Motor Listrik Indonesia Banyak Diburu, Gesits Jadi Idola?

0
839
Motor Listrik Indonesia Banyak Diburu, Gesits Jadi Idola?
Dokumen Pribadi: Nadhilah Kusindriani

Motor listrik Indonesia kini banyak dilirik masyarakat lantaran menawarkan segudang keunggulan. Terlebih, Bahan Bakar Minyak (BBM) mengalami kenaikan yang cukup menguras isi kantong.

Sejumlah pabrikan otomotif meluncurkan sepeda motor tanpa BBM untuk membantu mobilitas banyak orang, salah satunya adalah motor listrik buatan dalam negeri, yaitu Gesits. Bahkan, Presiden Indonesia, Joko Widodo memberikan dukungan penuh terhadap produk lokal ini.

Pasalnya, hasil kerja mahasiswa Intitut Teknologi Sepuluh November (ITS) bersama dengan Kementerian Riset dan Teknologi ini mengklaim dirinya ramah lingkungan dan easy operation.

Hal itulah yang membuat James sebagai karyawan swasta di Jakarta memutuskan untuk membeli sepeda motor Gesits untuk aktivitasnya sehari-hari. Selain, tidak mengeluarkan uang untuk membeli bensin, kendaraan roda dua tersebut dipilih sebagai investasi jangka panjang.

“Beli motor listrik Gesits mah sebenarnya karena pengin hemat. BBM kan mahal, kalau dihitung pun selisihnya lumayan besar, jadi yaudah pilih ini buat support produk lokal sekaligus longterm investment,” ujar James.

Pria berusia 30 tahun ini melanjutkan, sepeda motor Gesits sangat menarik perhatiannya karena menawarkan banyak fitur canggih. “Ada mode berkendara, jadi bisa disesuaikan sesuka hati tergantung keinginan. Misal, kalau daya baterai menipis, bisa menggunakan mode eco. Mode sport biasanya dipakai saat malam hari dengan kondisi jalanan kosong agar cepat sampai rumah.”

Baca Juga: Lebih Irit Mana, Motor Listrik Indonesia atau Motor Bensin?

Memang Apa Saja Keunggulan Motor Listrik Indonesia Gesits?

Keunggulan Motor Listrik Indonesia
Dokumentasi Pribadi: Nadhilah Kusindriani

Meski masih newbie atau pemain baru di dunia otomotif Indonesia, namun popularitas Gesits sudah tak perlu diragukan lagi. Hal tersebut dapat dilihat dari mulai banyaknya sepeda motor kebanggaan Indonesia ini lalu lalang di jalan raya.

Tak hanya itu, kendaraan pabrikan PT WIKA Industri dan Konstruksi ini juga ramai dan diburu banyak orang saat berpartisipasi dalam pameran, salah satunya adalah Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022 silam.

Dalam pagelaran tersebut, James mengaku langsung jatuh cinta saat melihat tampilan body yang modern dan sporty, selain sparepart canggih yang memang sudah dirancang khusus menggunakan teknologi andal.

Saat itu, James membeli motor listrik Indonesia Gesits warna merah seharga Rp 25 juta dan sudah mendapatkan helm, kaos, dan bonus satu buah smartphone. Namun, agar berkendara lebih aman dan nyaman, James memutuskan untuk membeli satu baterai cadangan sebesar Rp 8,5 juta.

Biar lebih yakin membeli sepeda motor Gesits, yuk cari tahu spesifikasi lengkapnya berikut ini.

1. Mesin

  • Tipe: Ride-by-wire Electric Throttle.
  • Mode berkendara: Eco, Urban, dan Sport.
  • Sistem pendinginan: Pendingin udara.
  • Tenaga: Maksimal 6.7 hp @3600 rpm.
  • Torsi: Maksimal 30 Nm @ 0-2125 rpm.
  • Transmisi: Gates Poly Chain GT Carbon Belt.
  • Bahan bakar: Listrik.
  • Konsumsi daya: 200 Watt – Peak Power 500 Watt.
  • Tipe motor: Permanent Magnet Synchronous – BLDC Motor.

