Apa Itu Aplikasi Ojek Online dan Info Tarif Terbarunya!

0
622
Apa Itu Aplikasi Ojek Online dan Info Tarif Terbarunya!
Foto: finance.detik.com

Hayo, siapa di antara kamu yang kini menjadi langganan aplikasi ojek online? Pasti banyak, bahkan sebagian besar masyarakat sudah menjadikan aplikasi ini sebagai andalan dalam beraktivitas.

Pasalnya, selain menawarkan kemudahan, aplikasi tersebut juga cukup menguntungkan karena sering memberikan promo yang membuat tarifnya jauh lebih hemat. Namun, apakah saat ini hal itu masih bisa dirasakan?

Mengingat, belakangan ini berita terkait kenaikan tarif ojek online ramai beredar di masyarakat. Walaupun, informasi terbarunya adalah kebijakan yang rencananya dimulai pada 29 Agustus ini resmi dibatalkan.

Lantas, berapa besar kenaikan tarif ojol yang sempat ditetapkan dan bagaimana rinciannya? Daripada penasaran, pada artikel kali ini akan diulas informasinya secara lengkap khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Baca Juga: Gak Pake Ribet, Ini Cara Perpanjang STNK Online Motor

Apa Itu Aplikasi Ojek Online?

Apa Itu Aplikasi Ojek Online?
Foto: cnbcindonesia.com

Sebelum membahas lebih jauh tentang tarif ojol terbaru, ada baiknya kamu ketahui dulu apa itu aplikasi ojek online. Pada dasarnya, ini adalah sebuah layanan yang dihadirkan dalam bentuk jasa untuk mengantar penumpang ke tempat tujuan.

Jadi, melalui layanan ini para penumpang bisa dengan mudah mendapatkan driver tanpa harus mencarinya sendiri di pangkalan. Selain itu, secara harga pun penumpang tidak perlu lagi melakukan negosiasi, karena sudah ada estimasi tarif yang dikenakan berdasarkan jarak tempuh.

Dengan begitu, aktivitas memesan transportasi berlangsung lebih mudah. Terlebih, kamu juga bisa memilih jenis kendaraan yang ingin digunakan, baik itu sepeda motor maupun mobil.

Hanya saja, tarif yang dikenakan sudah pasti berbeda karena fasilitas yang diberikan lebih nyaman. Ibaratnya, kalau menggunakan mobil kamu bisa duduk dan beristirahat dengan tenang tanpa perlu khawatir kepanasan atau kehujanan.

Meskipun, setiap jenis kendaraan memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Seperti misalnya pada saat macet, mobil akan memakan waktu tempuh yang lebih lama karena tidak bisa menyalip layaknya sepeda motor.

Tarif Terbaru Ojek Online

Tarif Terbaru Ojek Online
Foto: radarbogor.id

Meski informasi terkait aplikasi ojek online sudah kamu ketahui di pembahasan sebelumnya, namun belum lengkap rasanya jika kamu belum mengetahui update kenaikan tarif ojol yang sempat diputuskan akan berlangsung pada 29 Agustus 2022.

Nah, terkait hal tersebut sebenarnya Kementerian Perhubungan melalui Direktur Jenderal Perhubungan Darat, yakni Hendro Sugiatno sudah menjelaskan bahwa kenaikan ini akan dilakukan pada tiga zona berbeda, yaitu zona I, II, dan III.

Aturan itu pun diketahui terdiri dari biaya jasa dengan batas atas dan bawah, serta biaya jasa minimal per lima kilometer pertama. Jadi, untuk perhitungannya tidak sembarangan karena memperhatikan aspek-aspek di atas.

Apalagi, aturan tersebut juga sudah tertuang dalam Keputusan Menteri Perhubungan (KM) Nomor 564 Tahun 2022 Tentang Pedoman Perhitungan Biaya Jasa Penggunaan Sepeda Motor yang Digunakan untuk Kepentingan Masyarakat.

