Tips Belajar Mobil Cepat dan Aman untuk Persiapan Mudik

0
1146
Mudik 2022 dengan keluarga
Ilustrasi: Freepik

Menjelang mudik lebaran saat sedang marak Covid-19 seperti saat ini, tentunya akan lebih baik mengendarai kendaraan pribadi dibandingkan transportasi umum. Apabila kamu belum bisa mengendarai kendaraan roda empat, kamu bisa mulai belajar mengendarai mobil dari sekarang lho!

Tak sesulit yang dibayangkan rupanya mengendarai mobil manual ataupun matic cukup mudah. Asalkan kamu yakin dan selalu berhati-hati saat berkendara. Sebelum menempuh jarak yang cukup jauh, ada baiknya kamu lancarkan terlebih dahulu berkendara dalam kota.

Selain itu pastikan kamu ditemani dengan seseorang yang ahli dalam menyerir ya. Tujuannya untuk berjaga-jaga jika ada hal yang tak diinginkan, ia mampu menghandle dengan baik. Untuk mengetahui lebih lanjut berbagai tips belajar mobil dengan cepat bagi pemula, kamu bisa simak bacaan di bawah ini.

Baca Juga: Cara Parkir Paralel Mobil Mudah, Cepat, Bisa Dalam Sekejap!

Tips Belajar Mobil Bagi Pemula yang Cepat dan Aman 

Mobil sendiri dibagi menjaddi dua pilihan yakni secara manual dan juga secara matic. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan guna memperlancar setir mobil dengan dua jenis tipe tersebut.

Belajar Mobil Matic

belajar mobil matic hyjndai

Mobil matic merupakan mobil dengan rancangan parsneling yang dapat berpindah secara otomatis. Tak heran jika banyak orang yang lebih memilih mobil ini. Pasalnya dengan mobil matic akan lebih mudah dalam berkendara tapa ribet injak kopling, terutama saat macet.

1. Kenali Secara Detail Berbagai Fungsi dari Komponen Mobil

Bagi kamu yang ingin belajar mobil, pertama-tama kamu wajib mengetahui berbagai fungsi tombol serta komponen mobil. Mulai dari setir, rem, gas, ac, lampu sen, arti dari setiap tuas, dan lain sebagainya. Setelah memahami hafalkan berbagai letaknya agar ketika berkendara kamu tidak gugup atau panik saat ingin menjalankan fungsi  dari komponen mobil tersebut.

2. Tuas Ada Pada Posisi yang Benar

Pastikan tuas mobil di posisi P atau N sebelum menyalakan mobil. Pastikan tidak ada pada posisi R, karena posisi ini menandakan mundur. Jadi jika kamu tekan gas secara otomatis mobil akan mundur.

3. Injak Pedal Rem Saat Ingin Starter

Ketahui jenis kendaraan yang ingin kamu kemudikan. Beberapa mobil matic memang tidak membutuhkan menginjak rem saat ingin starter. Namun ada pula jenis mobil yang harus menginjak pedal rem untuk menyalakan mesin mobil.

4. Pindahkan Tuas, Jangan Lupa Tekan Rem

Agar mesin tidak mudah rusak kamu bisa menginjak pedal rem saat hendak memidahkan tuas. hal ini biasa dilakukan pada saat mesin mobil baru menyala dan ingin memindahkan tuas dari P atau N ke posisi R atau D.

5. Gunakan Mode Berkendara yang Tersedia

Pada umumnya mobil matic kini disertai dengan mode berkendara. Misalnya ssaat kamu berkendara secara cepat kamu bisa gunakan mode sport. Dengan begitu pastinya mode ini dapat menyesuaikan performa mesin.

Baca Juga: Mau Servis Motor? Jangan Lewatkan 7 Komponen Penting Ini!

