Parkir Inap Bandara Lebih Hemat dari Tarif Mobil Online?

0
1271
Parkir Inap Bandara
Dokumen Pribadi: Nadhilah Kusindriani

“Parkir inap bandara kira-kira mahal gak, ya?”, pertanyaan semacam ini pasti pernah terbesit di benak dan pikiran kamu yang berencana traveling ke luar kota maupun negeri dalam waktu lama.

Pasalnya, berbagai barang yang dibawa, serta anggota keluarga maupun kerabat yang ikut pergi bersama menjadi pertimbangan dalam memilih kendaraan.

Kalaupun ingin menggunakan mobil online, tentu biaya yang dihabiskan lumayan besar. Mengingat, yang harus dibayarkan tidak hanya ongkos transportasi saja, namun juga harga tol yang dilalui selama perjalanan.

Baca Juga: Biaya Transportasi Jakarta Paling Hemat, TJ atau Kereta?

Seperti contohnya Dina, wanita yang tinggal di wilayah Depok ini ingin berlibur ke Bangkok, Thailand selama tujuh hari bersama keluarga. Terdiri dari orangtua dan dua adik perempuan, masing-masing anggota membawa satu koper dan ransel untuk menyimpan barang bawaan yang cukup banyak.

Nah, jika berangkat dengan mobil online, berarti Dina harus memesan dua unit dengan rincian tarif sebagai berikut:

  • Mobil online (dalam aplikasi pesan kendaraan): Rp 224.000
  • Dua unit mobil online: Rp 224.000 x 2 = Rp 448.000
  • Biaya Tol Cinere-Jagorawi dari Gerbang Tol Cimanggis: Rp 9.000
  • Biaya masuk Tol Dalam Kota: Rp 10.500
  • Biaya masuk Tol Prof. Dr. Ir. Sedyatmo: Rp 8.000
  • Total bujet tol: Rp 27.500

Dari rincian tersebut, bisa dihitung secara keseluruhan kalau uang yang harus Dina gelontorkan untuk satu kali perjalanan pergi ke Bandara Soekarno Hatta, yaitu Rp 448.000 + Rp 27.500 = Rp 475.000.

Namun, untuk perjalanan pulang umumnya membawa lebih banyak barang karena turut membeli sejumlah oleh-oleh untuk diberikan kepada sanak saudara maupun teman-teman.

Oleh karena itu, biasanya Dina akan membutuhkan moda transportasi yang lebih banyak sekitar tiga kendaraan. Lalu, berapa perhitungannya?

  • Ongkos satu mobil: Rp 224.000 (mobil online) + Rp 27.500 (tol) = Rp 251.500
  • Biaya tiga mobil: Rp 251.500 x 3 = Rp 754.500.

Maka, untuk biaya mobil online pulang pergi (PP), sebesar Rp 475.000 + Rp 754.500 = Rp 1.229.500.

Akan tetapi, untuk pemesanan mobil online di bandara terbilang cukup sulit karena dikhususkan untuk aplikasi yang sudah bekerjasama dengan pihak airport. Selain itu, umumnya tarif mobil online juga lebih mahal dari biasanya.

“Waktu itu pulang harus menggunakan mobil online yang sudah jadi partner dan tarifnya juga lebih mahal ketimbang berangkat ke airport,” ujar Dina.

Tapi tidak perlu khawatir, karena kamu bisa mengganti alat transportasi ke bandara dengan menggunakan mobil pribadi. Selain lebih simple, kamu juga bisa menampung seluruh anggota keluarga beserta barang bawaannya.

Hanya saja, kamu perlu mempersiapkan bujet untuk parkir inap selama berlibur. Namun, pertama-tama kamu harus mengetahui rincian tarifnya seperti yang akan diulas secara lengkap pada artikel berikut ini.

Keamanan Parkir Inap Bandara

Keamanan Parkir Inap Bandara
Dokumen Pribadi: Nadhilah Kusindriani

Saat meninggalkan kendaraan di suatu tempat, yang kerap membuat khawatir adalah keamanannya. Hal ini juga saya rasakan saat berkunjung ke Terminal 2 (T2) Bandara Internasional Soekarno Hatta pada 1 Oktober 2022.

Di lokasi parkir inap bandara (outdoor) tersebut, terlihat sejumlah mobil tersimpan rapi meski tanpa pengawasan petugas setempat. Walaupun ada kamera CCTV yang memantau 24 jam, tapi apakah itu cukup untuk memastikan semuanya aman?

Nah, untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yaitu:

  • Tidak meninggalkan tiket parkir di dalam mobil
  • Memasang cover agar kendaraan tidak langsung terkena air hujan dan panas
  • Pastikan membawa semua barang berharga
  • Melepas kabel aki untuk mencegah korsleting listrik
  • Pastikan kendaraan sudah terkunci dengan baik
  • Parkir kendaraan di tempat yang dekat dengan pos jaga.

Semua itu adalah tips yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kendaraan agar selalu aman selama ditinggal bepergian. Dengan begitu, liburan jadi tenang dan kamu bisa puas menikmatinya bersama keluarga dan kerabat tercinta.

Tarif Parkir Kendaraan

Tarif Parkir Inap Bandara
Dokumen Pribadi: Nadhilah Kusindriani

Di bandara sendiri, tarif parkir kendaraan yang ditetapkan sejatinya tidak terlalu mahal. Yap, sesuai gambar di atas kamu bisa melihat rinciannya untuk mobil, bus, dan truk pada ulasan di bawah ini.

Tarif Parkir Mobil

Berdasarkan ketentuan umum yang tertera pada papan informasi parkir inap bandara premium T2, maka mobil sedan, Jeep dan sejenisnya dikenakan tarif sebesar:

  • 4 jam pertama: Rp 30.000
  • Jam berikutnya: Rp 6.000.

Jika kamu menginapkan mobil selama tujuh hari, maka total biaya parkir yang harus dibayarkan, yaitu:

  • 7 hari = 168 jam
  • 4 jam (biaya parkir pertama): Rp 30.000
  • 164 jam (sisa waktu dan tarif berikutnya): Rp 6.000 x 164 jam = Rp 984.000.
  • Tarif parkir mobil tujuh hari: Rp 30.000 + Rp 984.000 = Rp 1.014.000.

Baca Juga: Cara Parkir Paralel Mobil untuk Pemula, Anti Ribet!

Itu dia bujet yang harus kamu persiapkan jika ingin menggunakan mobil pribadi untuk pergi ke airport. Lebih murah kan dibandingkan mobil online?

Kamu tinggal memastikan kendaraan aman dari berbagai sisi, seperti komponen mesin hingga spare part-nya. Kemudian, jika ingin lebih aman lagi kamu bisa membeli sejumlah aksesori pendukung seperti lampu depan mobil, cover stir, dan lain sebagainya yang bisa dibeli dengan mudah dan cepat di JD.ID.

Pasalnya, di platform belanja ini kamu tidak hanya bisa menemukan banyak produk otomotif, namun juga bisa membelinya dengan lebih hemat menggunakan sejumlah promo yang tersedia, seperti diskon, cashback, gratis ongkir, dan cicilan 0%.

Dengan semua promo itu, kegiatan belanja jadi semakin menyenangkan, terlebih produk-produk yang dijual sudah #DijaminORI, dan kamu juga bisa melakukan pembayaran secara fleksibel dengan memilih satu metode yang ingin digunakan.

Bagaimana, sangat mudah kan berbelanja di JD.ID? Kalau begitu, tunggu apalagi? Sebelum kehabisan, yuk beli sekarang!