2. Performa

  • Akselerasi (0-50 kilometer per jam): 5 detik.
  • Kecepatan maksimum: 70 kilometer per jam.
  • Baterai: Li-NCM 72 Volt 20 Ah.
  • Jarak maksimal baterai: 50 kilometer untuk baterai tunggal.

3. Dimensi

  • Panjang: 1.947 milimeter.
  • Lebar: 674 milimeter.
  • Tinggi: 1.135 milimeter.
  • Jarak Sumbu Roda: 1.290 milimeter.
  • Berat: 94.5 kilogram.
  • Kapasitas Tangki: 50 kilometer dan 100 kilometer.

4. Rangka

  • Tipe: Baja.
  • Suspensi Depan: Teleskopik.
  • Suspensi Belakang: Swing Arm with Mono Shock.
  • Ban Depan: FR 80/80-R14.
  • Ban Belakang: RR 100/80-R14.

Keunggulan Gesits Sebagai Motor Listrik Indonesia

Keunggulan Gesits Sebagai Motor Listrik Indonesia
Dokumentasi Pribadi: Nadhilah Kusindriani

Ngomongin soal keunggulan, kalau dilihat di awal pembahasan, motor listrik Indonesia ini menawarkan berbagai fitur baru yang belum pernah digunakan sebelumnya. Maka dari itu, wajar apabila sepeda motor ini sukses memikat orang-orang untuk mengetahuinya lebih dalam.

Nah, hal tersebut pun diakui James, karena berdasarkan pengalamannya ada lima hal yang patut dibanggakan dari karya anak bangsa ini, yaitu:

1. 3 Mode Berkendara

Performa menakjubkan adalah poin penting yang harus dimiliki setiap moda transportasi. Yap, dalam hal ini Gesits pun memperhatikan sekali, sehingga menghadirkan tiga mode berkendara, yakni Eco, Urban, dan Sport.

Lalu, apa saja perbedaannya? Berikut penjelasannya.

  • Eco. Mode ini bisa dipakai untuk kamu yang ingin berkendara santai, nyaman, dan hemat konsumsi daya baterai karena memiliki kecepatan hingga 40-50 kilometer.
  • Urban. Mode dengan rata-rata kecepatan hingga 75 kilometer ini cocok digunakan di berbagai kondisi jalan, karena daya baterai dan performa mesin listrik seimbang.
  • Sport. Mode ini dihadirkan dengan kecepatan hingga 150 kilometer, jadi pas untuk kamu yang ingin berkendara lebih cepat karena tenaga motor meningkat, sehingga terasa lebih responsif namun boros konsumsi baterai.

Bagi laki-laki yang tinggal di daerah Tanjung Priok, Jakarta Utara ini kecepatan Urban adalah yang paling tepat untuknya. Mengingat, penggunaan sepeda motor ini hanya untuk pulang pergi (PP) kantor dan rumah.

2. Baterai Berkualitas

Setiap pembelian unit, kamu akan mendapatkan satu buah baterai yang mampu menempuh jarak hingga 50 kilometer. Bisa dikatakan cukup jauh, bukan?

Apalagi, bagi James yang hanya menggunakan sepeda motor untuk transportasi bekerja dari Tanjung Priok ke Kuningan yang hanya memakan jarak 40 kilometer untuk perjalanan pulang pergi. Jadi, cukup menggunakan satu baterai saja dalam sehari.

“Saya sih pakai motor ini memang untuk kendaraan ke kantor saja, jadi satu baterai cukup. Tapi buat jaga-jaga beli satu baterai lagi, nambahnya Rp 8,5 juta. Lumayan sih, tapi kan buat sendiri,” tuturnya.

Satu baterai diketahui membutuhkan waktu dua jam untuk pengisian daya, karena alat yang digunakan sudah fast charging. Jadi, layaknya smartphone, baterai ini bisa diisi dengan mudah, cepat, dan di mana saja selama ada sumber listrik.

Bahkan, kamu juga bisa langsung mengisi daya baterai langsung di body motor, karena tersedia port khusus charger di bagian depan bawah jok. Gimana, sangat simpel, kan?

Untuk masa kadaluarsa baterai sendiri, Gesits terhitung cukup lama dengan garansi hingga 10 tahun. Oleh karena itu, jika sewaktu-waktu terjadi kerusakan, kamu hanya perlu menghubungi layanan home service untuk meminta penggantian baterai baru.