Belajar Mobil Manual

mobil manual agya

Jika di rasa mobil matic kurang menantang, kamu bisa mencoba mobil manual. Belajar mengendarai mobil manual tentunya tak semudah mobil matic. Apa saja tips yang wajib kamu lakukan?

1. Kenali Komponen Mobil Lebih Dalam

Seperti halnya mobil matic, kamu juga wajib mengenal berbagai komponen dari mobil manual. Dan hafalkan segala letak komponen dan tombol yang ada pada mobil. Karena mobil ini dibutuhkan multitasking yang lebih dibandingkan mobil matic. Maka dari itu jangan hiraukan segala hal yang tak begitu penting.

2. Pahami Cara Starter Mobil

Pastikan kamu mengecek posisi mobil dalam kondisi netral. Setelah itu barulah kamu menyalakan mesin mobil dengan memutar kunci. Akan tetapi ada beberapa mobil yang mewajibkan kamu untuk menginjak rem ataupun kopling terlebih dahulu.

3. Biasakan Diri dengan Gas dan Kopling

Saat hendak jalan, kamu biasakan diri dengan gas, kopling dan gigi, terutama saat kamu ingin tranmisi atau memindahkan gigi. Apabila kamu salah dalam langkah-langkah untuk berpidah resikonya yakni mesin mobil dapat mati mendadak dan terjadi sedikit lonjakan yang cukup mengejutkan karena tidak terbiasa untuk melepas kopling dengan gas.

Kesalahan yang sering dilakukan oleh yakni pada saat menginjak pedal gas berlebihan, pengemudi melepas kopling secara tidak tepat. Seharusnya yang kamu lakukan yakni menginjak pedal gas secara pelan saja sembari lepaskan kopling perlahan.

Selanjutnya saat hendak memenaikan atau menurunkan gigi kamu perlu mengangkat kaki dari pedal gas dan segera menekan kopling secara full lalu pindahkan tuas yang kamu inginkan.

4.  Fokus

Jangan lupa saat kamu mulai mengendarai mobil selalu fokus. Jangan mudah teralihkan dengan berbagai hal yang tak terlalu penting. Pegang setir dengan kuat, pastikan mata siaga ke segala arah. Terutama saat kamu hendak berpindah jalur atau memutar balik mobil.

5. Siaga Rem

Terakhir yakni kamu selalu waspada rem pada mobil apapun matic maupun manual. Jangan lupa kenakan selalu seat belt agar jika terjadi hal yang tak diinginkan kamu tetap aman dan selamat. Jangan lupa kalian harus tetap mencari posisi yang nyaman terlebih dahulu sebelum berkendara. Dan pastinya gunakan selalu seat belt.

Tips terakhir yakni pastikan kamu selalu mengecek kondisi mesin sebelum berkendara jarak jauh. Apabila sekiranya ada komponen yang wajib diganti atau perbaiki, segera service mobil kamu.

Beberapa Hal yang Wajib Kamu Service

  • Ban yang sudah mulai menipis
  • Lampu depan dan belakang yang tidak menyala
  • Aki mobil yang sudah tidak berfungsi dengan baik
  • Oli yang sudah terlalu keruh
  • Rem yang kurang pakem
  • Wiper yang sudah terkikis
  • Kaca Film yang sudah buram

Promo JD ID Pasang ban Mobil

Untuk mendapatkan berbagai aksesoris dan suku cadang mobil bisa kamu beli di JD.ID sebagai toko online yang terpercaya di Indonesia dengan jaminan ori 100%. Selain itu JD.ID juga menyediakan berbagai macam pilihan mobil favorit kamu.

Jasa Cuci Mobil Jd.ID

Pastinya harganya yang lebih terjangkau karena ada banyak promo menarik. Kamu juga dapat layanan pengiriman yang cepat, aman, dan pastinya gratis! Gak cuma itu saja, metode pembayarannya pun sangat mudah, banyak pilihan, dan terpercaya. Bisa cicilan juga lho!