Berapa Biaya Balik Nama Mobil Bekas? Yuk Cari Tahu Dulu!

0
9750

Saat ini kamu baru saja membeli mobil bekas untuk persiapan mudik? Nah ada beberapa hal yang wajib kamu ketahui dan perhatikan terlebih dahulu sebelum membeli mobil bekas. Salah satunya yakni biaya balik nama mobil.

Dalam mengurus balik nama mobil bekas sebenarnya dapat kamu lakukan sendiri. Dengan mengurusnya sendiri tentu saja biaya yang kamu keluarkan akan jauh lebih murah dibandingkan dengan menggunakan jasa orang lain.

Lalu apa saja sih yang harus kamu persiapkan dalam mengurus biaya balik nama mobil tersebut? Yuk cari tahu lebih dalam.

Baca Juga: Yuk Cek Pajak Mobil dan Hal Penting Lainnya Sebelum Mudik!

Biaya yang Wajib Kamu Persiapkan untuk Balik Nama Mobil Bekas

Mobil SUV Hyundai Matic

Biaya balik nama mobil rupanya tergantung pada mobil yang kamu beli lho! Selain itu biaya tersebut juga tergantung pada lokasi tempat tinggal kamu. Karena pada dasarnya biaya tersebut diatur oleh pemerintah daerah. Jadi jangan heran kalau biaya balik nama mobil setiap mobil dapat berbeda-beda.

Menurut Perda DKI Jakarta nomor 6 tahun 2019 engenai Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor untuk kendaraan seken yakni satu persen dari Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB). Berikut rincian yang perlu kamu ketahui:

  • Tarif penerbitan STNK: Rp 200.000
  • Tarif BPKB: Rp 375.000
  • Tarif TNKB: Rp 100.000 (dapat lebih)
  • Tarif untuk Surat Mutasi: Rp 250.000
  • Tarif untuk cek fisik mobil: Rp 25.000
  • Tarif SWDKLLJ: Rp 143.000
  • Tarif BBN KB: 1% dari harga beli mobil

Selain itu kamu juga diwajibkan untuk membayar biaya pendaftaran sesuai kebijakan tiap Samsat ya. Pada umumnya biaya ini sebesar Rp 75.000 – Rp 1.000.000. Nah apabila kamu mengenakan jasa orang lain pastinya kamu akan menambah biaya lagi.

Dokumen yang Wajib Kamu Persiapkan Terlebih Dahulu

Nah untuk mengurus balik nama mobil ini tentunya dibutuhkan beberpa dokumen yang wajib kamu persiapkan terlebih dahulu. Pastikan semua dokumen ini kamu perhatikan baik-baik dan jangan sampai ada yang miss ya. Apa saja itu?

  • Fotocopy kuitansi pembelian mobil dengan materai
  • Fotocopy KTP pemilik baru
  • Fotocopy STNK
  • Fotocopy BPKB
  • Fotocopy dokumen cek fisik

Namun ingat ya tetap wajib membawa dokumen yang asli. Hal ini dilakukan agar sekiranya jika ada beberapa dokumen yang rupanya dibutuhkan, kamu sudah siap sedia memberikannya pada petugas.

Baca Juga: Hyundai IONIQ 5 Laku Keras? Ini Sebabnya!

Tahapan yang Harus Kamu Ikuti

  1. Datangi Samsat lalu kunjungi loket cek fisik.
  2. Bayarlah biaya untuk cek fisik kendaraan pata petugas. Petugas akan mengecek kendaraan kamu termasuk bagian nomor rangka serta nomor mesin mobil.
  3. Tahap berikutnya yakni kunjungilah loket pendaftaran balik nama, dan bayar biaya pendaftaran pata petugas. Selanjutnya petugas akan memberikan formulir. Isi formulir tersebut secara benar. Jangan lupa berikan pula semua dokumen persyaratan yang telah kamu persiapkan sebelumnya.
  4. Selanjutnya yakni melakukan mutasi ke samsat tujuan sesuai dengan KTP. Nantinya petugas akan segera memberikan arsip yang berisi mengenai dokumen kelengkapan mobil. Selanjutnya, balik nama mobil diurus ke Samsat tujuan kamu.
  5. Kunjungi Samsat sesuai dengan domisili KTP. Pada tahap ini petugas akan mengecek kembali fisik mobil.
  6. Kumpulkan semua dokumen yang diperlukan dan serahkan ke petugas Samsat. Lalu, lanjutkan ke loket mutasi BPKB.
  7. Tahap selanjutnya yakni isi formulir yang diberikan oleh petugas. Jangan lupa sertakan fotokopi KTP dan lunasi biaya mutasi balik nama mobil.
  8. Lalu kamu dapat menyerahkan dokumen formulir tersebut beserta dengan bukti pembelian mobil Anda ke loket BPKB. Anda akan mendapatkan tagihan BPKB yang wajib kamu lunasi terlebih dahulu.
  9. Simpan bukti pembayaran BPKB tersebut. Setelah itu kamu dapat ke loket pembayaran untuk membayar biaya STNK. Ingat simpan seluruh bukti pembayaran tersebut dengan baik ya. Jangan sampai hilang.
  10. Kembali ke loket BPKB dan tunjukan fotokopi STNK dan fotokopi pembayaran pajak STNK pada petugas.
  11. Serahkan kembali fotokopi STNK dan pembayaran pajak STNK ke loket Pelat Nomor. Nantinya kamu akan diberikan pelat nomor yang baru.
  12. Kamu juga akan mendapatkan STNK dan BPKB yang baru sesuai dengan data pemilik mobil tersebut yang telah kamu beli.

Nah itu dia beberapa hal yang wajib kamu ketahui sebelum membeli mobil bekas untuk mudik tahun ini. Namun memang seperti yang kita tahu bahwa pembelian mobil bekas tidaklah mudah. Kamu wajib mengeceknya secara baik-baik dan akurat.

Bagi kamu yang ingin membeli mobil SUV, MVP, City Car, Hatchback, Sedan, hingga Station Wagon semua tersedia lengkap di JD.ID ya. Tak hanya itu saja, dengan membeli mobil di JD.ID pastinya dijamin aman dan terpercaya lho!

Kini kamu dapat membeli mobil dengan mudah tanpa ribet hanya di JD.ID. Selain itu kamu juga bisa memanfaatkan promo yang berlaku di JD.ID.

Jadi bagaimana sudahkan kamu persiapkan ingin membeli mobil apa untuk mudik di tahun ini?