5 Merek Helm yang Digunakan Pembalap MotoGP, Yuk Intip!

0
1877
5 Merek Helm yang Digunakan Pembalap MotoGP, Yuk Intip!
Foto: motorplus-online.com

Merek helm apa saja yang digunakan oleh para pembalap MotoGP, sepertinya tengah menjadi salah satu hal yang ingin diketahui para pecinta otomotif, terutama sepeda motor.

Mengapa demikian? Karena bulan depan, tepatnya 4 – 6 Maret akan dimulai event balap besar yang berlangsung di Qatar, yaitu MotoGP 2022. Bisa dibilang, ini adalah sebuah event balap motor yang sangat ditunggu-tunggu, karena berskala internasional dan rutin digelar setiap tahunnya.

Jika melihat kalender balap MotoGP 2022, event ini terdiri dari 21 seri. Yang mana, itu adalah jumlah balapan terbanyak dalam sejarah Grand Prix, yang sudah berlangsung sejak 1949.

Maka dari itu, jangan heran apabila acara ini sangat ditunggu-tunggu seluruh masyarakat dunia, termasuk Indonesia.

Nah, untuk menyambut acara tersebut, alangkah baiknya kamu melakukan pemanasan terlebih dahulu, dengan mengetahui merek helm yang biasa digunakan para pembalap MotoGP.

Adapun merek-merek tersebut akan diulas secara lengkap, pada artikel kali ini khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

5 Merek Helm yang Dipakai Pembalap MotoGP

Seperti yang sudah dijanjikan sebelumnya, kalau kali ini kamu akan mengetahui sejumlah daftar merek helm yang dipakai pembalap MotoGP.

Hanya saja, merek yang biasa digunakan sangat banyak. Untuk memudahkan kamu mengetahui sejumlah merek tersebut, di bawah ini telah dirangkum lima merek di antaranya, yaitu:

1. AGV Helmet (Pista GP R)

AGV Helmet (Pista GP R)
Foto: agv.com

Pertama ada AGV Helmet (Pista GP R), yang menjadi brand helm yang biasa digunakan pembalap MotoGP. Buat kamu yang belum tahu, AGV adalah singkatan dari Amisano Gino Valenza.

Yang mana, Amisano Gino merupakan nama dari pendiri brand ini, dan Valenza adalah tempat didirikannya perusahaan ini pada 1947.

Di awal kehadirannya, merek ini ternyata tidak memproduksi helm, namun jok kulit untuk motor. Hanya saja, seiring berjalannya waktu hingga sekitar tahun 1954, AGV baru tergerak untuk membuat helm, dan langsung mendapat respon positif dari masyarakat.

Sampai akhirnya pada musim 2021, merek ini dipakai oleh pembalap-pembalap ternama, seperti Valentino Rossi, Franco Morbidelli, Joan Mir, Jack Miller dan Luca Marini.

2. Arai Helmet (RX-7)

Arai Helmet

Berikutnya ada Arai Helmet (RX-7), yang merupakan merek milik Hirotake Arai, yang didirikan pada 1937 di kota Ahmiya, Saitama, Jepang.

Sama seperti AGV, merek ini juga awalnya tidak memproduksi helm, melainkan topi. Namun, karena Hirotake adalah penggemar sepeda motor, dan ia sadar betapa pentingnya helm sebagai peranti yang mampu melindungi pengendara, maka ia mulai mengembangkan standar pengujian dan peralatannya sendiri.

Sebagai pembuat topi, Hirotake juga paham kalau setiap orang memiliki bentuk dan ukuran kepala yang berbeda. Maka dari itu, sejak awal ia tidak berniat untuk menjadikan helm sebagai bisnis komersial.

Tetapi, tanpa disangka kalau helm yang awalnya diciptakan atas dasar ingin melindungi pengendara motor ini, ternyata ramai di masyarakat.

Hingga akhirnya sekarang banyak dipakai oleh pembalap ternama, seperti Maverick Vinales dan Takaaki Nakagami pada MotoGP musim 2021.