Aturan itu sudah diteken pada 4 Agustus 2022 dan menjadi pengganti KM Nomor 384 Tahun 2019, sekaligus pedoman sementara bagi penetapan batas tarif atas dan bawah ojek online.

Untuk itu, buat kamu yang ingin mengetahui rincian tarif terbaru ojek online dengan lebih jelas, berikut daftarnya berdasarkan zona wilayah I, II, dan III.

1. Zona I

Mencakup wilayah Sumatera, Jawa (selain Jabodetabek), dan Bali, pemerintah menentukan biaya jasa untuk zona ini, yaitu:

  • Batas bawah, Rp 1.850/km
  • Batas atas, Rp 2.300/km
  • Biaya jasa minimal dengan rentang berkisar Rp 9.250 – Rp 11.500 (sebelumnya Rp 7.000-Rp 10.000).

2. Zona II

Terdiri dari wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi, pemerintah menentukan biaya jasa untuk zona ini, yaitu:

  • Batas bawah, Rp 2.600/km
  • Batas atas, Rp 2.700/km
  • Biaya jasa minimal dengan rentang berkisar Rp 13.000 – Rp 13.500 (sebelumnya Rp 8.000-Rp 10.000).

3. Zona III

Zona yang mencakup wilayah Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara dan sekitarnya, Maluku, serta Papua telah diputuskan biaya jasa oleh pemerintah, yang di antaranya yaitu:

  • Batas bawah, Rp 2.100/km
  • Batas atas, Rp 2.600/km
  • Biaya jasa minimal dengan kisaran Rp 10.500 – Rp 13.000 (sebelumnya Rp 7.000-Rp 10.000).

Baca Juga: Update Harga BBM Terbaru, Pertalite Bikin Kaget!

Itulah rincian kenaikan tarif ojol yang ditentukan pemerintah. Bagaimana, kini kamu sudah tahu secara jelas kan semua informasinya, termasuk mengenai aplikasi ojek online?

Kenaikan tarif tersebut ditaksir mencapai 30-50%, seperti contohnya di kawasan Jabodetabek yang sebelumnya biaya jasa dikenakan sebesar Rp 8.000-Rp 10.000, jika mengalami kenaikan maka tarif yang berlaku sekitar Rp 13.000 – Rp 13.500.

Maka dari itu, tidak heran apabila pemerintah mengambil keputusan untuk menunda kembali kebijakan ini, karena masih membutuhkan banyak masukan dari para pemangku kepentingan, sekaligus mengkaji ulang agar mendapatkan hasil terbaik.

Akan tetapi, walau begitu setidaknya kamu sudah memiliki gambaran berapa besar estimasi kenaikan tarif yang akan diberlakukan, sehingga kamu bisa mempersiapkan banyak hal, mulai dari biaya hingga kebutuhan lainnya.

Bahkan, sebagai antisipasi kamu juga bisa merencakan pembelian kendaraan pribadi agar mobilitas sehari-hari berlangsung efektif dan efisien. Hanya saja, kamu perlu mengumpulkan dana terlebih dahulu agar bisa memilih merek dan unit kendaraan yang diinginkan.

Apabila dana sudah terkumpul, selanjutnya kamu bisa langsung mencari unit yang diinginkan. Namun, jika kamu lebih nyaman menggunakan ojek online sebagai transportasi beraktivitas, maka untuk meningkatkan keamanan kamu bisa membeli sejumlah aksesori berkendara seperti helm, jaket, maupun jas hujan.

Semua itu saat ini bisa kamu beli dengan mudah dan cepat secara online, salah satunya melalui e-commerce terbaik dan terpercaya seperti JD.ID. Pasalnya, di sini kamu bisa menemukan banyak aksesori berkendara berkualitas yang bisa dibeli sesuai keinginan, kebutuhan, dan budget yang ada.

Lalu, agar lebih hemat kamu juga bisa menggunakan sejumlah promo yang tersedia. Jadi, sudah tidak perlu lagi khawatir soal biaya, karena pasti hemat dan #DijaminORI. Kalau begitu, tunggu apalagi? Yuk, beli sekarang sebelum kehabisan!