3. Motor Listrik Indonesia Aman dari Banjir

Keunggulan lain dari motor listrik Indonesia yang satu ini, yaitu aman dari banjir. Jika ketinggian air tidak lebih dari 70 sentimeter atau melewati jok bagian atas, maka motor masih bisa dipakai menerobos genangan air.

Pasalnya, baterai disimpan di area bagasi. Jadi, sistem kelistrikan terjadi di sana, dan agar motor bisa bergerak baterai akan dihubungkan ke kabel yang tersedia. Sementara, untuk melepasnya kamu hanya perlu mencopot kabel yang tersambung ke baterai.

4. Tidak Menimbulkan Suara Bising

Selain tiga poin di atas, James juga merasakan nikmatnya berkendara tanpa suara mesin atau knalpot yang mengganggu. Hal itu terjadi karena sumber utama bergeraknya motor ini adalah baterai, jadi tidak ada suara bising yang dihasilkan.

Dengan begitu, kamu bisa berkendara dengan nyaman, dan tidak akan mengganggu pendengaran sendiri, tetangga, maupun orang-orang di sekitarmu.

Fun fact, motor listrik ini memiliki tarikan yang kencang dan tidak perlu dipanaskan seperti sepeda motor bensin pada umumnya.

5. Fitur yang Terkoneksi ke Smartphone

Keunggulan terakhir yang dimiliki motor listrik Indonesia ini, yaitu banyaknya fitur yang terkoneksi ke smartphone. Contoh mudahnya adalah Bluetooth yang tersedia di motor dan dapat dihubungkan ke ponsel, aplikasi Google Maps, port charger HP, dan sebagainya.

Belum lagi jika ponsel sudah terhubung ke motor melalui aplikasi bawaan Gesits, maka kamu bisa melihat semua informasinya, mulai dari status baterai hingga kilometer penggunaan sepeda motor.

Tampilan Motor Listrik Indonesia Gesits

Tampilan Motor Listrik Indonesia Gesits
Dokumentasi Pribadi: Nadhilah Kusindriani

Beberapa informasi terkait motor listrik Indonesia Gesits, seperti spesifikasi dan keunggulannya sudah kamu ketahui di pembahasan sebelumnya. Tapi, bagaimana ya dengan tampilannya?

Dilihat sekilas secara visual, Gesits sangat mirip dengan Honda Vario. Apalagi, tiga warna yang dihadirkan, yakni hitam, putih, dan merah semakin menambah kemiripan rupanya.

Untuk beberapa sparepart-nya, sepeda motor ini menggunakan stang model naked, terdapat windshield, dek yang bisa selonjoran, serta desain lampu depan yang tajam. Namun, yang membedakan adalah tidak adanya knalpot di bagian kanan belakang.

Jadi, kesimpulannya adalah tampilan motor listrik ini sangat menawan dan elegan, tidak jauh berbeda dengan motor bensin keluaran merek ternama. Lantas, apakah kamu tergiur ingin memilikinya?

Baca Juga: Berkendara Makin Nyaman dengan 5 Aksesori Motor Ini!

Dengan harga yang dibanderol bersahabat, kamu sudah bisa mendapatkan unit terbaik, lengkap dengan helm sebagai aksesori pelindung kepala. Kemudian, agar proses pencarian produk berlangsung mudah, kamu bisa melakukannya secara online melalui JD.ID.

Pasalnya, di platform belanja ini tersedia banyak pilihan motor listrik Indonesia Gesits dan segudang aksesori berkendara seperti sarung tangan, jas hujan, maupun lain sebagainya yang bisa dibeli sesuai keinginan, kebutuhan, dan bujet yang ada.

Lalu, jika ingin lebih hemat kamu bisa menggunakan sejumlah promo yang tersedia seperti diskon, cashback, gratis ongkir, dan cicilan 0%. Dengan semua itu, kegiatan belanja jadi semakin menyenangkan, kan?

Lantas, tunggu apalagi? Yuk, beli semua produk yang sudah #DijaminORI sekarang juga sebelum kehabisan!