5 Mobil Listrik yang Siap Mengaspal di Indonesia Pada 2022

0
1322
5 Mobil Listrik yang Siap Mengaspal di Indonesia Pada 2022
Foto: id.motor1.com

Sejumlah mobil listrik dari beberapa produsen mobil ternama, belakangan ini disebut akan meramaikan jalanan Indonesia pada tahun 2022. Adapun produsen-produsen mobil tersebut, sebagian besar berasal dari China.

Ini bisa dibilang sebuah kabar baik, mengingat kendaraan listrik ini di Indonesia masih sangat terbatas. Kalaupun ada, harga yang dibanderol untuk satu unitnya sangat mahal.

Lantas, apa saja mobil-mobil yang siap mengaspal di 2022? Daripada penasaran, pada kesempatan kali ini akan diulas beberapa daftarnya secara lengkap khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Jenis-jenis Mobil Listrik

Sebelum jauh membahas tentang daftar mobil listrik yang akan rilis tahun ini di Indonesia, pertama-tama kamu harus tahu dulu empat jenisnya, yaitu BEV, HEV, PHEV dan FCEV.

Semua singkatan itu mungkin terdengar asing di telinga. Maka dari itu, di bawah ini akan diuraikan dan dipaparkan secara jelas, beserta definisinya sebagai berikut.

  • BEV, yang merupakan singkatan dari Battery Electric Vehicle adalah jenis kendaraan yang sepenuhnya beroperasi menggunakan listrik di baterai. Sehingga, mobil jenis ini tidak memiliki mesin pembakaran atau ICE.
  • HEV, yang merupakan singkatan dari Hybrid Electric Vehicle adalah jenis kendaraan yang memiliki dua sistem penggerak, yakni mesin pembakaran (ICE) dan motor traksi.
  • PHEV, yang merupakan singkatan dari Plug-in Hybrid Electric Vehicle adalah jenis kendaraan hybrid dengan mesin pembakaran (ICE) dan motor traksi listrik. Namun untuk bahan bakarnya bisa menggunakan sumber energi fosil seperti bensin, sumber alternatif seperti biodiesel, atau baterai.
  • FCEV, yang merupakan singkatan dari Fuel Cell Electric Vehicle adalah jenis kendaraan Zero Emission, karena menggunakan teknologi fuel-cell untuk menghasilkan listrik.

5 Mobil Listrik Terbaru di Indonesia

Seperti yang sudah dijanjikan sebelumnya, kali ini kamu akan mengetahui sejumlah daftar mobil listrik terbaru yang akan mengaspal di Indonesia pada 2022, yang di antaranya yaitu:

1. Hyundai Ioniq 5

Hyundai Ioniq 5
Foto: id.motor1.com

Di urutan pertama ada Hyundai Ioniq 5. Mobil yang disebut akan menggunakan platform Hyundai Electric Global Modular ini, rencananya akan memiliki dua tipe roda penggerak, yaitu 2WD dan AWD.

Untuk tenaganya sendiri, 2WD berkisar di angka 216 PS dengan torsi maksimal 350 Nm, dan AWD bertenaga 209 PS dengan torsi maksimal 350 Nm.

Tak hanya itu, motor yang digunakan mobil ini juga diketahui polimer lithium-ion 72,6 kWh. Yang mana, untuk satu kali pengisian 2WD jangkauannya mencapai 451 km, dan AWD sekitar 430 km.

2. Wuling EV

Wuling EV
Foto: otomotif.tempo.co

Berikutnya ada Wuling EV, yang ternyata memiliki dimensi mungil, namun bertenaga apik. Hal itu tak lain karena, mobil ini memiliki dua pilihan baterai Lithium, yaitu standard range 9,3 kWh dan long range 13,8 kWh.

Kalau dilihat secara tenaga, mobil ini juga mampu menghasilkan tenaga 20 kW atau 27 dk, dengan torsi maksimum 85 Nm. Menariknya lagi, mobil ini disebut mampu menempuh jarak hingga 120 km.

