Buka Tutup Puncak, Ini Jadwal Terbaru dan Jalur Alternatifnya!

0
403
Buka Tutup Puncak, Ini Jadwal Terbaru dan Jalur Alternatifnya!
Foto: Istimewa

Layaknya ritual, mengecek jadwal buka tutup Puncak bisa dibilang kini menjadi sebuah aktivitas yang wajib dilakukan. Apalagi, jika kamu yang berkunjung ke lokasi yang terletak di daerah Bogor, Jawa Barat ini pada akhir pekan atau hari libur nasional.

Pasalnya, jalur menuju kawasan ini selalu dipadati kendaraan, baik motor maupun mobil milik pendatang dari luar kota. Bahkan, kendaraan tersebut tak hanya memadati, namun juga mengakibatkan kemacetan karena volumenya yang meningkat berkali-kali lipat.

Maka dari itu, sebagai solusi untuk melerai kemacetan tersebut dihadirkan aturan buka tutup Puncak yang berlaku di waktu-waktu tertentu. Lantas, kapan saja aturan ini diberlakukan? Daripada penasaran, yuk langsung simak bersama-sama informasinya berikut ini!

Baca Juga: Lokasi dan Jam Ganjil Genap Jakarta Terbaru 2022, Wajib Tahu!

Aturan Buka Tutup Puncak

 Aturan Buka Tutup Puncak
Foto: Humas Polres Bogor

Mengenai buka tutup Puncak, siapa di antara kamu yang belum mengetahuinya? Yuk, sini berkenalan! Jadi, ini adalah sebuah aturan yang dihadirkan pihak berwajib untuk menanggulangi kemacetan yang kerap terjadi di sepanjang jalan menuju kawasan dingin di daerah Bogor.

Aturan ini membatasi jalur kendaraan yang boleh melintas sesuai dengan jam tertentu yang sudah ditetapkan. Mudahnya begini, jika biasanya tersedia dua jalur dengan dua arah, yakni menuju Puncak dan Jakarta, maka dengan aturan ini jalur yang dibuka hanya satu (one way).

Dengan begitu, jumlah kendaraan yang melintasi jalur tersebut tidak begitu membludak sehingga lalu lintas berlangsung lancar. Nah, untuk jadwal buka tutupnya sendiri biasanya diberlakukan setiap akhir pekan dan libur nasional dengan rincian sebagai berikut.

  • Pagi pukul 08.30–10.30 WIB, jalur yang dibuka hanya menuju Puncak, karena untuk jalur sebaliknya atau arah ke Jakarta akan dialihkan.
  • Sore pukul 14.00–16.00 WIB, jalur yang dibuka hanya untuk ke arah Jakarta dan Ciawi, karena jalur menuju Puncak akan ditutup dan dialihkan.

Dengan jadwal buka tutup tersebut, para wisatawan bisa memilih waktu keberangkatan pagi hari dan sore untuk pulang agar terhindar dari macet, sehingga aktivitas berwisata berlangsung lancar, nyaman, serta aman.

Akan tetapi, jadwal ini masih bisa mengalami penyesuaian karena tergantung pada kondisi dan situasi di lapangan. Dengan begitu, jika ingin mendapatkan informasi yang tepat kamu perlu memantaunya secara rutin beberapa hari sebelum keberangkatan.

Jalur Alternatif Menuju Puncak

Jalur Alternatif Menuju Puncak
Foto: ANTARA

Selain memantau aturan buka tutup Puncak, kamu juga perlu mengetahui jalur alternatif yang bisa ditempuh jika kamu diharuskan berkunjung ke kawasan ini saat akhir pekan.

Mungkin beberapa orang sudah tahu jalur mana saja yang bisa dilewati. Namun, buat kamu yang belum bisa coba melalui Sentul, tepatnya keluar di pintu tol Sentul Selatan.

Nah, dari pintu tol tersebut kamu bisa langsung memilih rute menuju Babakan Madang atau Perumahan Bukit Pelangi (Rainbow Hill), yang nantinya akan mengantarkan kamu ke Jembatan Megamendung yang menuju Puncak.

Kemudian, dari Megamendung kamu bisa langsung belok ke kanan, lalu belok ke kiri setelah melewati simpang Gadong atau tepatnya di sebelah Vimala Hills. Ambil jalur ke arah Cibedug dan setelah sampai di pertigaan, kamu bisa ambil jalur kiri menuju Arca Domas.

Setelah masuk ke jalur Arca Domas, kamu tinggal mengikuti jalan ke arah Polsek Megamendung. Di perjalanan tersebut, kamu akan melewati beberapa desa seperti Desa Pasir Muncang, Desa Megamendung, Desa Cidokom, dan berujung di Desa Citeko yang dekat dengan Pasar Cisarua.

Yap, di desa itulah nantinya kamu akan keluar dan melanjutkan perjalanan melalui jalur utama Puncak. Hanya saja, kamu perlu berhati-hati saat berkendara di jalur alternatif ini karena medannya yang cukup ekstrem, yakni berkelok-kelok dan banyak tikungan tajam.

Baca Juga: Bebas Tilang! Ini Aturan Ganjil Genap Jakarta yang Wajib Dipahami

Maka dari itu, untuk meminimalisir risiko terjadinya kecelakaan, kamu bisa memastikan kondisi kendaraan aman dan memiliki performa baik.

Kemudian, jika ingin lebih aman lagi kamu bisa menggunakan sejumlah aksesoris berkendara seperti lampu mobil yang lebih cerah, mengganti ban mobil yang lebih baik dan kuat, bahkan mengecek keadaan suku cadang.

Semua itu bisa dilakukan dan dibeli di bengkel resmi langganan. Akan tetapi, jika ingin lebih praktis dan mudah kamu bisa membelinya sendiri secara online, salah satunya melalui e-commerce terbaik dan terpercaya, yaitu JD.ID.

Pasalnya, platform belanja ini menyediakan banyak aksesori kendaraan, termasuk suku cadang original yang bisa kamu beli sesuai keinginan, kebutuhan, dan budget yang ada. Namun, jika ingin lebih hemat kamu bisa menggunakan sejumlah promo menarik yang disediakan.

Dengan begitu, kegiatan belanja semakin menyenangkan, terlebih produk-produk yang dijual sudah #DijaminORI, dan kamu juga bisa melakukan pembayaran secara fleksibel dengan memilih satu metode yang ingin digunakan, baik itu transfer bank, e-money, atau cash on delivery (COD).

Bagaimana, sangat mudah kan berbelanja di JD.ID? Kalau begitu, tunggu apalagi? Sebelum kehabisan, yuk beli sekarang!