Cara Parkir Paralel Mobil Mudah, Cepat, Bisa Dalam Sekejap!

0
1708
Cara Parkir Paralel Mobil Mudah, Cepat, Bisa Dalam Sekejap!
Ilustrasi: News24

Cara parkir paralel sering jadi kesulitan untuk beberapa orang. Hal yang sering terjadi yakni kurang pasnya posisi mobil atau bisa pula menyerempet mobil orang lain dan menabrak pembatas jalan.

Oleh sebab itu hal yang wajib kamu pelajari terlebih dahulu yakni mengenai teori darai parkir paralel. Terutama bagi kamu yang baru belajar menyetir mobil dan ingin latihan parkir paralel. Cara ini sangat ampuh. Dijamin bisa dalam sekejap.

Kedua cara parkir paralel dibawah ini khusus sebelah kanan jalan. Apabila kamu parkir paralel di sebelah kiri jalan, ikuti cara di bawah ini dengan kebalikan dari arah yang tertera.

Cara Parkir Paralel untuk Pemula Jamin Bisa Dalam Sekejap!

Jalan lurus dan ambil lebar jarak kira-kira 100 cm bersebelahan dengan mobil A.

Maju lurus sambil cek terlebih dahulu apakah panjang mobil kita muat untuk parkir diantara kedua mobil tersebut.

Baca Juga: Tips Belajar Mobil Cepat dan Aman untuk Persiapan Mudik

Pastikan bemper mobil belakang kamu berada di posisi sejajar dengan bemper mobil A.

Pastikan juga jarak antara bemper depan mobil kamu dengan bemper belakang mobil B berjarak 2 meter. Apabila kurang dari 2 meter dan kamu merupakan pemula, alangkah baiknya mencari tempat parkir lain.

Cara Parkir Pararel
Ilustrasi: cintamobil.com

Selanjutnya maju terus dan sejajarkan bemper belakang mobil kita dengan bemper belakang mobil B. Putar setir full ke arah kanan lalu mundur dan perhatikan spion kiri lihat hingga body mobil kita sejajar dengan bemper pojok mobil A kelihatan.

Setelah itu luruskan setir mobil kita. Perhatikan spion sebelah kanan. Mundur hingga bemper mobil kita berjarak 80 cm dengan pembatas.

Terakhir putar full setir ke arah kiri, kemudian mundur kembali. Luruskan setir dan kamu tinggal sesuaikan jaraknya, usahakan ukuran depan dan belakng sama yakni 1 meter depan dan 1 meter belakang.

Baca Juga: Hyundai IONIQ 5 Laku 1700 Unit dalam Sebulan? Ini Sebabnya!

Cara Keluar dari Parkiran Paralel Super Gampang!

Mundurkan mobil kurang lebih berjarak 30 – 40 cm dengan mobil A. Majukan mobil dengan putar full ke kiri sampe sekitar 45 derajat. Kemudian luruskan kembali setir kamu dan jalan lurus.

Ingat sebelum keluar mobil perhatikan spion kiri. Jika sudah aman tak ada kendaraan yang berlalu lalang barulah kamu jalan.

Sangat mudah bukan cara parkir paralel? Kini kamu tak perlu gusar dan bimbang lagi untuk parkir paralel. FYI sedikit tips buat kamu yang masih pemula dalam menyetir mobil, alangkah baiknya kamu menggunakan city car atau hatchback saja.

promo ban mobil JD.ID

Selain memiliki dimensi yang lebih kecil kamu juga menjadi lebih leluasa dalam menyetir dan mengira-ngira. Untuk mendapatkan berbagai macam mobil city car atau hatchback dengan harga yang lebih terjangkau kamu bisa membelinya di JD.ID.

Selain city car dan hatchback, di JD.ID juga ada tipe mobil lainnya seperti mobil listrik, mobil keluarga, serta ada pula perlengkapan suku cadang mobil. Metode pembayarannya pun sangat mudah dengan banyak pilihan mulai dari kartu kredit, kartu debit, online payment, kredit online, hingga COD semua tersedia lengkap.