Motor Listrik Indonesia VS Motor Bensin, Mana Lebih Irit?

0
1008
Motor Listrik Indonesia
Foto: Liputan6.com

Motor listrik Indonesia belakangan mulai dilirik masyarakat, khususnya setelah harga BBM resmi meningkat. Hal itu tak lain karena kendaraan roda dua ini tidak menggunakan bensin sebagai bahan bakarnya dan dikenal lebih ramah lingkungan.

Selain itu, jika dilihat di jalan raya pun keberadaan sepeda motor sudah semakin banyak lantaran harganya yang terbilang lebih murah ketimbang mobil. Namun, fungsinya tetap sama, yaitu sebagai moda transportasi.

Sebagai contoh, harga motor listrik Indonesia di e-commerce JD.ID dibanderol sekitar Rp 12 juta hingga Rp 20 jutaan. Sedangkan, motor bensin tipe Vario hanya dijual dengan harga Rp 20 jutaan saja. Hal tersebut tentu sangat jauh berbeda dengan mobil yang bisa mencapai puluhan sampai ratusan juta rupiah.

Baca Juga: Mau Servis Motor? 7 Komponen Ini Gak Boleh Dilewatkan!

Motor Listrik Indonesia VS Motor BBM

Seperti nasihat para orangtua, “Jangan Terburu-Buru Memutuskan Sesuatu Agar Tidak Menyesal di Kemudian Hari”, hal tersebut bisa kamu terapkan sebelum memilih kendaraan yang dibutuhkan.

Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui perbedaan antara motor listrik dengan motor bensin terlebih dahulu melalui artikel di bawah ini. 

Kelebihan dan Kekurangan Motor Listrik Indonesia dan Motor Bensin

Jenis Sepeda Motor Kelebihan Kekurangan
Motor Listrik Menghemat konsumsi BBM Lokasi pengisian baterai masih terbatas
Tidak mengeluarkan biaya untuk bahan bakar Belum banyak tersedia bengkel resmi dan spare part masih jarang
Mesin tidak menghasilkan suara bising Beban maksimal terbatas, umumnya hanya 150 kilogram
Perawatannya lebih mudah Jarak tempuh masih pendek
Motor Bensin Tenaga yang dihasilkan lebih besar Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) cenderung lebih mahal
Jarak tempuh yang bisa dijangkau cukup jauh Menimbulkan polusi
Sudah banyak tersedia bengkel resmi dan spare part Harus melakukan perawatan rutin setiap bulan
Bagasi yang luas Suara mesin lebih kasar


Setelah mengetahui perbedaan antara kedua sepeda motor di atas, pertanyaan selanjutnya yaitu mana yang jauh lebih irit? Yuk, simak ulasannya di sini.

Lebih Irit Mana Sepeda Motor Listrik atau Bensin?

Merujuk dari press conference yang dilakukan PLN secara daring, menyatakan kalau penggunaan motor listrik lebih murah dibandingkan motor BBM. Hal tersebut dapat diasumsikan melalui konversi nilai 1 liter bahan bakar menjadi kWh listrik, berikut rinciannya:

  • Bensin Pertalite 1 liter = 1,228 kWh.
  • Bensin Pertamax 1 liter = 1,25 kWh.

Maka, 1 kWh dari Pertalite sebesar Rp 12.280. Sedangkan, Pertamax Rp 18.125. Dengan harga tersebut diketahui kalau biaya yang dikeluarkan jauh lebih mahal dibanding motor listrik yang hanya menghabiskan maksimal Rp1.500 kWh.

Misalnya, untuk menempuh jarak 20 km motor bensin membutuhkan bahan bakar sekitar 2 liter. Jika harga Pertalite Rp 10 ribu per liter, kamu harus mengeluarkan uang sebesar Rp 20 ribu.

Sedangkan untuk motor listrik, 20 km bisa ditempuh hanya dengan mengeluarkan 2 kWh listrik dari baterai. Saat ini, harga listrik per kWh ada di kisaran Rp 1.500. Artinya, jika dikonversikan ke dalam rupiah, motor listrik hanya membutuhkan Rp 3.000 saja.

Baca Juga: Aksesori Motor Ini Bikin Berkendara Makin Nyaman, Apa Saja?

Tentukan Pilihanmu Sesuai Bujet!

Dari kelebihan dan kekurangan di atas, serta estimasi rincian pengeluaran untuk sepeda motor listrik maupun bensin, kamu dapat memilih moda transportasi yang kamu inginkan.

Pasalnya, meskipun kendaraan roda dua jenis bensin membutuhkan biaya lebih, tapi kamu tidak perlu khawatir soal jarak tempuh. Sementara, jika memilih motor listrik Indonesia kamu harus sangat prepare dengan kapasitas baterai ketika akan melakukan perjalanan jauh.

Di JD.ID, kamu bisa menemukan berbagai jenis dan tipe sepeda motor keluaran merek-merek ternama mulai dari Gesits (motor listrik), hingga Honda maupun Yamaha. 

Tak perlu takut soal harga, karena kamu bisa menikmati diskon potongan harga, cashback, sampai cicilan 0%. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, belanja di JD.ID sekarang!