8 Wilayah Pemutihan Pajak 2022 Serta Persyaratan Terbarunya!

0
8946
pemutihan pajak
Foto: Kompas.com

Di tahun 2022, pemerintah tengah melakukan program pemutihan pajak kendaraan yang berlaku di sejumlah provinsi di Indonesia. Pemutihan pajak sendiri bertujuan untuk meringankan tanggung jawab denda bagi Wajib Pajak yang telat bayar atau tidak membayar.

Pasalnya, setiap pemilik kendaraan memang diharuskan untuk melakukan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yang setiap tahun maupun lima tahunan.

Meski demikian, tak sedikit masyarakat yang belum dapat bayar pajak kendaraan secara rutin karena berbagai alasan. Oleh karena itu, program pemutihan pajak diselenggarakan untuk meringankan denda karena telat bayar.

Baca Juga: Efek BBM Naik Ternyata Sampai ke Tarif Ojol? Begini Penjelasannya!

Apa itu Pemutihan Pajak?

apa itu pemutihan pajak
Foto: Instagram.com/@bapenda.jabar

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, pemutihan pajak diselenggarakan agar masyarakat yang telat atau tidak membayar pajak kendaraan dapat lebih ringan menyelesaikan tanggung jawabnya dalam melaksanakan pembayaran pajak.

Melalui program tersebut, masyarakat yang menunggak bayar pajak tidak akan dikenakan denda. Misalnya, kamu menunggak pembayaran pajak mobil diharuskan untuk bayar denda sebesar dua persen dari pajak kendaraan pokok untuk per tahunnya.

Namun, dengan adanya pemutihan pajak, kamu tidak perlu membayar denda dua persen karena adanya penghapusan sanksi administrasi dan pemberian keringanan pokok piutang pajak kendaraan bermotor.

Program pemerintah tersebut tentu saja disambut antusias oleh masyarakat, terutama bagi mereka yang merasa kesulitan jika harus membayar pajak ditambah dengan denda keterlambatan.

Wilayah yang Menerapkan Pemutihan Pajak

wilayah yang menerapkan pemutihan pajak
Foto: Disway.id

Sejumlah provinsi di Indonesia diketahui sudah melangsungkan relaksasi keringan pajak. Meski begitu, masing-masing wilayah memiliki program dan tenggat waktu yang berbeda seperti penghapusan denda hingga bebas Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB).

Berikut update terbaru 2022 delapan provinsi yang telah menerapkan pemutihan pajak kendaraan:

1. Jawa Barat

Bapenda (Badan Pendapatan Daerah) Jawa Barat telah memberlakukan program pemutihan pajak mulai dari 1 Juli hingga 31 Agustus 2022, seperti Bebas Denda PKB, Bebas BBNKB II, Bebas Tunggakan PKB Tahun ke-5, Diskon Pajak Kendaraan Bermotor, dan Diskon BBNKB I.

2. Jawa Timur

Sudah dilaksanakan pada 1 April 2022, keringanan pajak berlangsung sampai 30 September di kawasan Jawa Timur. Program ini dapat dinikmati untuk mengurus Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) tanpa sanksi administrasi.

3. Pemutihan Pajak di Bali

Berdasarkan Peraturan Gubernur Bali Nomor 63 tahun 2021 dan Nomor 41 tahun 2022, Pemprov Bali mengeluarkan dua relaksasi pajak, yaitu:

  • Gratis Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor II dari 5 Januari sampai 3 Juni 2022.
  • Pemutihan denda pajak kendaraan bermotor yang berlangsung sejak 4 April hingga 31 Agustus 2022.

Baca Juga: Aturan Jam Ganjil Genap Jakarta Terbaru 2022 dan Lokasinya!

4. Kalimantan Utara

Relaksasi pajak kendaraan di Kalimantan Utara dilaksanakan sesuai dengan Keputusan Gubernur Kalimantan Utara Nomor 188.44/K.237/2022. Program yang berlangsung hingga 30 September 2022 hanya untuk pembebasan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) II.

5. Kalimantan Tengah

Dilansir dari akun Instagram resmi Sekretariat Daerah Provinsi Kalteng, @sekretariat.daerah.kalteng, program pemutihan pajak di wilayah tersebut akan dilaksanakan hingga 17 Agustus 2022. Masyarakat Kalteng dapat menikmati beberapa program, seperti:

  • Pembebasan denda, keringanan tunggakan PKB
  • Pembebasan pokok dan denda BBNKB kedua Pembebasan pajak progresif ketiga dan seterusnya.

6. Sulawesi Utara

Mengutip dari situs resmi Bapenda Sulut, Pemprov Sulut mengadakan program keringan pajak kendaraan bermotor sampai 9 Juli 2022. Namun, ada sejumlah persyaratan yang perlu dipersiapkan, yakni:

  • Fotokopi KTP/SIM
  • Fotokopi STNK
  • Fotokopi SKPD/notice pajak
  • Fotokopi BPKB untuk balik nama
  • Kwitansi jual beli kendaraan untuk balik nama

Dengan begitu, Wajib pajak bisa memanfaatkan program pemutihan untuk keringanan pajak, bebas BBNKB, dan bebas denda.

7. Bangka Belitung

Sesuai dengan Peraturan Gubernur Nomor 12 Tahun 2022, relaksasi pajak kendaraan di Bangka Belitung berlangsung mulai 25 April hingga 29 Juli 2022, Beberapa program yang dilaksanakan yaitu menggratiskan denda PKB, BBNKB kedua, serta BBNKB untuk mutasi masuk dari luar provinsi.

8. Nusa Tenggara Barat

Berdasarkan Peraturan Gubernur NTB No. 30 Tahun 2022, Pemerintah Provinsi NTB memberikan keringanan pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) II yang berlaku mulai tanggal 18 April sampai dengan 31 Juli 2022.

Nah, itu delapan provinsi di Indonesia yang sudah menerapkan pemutihan pajak 2022. Agar berkendara semakin nyaman dan aman, kamu juga diwajibkan untuk rutin melakukan service kendaraan secara rutin seperti ganti oli, cek performa aki, dan lain sebagainya.

Kamu bahkan bisa menghemat pengeluaran membeli berbagai perlengkapan kendaraan dengan belanja online di website maupun aplikasi JD.ID. Pasalnya, di sini terdapat oli motor dan mobil, berbagai merek ban motor hingga suku cadang kendaraan lainnya.

Jangan khawatir soal kualitas, karena semua produk yang ada dijual di JD.ID sudah pasti #DijaminORI. Nikmati juga promo diskon potongan harga, cashback hingga gratis ongkir ke seluruh Indonesia. Tunggu apalagi? Yuk, belanja sekarang di JD.ID.