3. Mini Cooper SE

Mini Cooper SE
Foto: otoblitz.net

Sebagai merek mobil ternama, Mini Cooper juga tak mau kalah dengan merek lainnya, karena ikut mengeluarkan kendaraan listrik roda empat bernama Mini Cooper SE.

Mengedepankan ciri khas ikonik, yaitu berkendara layaknya mengemudikan gokart, mobil ini sudah dilengkapi dengan motor listrik yang sanggup menghasilkan daya 135 kW, atau sekitar 184 tenaga kuda.

Hal itu mungkin tidak terlalu mengejutkan, karena baterai yang digunakan mobil ini adalah baterai Lithium-ion, dengan daya jelajah 235 – 270 km untuk satu kali pengisian.

4. MG 5 EV

MG 5 EV
Foto: carbuyer.com.sg

Ditenagai oleh Permanent Magnet Synchronous Motor, MG 5 EV mengklaim kalau tenaga yang dapat dihasilkannya besar, yaitu 115kW atau setara dengan 156 PS.

Selain itu, mobil ini juga memiliki performa handal, yang mampu menempuh jarak hingga 380 km dengan kondisi daya baterai penuh, sebesar 50,3 kWh.

Daya baterai itu pun sudah teruji dan bersertifikasi IP67 yang tahan air dan debu. Bahkan menariknya lagi, waktu yang dibutuhkan mobil ini untuk berakselerasi dari diam hingga 100 km per jam hanya delapan detik saja. Bagaimana, sangat canggih bukan?

5. BMW iX dan i4

BMW iX dan i4
Foto: forbes.com

Terakhir ada BMW iX dan i4. Dari mereknya saja bisa dilihat, kalau mobil ini dibanderol dengan harga yang tentunya fantastis. Untuk itu, kamu jangan heran apabila spesifikasi, fitur serta desain mobil yang dihadirkan sangat menawan.

Lihat saja BMW iX, mobil tipe ini sudah diprediksi akan menjadi primadona di tahun ini, karena memiliki desain yang futuristik, dan masuk ke dalam segmen SUV yang diminati di Indonesia.

Sementara, BMW i4 menawarkan fitur-fitur yang lebih lengkap dan unggulan, di antaranya yaitu airbag untuk penumpang yang tersemat di setiap sisi interior, penambahan kontrol traksi, kontrol stabilitas, dan juga side impact beam.

Maka dari itu, sangat wajar apabila kehadiran mobil-mobil ini sangat ditunggu di Indonesia, terutama kalangan yang menjadi target pasarnya.

Itulah beberapa daftar mobil listrik, yang sudah kamu ketahui informasinya secara lengkap di pembahasan sebelumnya. Dari semua mobil tersebut, kamu mungkin tertarik dengan salah satunya dan ingin membelinya.

Namun ingat, ketika nantinya mobil sudah dimiliki, jangan lupa untuk memperhatikan perawatannya. Mengingat, kocek yang perlu kamu keluarkan besar, sehingga menjaganya dengan sangat baik adalah satu hal yang wajib dilakukan.

Tak perlu repot melakukan banyak hal, cukup menggunakan beberapa aksesoris seperti sarung jok mobil, karpet, kaca film dan aksesoris lainnya yang dapat menjaga mobil dari risiko kerusakan.

Nah semua itu bisa kamu dapatkan dengan mudah secara online di e-commerce terbaik dan terpercaya, yakni JD.ID. Karena di sini, produk yang disediakan tak hanya lengkap, namun juga sudah #DijaminORI, dan kamu juga bisa berhemat menggunakan sejumlah promo yang tersedia.

Apalagi, kamu juga bisa memilih metode pembayaran yang ingin digunakan, baik itu transfer bank, e-money, atau COD. Jadi, tunggu apalagi? Sebelum kehabisan, yuk beli sekarang!