Info Terkini Arus Balik Mudik Lebaran 2022

0
229
Update Info Arus Balik Mudik Lebaran

Sudah usai melepas rindu dengan menghabiskan Hari Raya Idulfitri bersama dengan keluarga tercinta kini saatnya kembali ke ibu kota untuk bekerja kembali. Memilih tanggal untuk arus balik mudik tentunya menjadi pertimbangan bagi kita semua karena takut terjebak macet.

Menurut sumber dari wawancara yang dilakukan, banyak masyarakat yang masih mencari aman untuk menghindari kemacetan total yakni menjalani mudik di tanggal 3 hingga 5 Mei serta menjalani arus mudik saat tanggal 5 Mei atau nanti setelah tanggal 8 Mei 2022.

Namun beberapa dari mereka juga tidak mempedulikan hal tersebut. Sebagian dari mereka juga ingin memaksimalkan libur lebaran kali ini yang sudah tertunda 2 tahun silam, untuk melepas rindu terhadap keluarga. Sehingga sudah menjadi pembayaran setimpal dengan bermacet-macetan seharian.

Baca Juga: Jadwal Ganjil Genap Tol dan One Way Saat Arus Mudik 2022

Kondisi Arus Mudik

Menurut sumber yang di dapat bahwa masih banyak pula masyarakat yang mudik di tanggal 3 Mei 2022 untuk menghindari puncak kemacetan. Salah satu narasumber yang di dapat yakni Verina Beatrice selaku masyarakat yang menjalani mudik Lebaran ini mengaku bahwa perjalanan mudik ke Kota Tegal di tanggal 3 Mei tidak separah arus mudik di tanggal 29 April hingga 2 Mei kemarin.

Meski awalnya macet parah namun semakin lama hanya padat saja tapi masih berjalan. Kecepatan yang di dapat kira-kira 40km/jam sampai 60 km/jam. Jika jalan tol lancar pada umumnya hanya menempuh 4 jam perjalanan saja, akan tetapi mudik kali ini ia mencapai 6,5 jam.

Ia juga mengatakan takut akan arus mudik di tanggal 6 atau 8 Mei karena seperti yang kita tahu bahwa itu puncak arus balik mudik. Sehingga ia pun mengambil keputusan untuk tidak mengambil jalur darat kembali atau menggunakan mobil melainkan mengambil jalur rel kereta api saja agar dapat sampai dengan selamat dan cepat.

Kondisi rest area pun cukup padat hingga beberapa rest area menggabungkan toilet pria dan wanita menjaddi toilet khusus wanita agar menghindari antrean terlalu panjang. Sehingga untuk para pria di alihkan ke toilet di lain tempat.

Kondisi Arus Balik Mudik

Di mulai tanggal 5 Mei 2022 rupanya arus balik mudik dimulai, meski tidak macet total akan tetapi kondisi jalanan cukup terisi padat lancar.

Untuk saat ini merekayang melakukan balik ke ibu kota tentunya ingin menghindari kemacetan total di arus balik mudik. Polda Metro pun mengatakan bahwa puncak arus mudik akan terjadi pada tanggal 8 Mei 2022.

Baca Juga: Update Syarat Mudik 2022 yang Wajib Kamu Tahu dan Taati

Sebelum kamu melalukan perjalanan kembali ke ibu kota ada baiknya kamu juga melihat jadwal one way ganjil genap tol arus balik mudik lebaran 2022.

Pelaksanaan ganjil genap akan berlangsung pada tanggal:

  • Jumat, 6 Mei 2022 pukul 14.00 – 24.00 WIB: Mulai dari gerbang Tol Kalikangkung Km 414 hingga Km 47 Tol Jakarta-Cikampek
  • Sabtu, 7 Mei 2022 pukul 07.00 – 24.00 WIB: Mulai dari gerbang Tol Kalikangkung Km 414 hingga Km 3 gerbang Tol Halim.
  • Minggu, 8 Mei 2022 pukul 07.00 – 03.00 WIB (9 Mei 2022): Mulai dari gerbang Tol Kalikangkung Km 414 hingga Km 3 gerbang Tol Halim.

Sedikit saran untuk menjalani arus balik mudik untuk menyediakan beberapa makanan agar tidak kelaparan dan mengantre panjang di rest area. Tetap jalani protokol kesehatan yakni menggunakan masker, selalu mencuci tangan seusai memegang benda, dan menjaga jarak terhadap sekitar. Tujuannya yakni untuk meminimalisir penularan Covid19.

Jangan lupa untuk mengecek kendaraan juga sebelum menjalani perjalanan jauh. Pastikan seluruh mesin mobil maupun motor dalam kondisi baik, sudah mengganti oli, dan jangan lupa pula cek tekanan angin dan ban. Hal tersebut tentunya untuk menghindari kecelakaan saat mudik.

Promo JD ID automotive raya festival

Buat kamu yang merasa ada kendala dengan kendaraannya dan sekiranya perlu mengganti beberapa suku cadang dari kendaraan. Kamu bisa memesannya di JD.ID lho! Selain pengrimannya yang cepat, aman, dan gratis, kamu juga bisa menikmati berbagai macam promo diskon spesial khusus di bulan Ramadan ini!