Jadwal Ganjil Genap Tol dan One Way Saat Arus Mudik 2022

0
584
ganjil genap tol
Source: iNews

Sebentar lagi hari raya lebaran akan tiba, bagi kamu yang ingin melakukan mudik dengan kendaraan pribadi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan mulai dari kesiapan kendaraan hingga mengetahui jadwal ganjil genap tol.

Pemberlakuan peraturan lalu lintas tersebut dibuat agar mudik bisa berjalan lancar dan meminimalisir terjadinya kemacetan yang parah di sejumlah tol.

Jangan sampai salah jadwal mudik karena pihak kepolisian akan memberlakukaan filtrasi dan memberikan sanksi jika plat nomor tidak sesuai ketentuan.

Baca Juga: Daftar Tarif Tol Jakarta Bandung Terbaru Khusus Mobil Pribadi

Agar kamu bisa menyesuaikan waktu mudik dengan plat kendaraan yang kamu miliki, berikut ini jadwal ganjil genap di beberapa ruas tol.

Lokasi yang Memberlakukan Ganjil Genap Tol dan One Way

Source: CNNIndonesia

Peraturan tentang rekayasa lalu lintas dan filterisasi akan diberlakukan di tujuh ruas jalan tol berikut ini

  • Gerbang Tol Bekasi Barat
  • Gerbang Tol Bekasi Timur
  • Gerbang Tol Tambun
  • Ganjil Genap Tol Cibitung
  • Gerbang Tol Cikarang Barat
  • Gerbang Tol Cikarang Pusat
  • Gerbang Tol Cibatu

Bagi kamu yang ingin melakukan mudik dan melewati jalan tol yang disebutkan diatas, sebaiknya sesuaikan plat nomor kendaraan dengan tanggal keberangkatan. Jika plat nomor kendaraan tidak sesuai tanggal maka akan terkena sanksi dikeluarkan dari tol tersebut.

Jadwal One Way di Area Jalan Tol saat Arus Mudik

Selain ganjil genap tol, aparat kepolisian juga memberlakukan one way di beberapa area tol, oleh karena itu berikut jadwal one way yang berlaku di beberapa ruas jalan tol.

  • Kamis (28/4/2022): One way dimulai pada jam 17.00 sampai 00.00 WIB
  • Jumat (29/4/2022): One way dimulai pada jam 07.00 sampai 00.00 WIB
  • Sabtu (30/4/2022): One way dimulai pada jam 07.00 sampai 00.00 WIB
  • Minggu (1/5/2022): One way dimulai pada jam 12.00 sampai 07.00 WIB

Baca Juga: Update Syarat Mudik 2022 yang Wajib Kamu Tahu dan Taati

Waktu dari rekayasa lalu lintas berupa one way tersebut dapat mengalami perubahan tergantung situasi dan kondisi tertentu atau bersifat situasional. Ada baiknya kamu selalu memantau berita terkini seputar arus mudik agar bisa berangkat di waktu yang tepat.

Selain mengetahui peraturan ganjil genap tol yang berlaku saat arus mudik, ada baiknya kamu juga mengecek kesiapan kendaraan pribadi kamu. Sebelum melakukan mudik sangat disarankan untuk melakukan service dan melakukan pengecekkan kendaraan secara menyeluruh.

Jika kamu sedang mencari onderdil ataupun suku cadang kendaraan pribadi seperti mobil ataupun motor, kamu bisa menemukannya di JD.ID. Selain pilihan barang yang lengkap, kamu juga bisa berbelanja hemat dengan menggunakan promo seperti voucher belanja, potongan harga, hingga cicilan 0%. Jangan sampai kelewatan keseruannya dan belanja di JD.ID Sekarang!