara untuk mengetes keamanan situs adalah dengan melihat  alamat URL nya.

Apabila situs tersebut diawali dengan https:// kemungkinan besar situs tersebut aman.  Selain itu, cara lainnya adalah dengan melihat icon gembok di sudut kanan bawah halaman situs tersebut.  Lambang tersebut mengindikasi bahwa situs tersebut menggunakan enkripsi untuk melindungi data Kamu.

4. Gunakan Gawai Pribadi untuk Melakukan Transaksi

Berbelanja online dapat dilakukan dimanapun, namun harus diingat bahwa komputer yang terhubung dengan jaringan lain yang digunakan lebih dari satu orang memiliki tingkat keamanan yang rendah.

Informasi kartu kredit Kamu berisiko dicuri jika Kamu bertransaksi menggunakan komputer orang lain atau komputer umum.  Namun walau menggunakan komputer pribadi, jika kamu menggunakan koneksi internet di tempat umum komputer Kamu tetap berisiko di hack.

5. Cetak Bukti Pembayaran Online

Selalu cetak bukti pembayaran kamu setelah menggunakan kartu kredit untuk pembayaran online untuk mengecek angka yang Kamu bayar dengan angka yang ada pada tagihan.  Selain itu untuk berjaga-jaga jika ada kesalah pahaman dengan pihak bank.

6. Selalu Keluar dari Akun Usai Transaksi

Sebagian besar pengguna layanan belanja online jarang logout dari akunnya setelah melakukan transaksi.  Penting bagi Kamu untuk logout setelah melakukan transaksi kamu hingga selesai.  Logout akan meminimalisir kemungkinan penyalahgunaan data pribadi kamu pada situs yang bersangkutan.

7. Aktifkan Pemberitahuan Transaksi

Silahkan menghubungi pihak bank atau fintech untuk mengaktifkan notifikasi transaksi.  Sehingga jika Kamu melakukan transaksi akan terpantau.  Apabila ada transaksi yang tidak Kamu lakukan namun ada di notifikasi Kamu, Kamu bisa segera laporkan ke pihak bank atau fintech.

Bagaimana? Kamu telah mengetahui bermacam tips dalam melakukan pembelanjaan online di e-commerce agar tetap aman.  Tetaplah berwaspada dan lebih teliti sebelum melakukan transaksi untuk menghindari hal-hal yang merugikan kamu.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here