3. Suomy Helmet (SR-GP)

Suomy Helmet (SR-GP)
Foto: id.pinterest.com

Selain dua merek di atas, ada lagi Suomy Helmet (SR-GP), yang merupakan merek andalan untuk helm sejumlah pembalap MotoGP.

Pada MotoGP musim 2021, merek ini digunakan oleh Enea Batianii dan Francesco Bagnaia. Hal itu tak lain karena, pada tahun 2000 Suomy menandatangani perjanjian kemitraan dengan Ducati.

Adapun hasil kerja sama tersebut, bisa dilihat dari para pembalap Ducati yang mulai menggunakan helm merek ini pada WorldSBK. Tak hanya itu, Troy Bayliss yang menjadi juara dunia WSBK pada 2021 pun, ikut mendongkrak citra dan popularitas merek ini.

Oleh karena itu, sangat wajar apabila merek ini banyak dipakai para pembalap MotoGP ternama, bahkan dicari oleh masyarakat pecinta otomotif.

4. Shoei Helmet (X14)

Shoei Helmet (X14)
Foto: rideapart.com

Sebagai merek helm yang dipakai oleh Marc Marquez dan Alex Marquez pada MotoGP 2021, Shoei ternyata sudah mulai terlibat di arena balap motor sejak 1960.

Akan tetapi pada 1965, merek ini semakin berkembang, bahkan menjadi pemasok helm OEM untuk Honda, yang kemudian menempatkannya di peta produsen helm dunia. Bagaimana, sangat keren bukan perkembangan bisnisnya?

5. Shark Helmet (GP Pro Race)

Shark Helmet
Foto: pertamax7.com

Terakhir ada Shark Helmet (GP Pro Race), yang masuk ke dalam daftar merek helm para pembalap MotoGP, seperti Jorge Martin, Johann Zarco, Miguel Oliveira dan Iker Lecuona yang pernah menggunakannya pada musim 2021.

Merek ini sejatinya dibentuk oleh mantan pembalap, dengan tingkat kenyamanan dan keamanan tinggi. Sehingga, helm ini tak hanya bisa digunakan untuk balapan, namun juga cocok untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

Apalagi jika dilihat dari jumlah produksi setiap tahunnya yang mencapai 300 ribu helm, dan akan didistribusikan ke 70 negara di seluruh dunia, sangat wajar apabila merek ini menjadi merek andalan yang sudah terbukti kualitasnya.

Itulah beberapa merek helm yang digunakan para pembalap MotoGP, yang sudah kamu ketahui informasinya secara lengkap di pembahasan sebelumnya.

Bagaimana, dari semua daftar tersebut, apakah kamu tertarik untuk memiliki satu di antaranya? Atau justru menjadikan merek-merek tersebut sebagai patokan dalam membeli helm?

Kalau begitu, jangan khawatir. Karena sekarang, kamu bisa menemukan banyak helm dengan standar tersebut, di salah satu toko belanja online terbaik dan terpercaya, yaitu JD.ID.

Ya, e-commerce yang satu ini menyediakan lengkap pilihan helm, dengan variasi model, ukuran dan harga, yang bisa dipilih sesuai keinginan, kebutuhan dan budget yang ada.

Jika ingin lebih hemat, kamu juga bisa menggunakan sejumlah promo yang tersedia, seperti diskon, cashback, gratis ongkir, dan cicilan nol persen.

Dengan begitu, kegiatan belanja jadi makin menyenangkan, terlebih produk-produk yang dijual sudah pasti #DijaminORI, dan kamu juga bisa melakukan pembayaran secara fleksibel, dengan memilih satu dari sekian banyak metode yang tersedia, baik itu transfer bank, e-money, atau cash on delivery (COD).

Bagaimana, berbelanja di JD.ID sangat mudah, bukan? Jadi, tunggu apalagi? Yuk, beli sekarang sebelum kehabisan!